alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ada Apa Dengan Karir Saya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553dc47cd44f9fa13b8b4567/ada-apa-dengan-karir-saya

Ada Apa Dengan Karir Saya?

Hello Gan!

Sebenernya thread ini udah saya post di forum Melek Hukum, tp karena sepi maka ane pindahin ke forum The Longe ini.


_________________________________________________


Perkenalkan saya seorang sarjana muda yang berhasil mendapatkan gelar SH di usia yang baru menginjak 21th. Suatu kebanggan bagi saya sudah memiliki embel-embel nama belakang baru dengan menempuh pembelajaran di Universitas. Inilah masalah yang terberat yang biasa dialami para sarjana muda. Sedikit bercerita, ketika teman-teman Mahasiswa lain selalu panik akan istilah 'Kapan Lulus', berbeda dengan saya yang selalu ketakutan dalam diri saya sendiri dengan 'mau Jadi apalah saya ini dengan gelar SH saya'.

Hal itu lah yang terjadi ketika hari penetuan sidang skripsi, dimana teman-teman mahasiswa yang lain panik akan siapa dosen penguji, pertanyaan-pertanyaan diluar konteks atau masalah lain yang membuat dia takut namun saya tetap memikirkan hal yang sama, yaitu: 'Mau jadi apa saya dengan gelar SH saya ini'. Impian utama saya adalah seorang yang dapat bekerja sesuai dengan apa yang sudah saya pelajari, maksudnya adalah ketika saya memegang gelar Sarjana Hukum, saya berharap bekerja dibidang yang sama (tidak lari dari konteks).

Quote:


Oke lupakan cerita manis itu, karena masa itu sudah lewat. Pada pertengahan bulan maret 2015 saya lulus dan berhasil mendapatkan gelar SH, saya langsung pergi ke kantor Advokat di daerah saya. Gayung bersambut karena si Advokat tersebut adalah masih ada ikatan saudara dan beliau adalah mantan senior saya (alumni). Dengan tujuan saya adalah 'mencari ilmu', maksudnya disini adalah saya masih buta akan masalah di lapangan. Beliau memberi respon yang sangat positif untuk menerima saya, 'wah untungnya nasib saya' pikir ku.

Akhirnya pokok permasalahan terjadi, yaitu saya tidak mendapatkan apa yang saya harapkan. Sangat berbeda, setiap saya tanya kapan saya memulai utk pekerjaan beliau selalu menjawab nanti...nanti...dan alasan lain. Saya bingung harus mengatakan apa kepada orang tentang status saya, apakah saya seorang pekerja atau seorang pengangguran? Coba agan-agan disini boleh merinci apa sebenarnya status saya.

Namun saya bukan orang yang bodoh hanya berdiam diri, saya tetap mencari pekerjaan lain yaitu melalui perusahaan di situs-situs pencarian kerja. Namun ini masalah terberat kedua saya, karena saya belum mepunyai Ijazah dan Transkip Nilai (pihak Kampus mengatakan bahwa sistem masih error). Kadang saya berpikir jadi untuk apa saya lulus cepat dan selalu mengincar 24 SKS per semester toh kalau ujung-ujungnya saya seperti ini?

Sangking stress nya saya iseng-iseng untuk mengirim lamaran ke LBH di daerah Jakarta Selatan dan sebenarnya saya pernah melamarkan permohonan magang disini waktu semester 5. Si LBH menyuruh saya untuk datang hari Jumat esok dengan kata-kata mutiara, yaitu: ‘Disini tidak ada gaji, disini hanya hanya menerima pekerja yang sukarela’. Memang saya tidak meminta untuk digaji 2jt - 3jt tapi saya berpikir kalau saya seorang sarjana hukum, masa saya disetarakan dengan anak magang di SMA atau di Perkuliahaan?

Bukankah miris permasalahan saya? Menurut agan-agan disini apakah langkah saya sudah tepat? Jikalau agan mengatakan, langkah saya salah, tolong beri saya masukan gan. Kurang lebihnya saya mengucapkan terima kasih yang sudah mau bersimpatik dengan saya. emoticon-Cendol (S)
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12
Ga nyoba jalan sendiri gan? Ato bs ajak tmn nya emoticon-Big Grin
aduh ane gak ngerti soal ginian bang.
Bantu sundul aja ya....
biar tritnya gak tenggelam. mudah-mudahan ada yang baca terus ngasih solusi.
emoticon-Sundul
berhub ane kaga punya ijazah sarjana jadi ane kaga bisa kasi saran apa2 emoticon-Sorry
nanti juga ada jalannya gan .
emoticon-Malu (S)
intinya sih ttep berusaha .
emoticon-Blue Guy Peace
Bunuh diri aja gan
wahh ane gak tau jg gan emoticon-Peace
Ane jg SH gan. Pas lulus ane nganggur sekitar 4 atau 5bln ane lupa pastinya. lalu ane lamar jd wartawan olahraga. jalan 4bulan ane pindah ke kantoran jadi legal staff selama kurang lebih 1,5 thn. Skrg ane kerja di HRD baru jalan 4 bln.

Intinya jadi apa aja ga masalah gan ga perlu kan SH harus kerja di bagian hukum? yang penting dpt duit dan bisa membahagiakan org yg kita sayangi. sekian kisah hdup ane emoticon-I Love Indonesia (S)
mungkin ente lg di uji gan ... sabar saja klo soal pekerjaan emoticon-2 Jempol
intinya bersyukur aja lah gan.

kl menurut ane sih karir biarkan mengalir. asal ada jenjang/promote yg jelas CMIIW emoticon-Blue Guy Peace
menarik ceritanya, namanya fresh graduate biasanya memang masih idealis tinggi....gaji ga masalah,yang penting bisa kerja dan cari pengalaman....pemikiran seperti gitu ga salah,karena sebagai anak baru, kita punya pengalaman apa sih? cuma menurut pengalaman saya, gaji itu menjadi hal yang sangat mendasar ketika kita kerja.

ga usah muluk2 minta gaji yang tinggi, cuma jangan mau kalau digaji rendah, 4 kita kuliah menghabiskan waktu,pikiran juga modal...kamu pasti bisa mengukur kemampuan kamu seberapa hebat dan harga yang pantas buat kamu berapa?

jangan karena idelisme, kamu jangan mau aja kerja tapi dibayar dengan "sukarela", kecuali perusahaan itu ngijinin kamu untuk kerja dengan "sukarela" juga...win win solution, kalo kamu dituntut kerja maksimal tapi hasil minimal...for what? awalnya sih seneng2 aja, tapi saya yakin ga sampe 1 taun, kamu pusing juga

saranku, cari perusahaan yang fair....istilahnya, lu jual gw beli...kamu jual kemampuan kamu, perusahaan beli dengan harga yang wajar...ukur kualitas kamu sebrapa tinggi? Dengan gelar sarjana, pengalaman magang, aku pikir gaji 2-3jt itu masih angka yang wajar...aku yakin orang2 seperti kamu punya kemampuan lebih untuk sekedar dibayar sukarela...dan yang pasti tetep semangat!!!
Bersyukur ajha lah gan.
setiap orang udah punya rejekinya sendiri". yg penting terus berusaha..

-- kemampuan memang ada batasnya, tapi semangat tak ada batasnya --
Coba cari kerja di tempat lain aja gan

Jangan pernah berhenti berdoa dan berusaha
anak Hukum kalo dari awal ga pernah ikut LSM, atau LBH, ujung2nya ya kayak agan gini, galau ga jelas.
cobalah untuk lebih bersosialisasi, bangun jaringan dari sekarang, sembari ambil setifikasi advokat atau notaris dll.
di LBH memang tidak ada gaji om, karena tujuan awalnya LBH ada untuk sosial murni.
tapi tenang aja, ntar ujung2nya ada uangnya kok, tapi ga tetap, tergantung case emoticon-Big Grin
Fresh graduate gan ? masih idealis tingkat tinggi ?
kalo ya, semoga dapat kerjaan yang ideal dengan gelar agan emoticon-2 Jempol
kalo ga, cari kerja bidang lain atau bikin kerja sendiri yang penting halal emoticon-Big Grin

Ane juga pernah ngalamin seperti itu.
Jurusan Elektro tapi sekarang bikin kerja dibidang Kain emoticon-Ngakak
Quote:


Kamsudnya gimana gan? Maaf gagal paham nih
Quote:


Amin dan makasih atas doa dan sundulannya gan
sabar gan...ntar juga ketemu jalannya...seringkali kita kerja sangat berbeda jauh dengan jurusan kuliah kita...tapi itu gak jadi soal...rejeki udah ada yang ngatur
sabar sabar dan tunggu
itu jawabannya
cari tempat lain aja gan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di