alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Model Promosi Game yang Bikin Ane Gondok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553df9bbc0cb17992d8b4567/model-promosi-game-yang-bikin-ane-gondok

Model Promosi Game yang Bikin Ane Gondok

Halo gan/sist, emoticon-Blue Guy Peace

Google Play merupakan pasar dagang aplikasi android yang menurut ane terbesar, gamers seluruh dunia pun akan sependapat dengan penilaian tersebut. Hanya saja, nampaknya proses penyaringan aplikasi yang diunggah para pengembang ke pasar tersebut ane nilai kurang ketat karena ada kebocoran aplikasi yang terdeteksi bajakan pun bisa masuk dan mencari keuntungan di sana.

Tidak perlu jauh-jauh mencari ke luar negeri, pengembang game Indonesia pun beberapa ada yang pernah merasakan gamenya di bajak dan diunggah ke Google Play. Sebut saja Touchten Games dengan Ramen Chain yang tiba-tiba gamenya hadir di Google Play, padahal saat itu pihak pengembang belum merilisnya di pasar android tersebut. Tidak hanya di Google Play, App Store juga melakukan hal yang sama. Penyaringan aplikasinya kurang ketat sehingga beberapa aplikasi/game buatan Indonesia secara mengejutkan hadir di pasar iOS tersebut. Infectonator Survivors dari Toge Productions dan Vamp's Revenge dari Mojiken Studio pernah jadi korbannya yang mana tanpa sepengetahuan pihak pengembang, kedua game yang aslinya hanya bisa dimainkan di PC itu tiba-tiba hadir di App Store.

Model Promosi Game yang Bikin Ane Gondok


Hanya saja, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan ketika melihat ada game yang memiliki kemiripan di Google Play maupun di App Store. Tempo hari ane temukan di Google Play, ada dua game Ragnarok, yang satu berjudul Ragnarok Kingdoms: Horn of Wars dan yang lain berjudul Ragnarok Empire. Game yang lebih dulu rilis adalah Ragnarok Empire sedangkan Ragnarok Kingdoms lebih baru. Tertarik untuk mencoba keduanya, ane coba yang Horn of Wars lebih dulu, karena lebih baru. Kedua game tersebut merupakan game online, untuk dapat main harus menggunakan ID, dan ane memilih login menggunakan akun Google+.

Setelah puas main Ragnarok Kingdoms, ane berlanjut untuk mencoba memainkan Ragnarok Empire. Sebelumnya, ane sudah tahu bahwa gameplay-nya sama, bisa dilihat dari screenshot yang diperlihatkan di halaman Google Play-nya. Awalnya ane berfikir, gamenya boleh sama, tapi server-nya akan beda. Selain itu, di halaman Google Play-nya juga nama penerbitnya beda. Ragnarok Kingdoms diterbitkan oleh Anomoca XL sedangkan Ragnarok Empire diterbitkan oleh Gravity. Sebagai tambahan, kedua game tersebut adalah judul lain dari Ragnarok Ash Vacuum yang rilis WarpPortal di App Store pada 2014 silam.

Model Promosi Game yang Bikin Ane Gondok


Ternyata, setelah login ke dalam game, antara Ragnarok Kingdoms dengan Ragnarok Empire itu sama saja. Progres yang ane capai di Ragnarok Kingdoms dilanjutkan kembali ketika ane login ke Ragnarok Empire.

Berdasarkan temua tersebut, ane menyimpulkan bahwa ini adalah cara (ane baru tau) dari pihak penerbit untuk mempromosikan game mereka di Google Play agar dapat terus masuk di jajaran teratas dalam kategori Top New Free di Google Play. Judul, penerbit, dan halaman berbeda padahal isinya (server) sama saja. Nice promotion! Mungkin cara serupa juga akan diadaptasi oleh pengembang/penerbit lain untuk mempromosikan gamenya. Tinggallah pemain yang akan dipusingkan mengenai kehadiran judul-judul game baru yang padahal isinya sama.

Apa pendapat agan tentang promosi model gitu?

Udah capek-capek ngunduh game baru, taunya sama aja... kan bangke! buang-buang bandwidth.

Sumber

Mampir juga ya ke blog ane untuk informasi yang nggak kalah mangstab di sini.

Kalo berkenan, boleh gan cendolnya buat ane! emoticon-Cendol (S)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Bener jg tuh gan..
Di sangka game baru eh malah tenyata sama malah lanjutin game yang sudah ada..
Bikin ram sama kuota jadi seret...
Tapi ane bilang pembajakan jg ga bisa dianggp sepele kasian yg sdh berkarya tiba2 di caplok lng ada di store memang secanggih apapun sistemnya pasti ada kelemahannya..
wah baru tau ane gan ada yg bgitu , judul beda penerbit beda eh server sama emoticon-Ngakak
ane gapake andro sih jdi nda pernah nemu yg kayagitu
padahal sayang ya itu kuota buat downloadnya emoticon-Berduka (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di