alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi
4.71 stars - based on 66 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553dd309925233a8318b4569/delapan-kebiasaan-yang-salah-saat-mandi

Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi

Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi


Membersihkan tubuh dan rambut merupakan ritual yang mungkin tidak Anda lewatkan saat mandi. Namun, seberapa bersihkah tubuh Anda usai mandi?

Cara kita mandi biasanya adalah kebiasaan yang sudah diajarkan orangtua sejak kecil. Tapi, mungkin Anda pernah berpikir apakah cara mandi yang selama ini dilakukan sudah tepat atau belum.

Ahli kulit mengungkap kesalahan paling umum saat mandi yang bisa jadi tidak kita sadari. Berikut cara cerdas untuk mandi yang lebih bersih dan sehat.

1. Menggosok kulit kepala dengan kuku jari
Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi
Menggosok kulit kepala dapat terasa menyegarkan, tetapi sebenarnya Anda justru merusaknya jika menggunakan kuku jari.

"Kuku jari dapat menggores kulit kepala, hingga mengelupas," kata Sandy Johnson, ahli kulit. Karenanya, gunakan ujung jari Anda hingga sampo berbuih. Penting juga untuk menghindari cara menggosok yang terlalu agresif helai rambut di antara tangan Anda, karena dapat merusaknya dan menyebabkan ujung rambut bercabang.

2. Sabun tidak mengandung pelembab
Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi
"Sabun batangan tanpa pelembab, seperti sabun antibau dan antibakteri, benar-benar dapat mengeringkan kulit Anda," ujar Mona Gohara, ahli kulit. Ia menyarankan agar mencari sabun batangan yang mengandung 'stearic acid' dalam daftar bahannya atau kalimat 'melembabkan' yang tercantum pada bungkusnya.

3. Mandi dengan air terlalu panas dan terlalu lama
Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi
Mandi dengan air panas dapat mengikis minyak alami kulit dan lemak yang membantu menangkap air untuk menjaganya tetap lembab.

4. Malas pakai conditioner
Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi
Kebanyakan orang lebih fokus mengusap conditioner di helai rambut mereka. Namun Johnson menyarankan untuk memakai conditioner pada seluruh bagian rambut, dari akar hingga ujung. Conditioner dapat menghidrasi kulit kepala, sehingga mampu mencegah rasa gatal dan pengelupasan.

5. Menggosok tubuh dengan keras
Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi

Karena ingin menyingkirkan debu dan kotoran dari kulit, banyak orang yang terbiasa mandi dengan spons mandi. Padahal, permukaan yang kasar bisa menghilangkan pelindung alami kulit.

Pilihlah lap mandi berbahan katun untuk bayi, yang diusapkan secara lembut dengan meminimalkan gosokan pada tubuh. Namun, menurut Johnson menggunakan tangan sendiri saja cukup. Jika Anda ingin menggunakan lap atau spons mandi, gantilah dengan yang baru secara rutin untuk menghindari perkembangan bakteri.

6. Alat pencukur memiliki silet terlalu banyak
Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi

Empat atau lima silet bisa mencukur lebih banyak, tetapi bisa juga merusak kulit Anda. “Anda sebenarnya memotong kulit Anda ketika bercukur, jadi makin banyak silet yang Anda gunakan, semakin buruk dampaknya bagi kulit,” ungkap Gohara.

Untuk meminimalisasi trauma, satu atau dua silet pada alat pencukur sudah ideal. Teknik penggunaannya juga berpengaruh. Gerakkan ke arah bawah lalu menjauh, bukan ke atas. Mencukur ke arah atas berarti bergerak melawan urat, yang justru berpotensi melukai. Cara ini juga dapat membuat folikel rambut meradang, sehingga dapat menyebabkan alat cukur bergoyang. Pastikan area tersebut sudah cukup dilubrikasi dengan sabun atau krim khusus untuk proses mencukur yang paling lembut dan aman.

7. Tidak membilas dengan baik
Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi
Penting untuk memastikan seluruh sabun dan produk rambut telah terbilas total. Produk yang tersisa dapat berujung pada iritasi kulit dan penyumbatan pori-pori, sehingga menimbulkan jerawat.

Cegah jerawat pada punggung dengan membilas rambut secara terbalik (kepala menunduk dan rambut dikedepankan), membuat sampo dan conditioner langsung terbuang ke lantai, bukan ke punggung Anda,” jelas Johnson.

8. Menunggu untuk mengoleskan lotion
Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi
Waktu terbaik untuk mengoleskan lotion yaitu sesegera mungkin setelah mengeringkan tubuh, ketika tubuh masih lembab. Lotion menyerap ke dalam kulit secara maksimal ketika kulit sedikit lembab.


Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi


Delapan Kebiasaan yang Salah Saat Mandi


sumur

Diubah oleh Kaskus Support 03
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 46
bukan kebiasaan ane seh
mungkin kebiasaan bawah ane
buset banyak banget kesalahan ane pas mandi emoticon-Matabelo
Bukan ane gan..
kalo mandi sambil nyabun salah ya gan ?
Klo ane point 1 sering ane lakuin gan emoticon-Big Grin
selama ini ane mandi salah semua
sederhana tapi bermanfaat
Quote:


sabar gan , istighfar
Quote:


terimakasih gan
ane ga perna pake conditioner
tapi hidup ente bener kok gan emoticon-Ngakak (S)
klo kurang bener mending jangan gan emoticon-Malu (S)
Quote:


what the kamsud gan dengan nyabun, ane kok kaya pernah ngrasakin istilah ini emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Sabun pelembab itu cuma cocok buat yg kulitnya bener2 kering...
Kalo kulit rada berminyak justru enak pake sabun biasa...

Ane pernah soalnya (kulit ane kan berminyak) pake sabun dove yg dibeliin ama emak (mungkin dia gak tau atau asal beli aja pokoknya sabun emoticon-Big Grin)...
Selesai mandi kok badan malah berasa licin ga enak gitu (kek sabun yg gak bersih dibilas) alhasil ane jadi mandi lagi pake sabun biasa emoticon-Ngakak (S)
Quote:


wah berarti umur ente belom cukup gan,
ane suka ga tega ngejelasinnya
kadang hal sepele banyak dilupakan emoticon-Big Grin
Quote:


betul suhu, berawaldr yang sederhana padahal
ane gosok tubuh kadang pake sikat panci gan emoticon-Hammer2
ane biasa keramas pake kuku jari gan emoticon-Big Grin infonya bermanfaat nih emoticon-2 Jempol jadi ga boleh ternyata pake kuku
Quote:


yah agan nih pelit
Halaman 1 dari 46
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di