alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ada Apa di Bawah Kolam Bundaran Hotel Indonesia?
4.83 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553dbe8654c07aa1078b456a/ada-apa-di-bawah-kolam-bundaran-hotel-indonesia

Ada Apa di Bawah Kolam Bundaran Hotel Indonesia?

Ada Apa di Bawah Kolam Bundaran Hotel Indonesia?


Ada Apa di Bawah Kolam Bundaran Hotel Indonesia?


JAKARTA, Jika dicermati, ada dua buah pintu yang terletak di tepian Bundaran Hotel Indonesia. Satu pintu terletak pada posisi berdekatan dengan Hotel Kempinski, dan satu pintu lainnya terletak dengan pos polisi Bundaran HI.

Pintu-pintu tersebut menuju ke ruangan bawah tanah yang terletak di bawah kolam Bundaran HI. Tidak hanya itu, ternyata juga ada penghuni yang selalu singgah di sana. Sebenarnya, apa yang ada di bawah Bundaran HI?

"Di bawah itu ada semacam bunker pengaturan. Sekalian tempat penjaga di sini, sekalian nginep di sini," ujar Herman Stevanus, seorang anggota tim pengawas air mancur Bundaran HI, Minggu (26/4/2015).

Kompas.com pun mencoba memasuki salah satu ruangan yang ada di bawah Bundaran HI tersebut. Tangga yang ada untuk turun ke ruangan tersebut cukup curam. Tangga itu terbuat dari rangkaian besi, tetapi cukup kuat untuk menopang orang yang menggunakannya. Meskipun demikian, orang harus berpegangan erat agar tidak tergelincir.

Di ruangan itu terlihat rangkaian kabel berukuran besar. Letaknya persis di bawah tangga. Saluran air juga langsung terlihat di bawah tangga itu

Luas ruangan itu sekitar 5x3 meter persegi. Di sisi kiri dan kanan ruang tersebut, terdapat sejumlah kotak berisi panel-panel listrik. Dari dalam kotak tersebutlah tempat lampu-lampu serta mancuran air di Bundaran HI diatur.

Caranya adalah dengan memasang timer (pengatur waktu) untuk mengatur kapan lampu Bundaran HI menyala dan padam.

Di dalam ruang itu juga dipasang dua alat pendingin ruangan (AC). Meskipun demikian, hawa ruangan tersebut tidak terlalu dingin. Herman mengatakan fungsi AC tersebut bukanlah untuk memberi kenyamanan kepada penjaga di dalam.

"Itu kalau enggak pakai AC, bisa panas sekali mesin-mesinnya, kabel-kabelnya. Makanya ini AC diservis satu bulan sekali. Karena memang untuk mendinginkan mesin," ujar Herman.

Sisi kiri ruangan tersebut menyisakan satu sudut yang berisi sebuah lemari pakaian. Di sanalah, pakaian-pakaian Herman disimpan. Di tengah-tengah boks panel listrik juga ada sebuah lorong sempit. Di sanalah, tempat Herman dan penjaga lain beristirahat.

Dijaga 24 jam

Herman mengatakan Bundaran HI harus dijaga selama 24 jam penuh. Para pengawas dibagi menjadi dua shift, yakni siang dan malam. Khusus untuk malam hari, Bundaran HI dijaga dua orang, sementara pada siang hari cukup satu orang.

"Soalnya kalau malam hari itu harus jaga-jaga dari kejadian macem-macem. Pernah dulu ada yang ambil lampu di sini. Lampu Bundaran HI itu mahal bisa sampai Rp 12 juta satu lampu. Makanya harus dijaga," ujar Herman.

Herman mengatakan Bundaran HI memang indah. Apalagi jika dilihat pada malam hari. Akan tetapi, Bundaran HI juga merupakan tempat berbahaya. Kedalaman kolamnya mencapai 180 sentimeter.

Dalam air, terdapat kabel yang terhubung kepada air macur serta lampu-lampu. Herman mengatakan penjagaan harus dilakukan 24 jam. Bahkan penjaga harus sampai menginap setiap hari di sana.

"Kalau enggak, mungkin sering ada yang enggak sengaja tenggelam dan kesetrum di dalam airnya," ujar Herman.

sumur


Ada Apa di Bawah Kolam Bundaran Hotel Indonesia?


Ada Apa di Bawah Kolam Bundaran Hotel Indonesia?


Diubah oleh Kaskus Support 03
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 11
kiraen ada semacam kuburan masal ato apaemoticon-Hammer2
dijaga 24 jam ya ternyata?
kirain ga ada yang jaga kalo malem..
serem tuh bunderan,ga keitung berapa banyak mobil yang nyemplung,yang tenggelam jg udah ada..
AH agan pikiranya kesitu mulu deh emoticon-Ngakak (S)
Quote:


banyak kenanganya ya gan emoticon-Ngakak (S)
Dulu gua pernah foto dengan seting di bunderan HI, karena pada saat itu air mancur dan lampu nggak nyala, gua minta ke petugas disana (keluar dari bunker) untuk nyalain. Dia minta 600k untuk nyalain lampu+air mancur untuk 10 menit
Ternyata...
ada sesuatu emoticon-cystg
Kenapa gak dibikin kosan aja yak ? emoticon-Ngakak
Pasti mahal tuh , di jantung kota gitu emoticon-Ngakak
malah baru tau klo dibawah kolam bundaran HI ada gituan emoticon-Ngakak
Quote:


yang boneng gan, gila dbaikep sendiri itu jangan jangan duitnya
nahh ane tau nya dr TS.
lagian tiap kesana cm lewat aja emoticon-Ngakak (S)
Quote:


iya gan menyimpan sesuatu emoticon-Ngakak (S)

pakde pernah masuk kesitu belum ye emoticon-Ngakak (S)
Quote:


wah semoga bermanfaat gan
Quote:


iya,kenangan pulang clubbing,ngantuk2 kudu lewat sana..emoticon-Ngakak (S)
bahaya tuh posisinya, dulu kalo dari arah senayan orang cenderung ngebut arah HI..
gagal belok,nyemplung deh ke kolam..
dulu pagi2 gua liat yang diderek bmw seri 5 baru ..emoticon-Takut (S)
Diubah oleh sitch_07
ntar ente dulu yang nyobain kost disana gan emoticon-Ngakak (S)
lewat mana itu buat masuk ke bunker nya? emoticon-Bingung (S)
Dalem juga ya gan sampe 180cm
Ane bisa tenggelem berarti klo ga sengaja nyemplung
Quote:


ada pintunya tuh gan
Quote:


emoticon-Ngakak
udah pengalaman soal kostan yah gan emoticon-Big Grin
Quote:


bmw nyakorban mabuk x tuh gan
Quote:


iya gan, pintunya itu dari mana?
Halaman 1 dari 11
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di