alexa-tracking

20 Hal Yang Membuat Kita Bangga Menjadi Orang Sumbar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553d9c2b138b46e41e8b457a/20-hal-yang-membuat-kita-bangga-menjadi-orang-sumbar
20 Hal Yang Membuat Kita Bangga Menjadi Orang Sumbar
20 Hal Yang Membuat Kita Bangga Menjadi Orang Sumbar

Assalamu'alaikum wr wb salam sejahtera sanak dan agan sadonyo.

X ini Ane bawa berita emoticon-Hot News dari Sumbar tanpa banyak cincong, langsung saja...

Sumatera Barat (Sumbar), negeri yang penuh dengan sejuta pesona. Sebagai sebuah wilayah, Sumatera Barat bisa dibilang mempunyai hampir semua hal. Dari Gunung, Danau hingga Pantai disini semua ada.

Selain Alam, Sumbar juga kaya akan kulinernya yang terkenal lezat. Belum lagi budayanya, etnis yang beragam serta berbagai keseniannya yang semarak. Semua itu membuat kita bangga menjadi warga Sumbar.

Berikut ini adalah hal-hal yang membuat kita bangga menjadi bagian dari Sumbar

1. Rendang, Makanan Terlezat Nomor 1 di Dunia

Orang Sumbar memang harus bangga mempunyai Rendang. Bahkan kuliner ini dinobatkan oleh CNN sebagai makanan terlezat nomor 1 di dunia. Nggak ada lagi selain itu. Selain enak, rendang juga tahan lama. Konon orang Sumbar jaman dulu kalo naik haji bawa Rendang ke Mekkah. Bisa tahan lama soalnya.

2. Sistem Kekerabatan Matrilineal

Orang Sumbar terutama suku Minangkabau menganut sistem kekerabatan Matrilineal yaitu garis keturuna berdasarkan garis keturunan ibu. Suku bagi orang Minangkabau juga diturunkan berdasarkan sistem Materilineal ini, artinya suku anak akan mengikut kepada suku ibunya.

Konon sistem matrilineal ini adalah sistem kekerabatan tertua dan etnis Minangkabau adalah salah satu etnis di dunia yang masih menganutnya sampai saat ini. Selain Minangkabau, suku Mosuo di Yunnan China juga masih menggunakan sistem matrileneal.

3. Keindahan Alamnya Yang Selalu Memanggil Untuk Kembali

Sumbar itu memiliki keindahan alam yang tak terkira dan sulit dilukiskan dengan kata-kata. Bisa dibilang semua ada di Sumbar. Mulai dari Gunung, Danau, Sawah, Pantai hingga alam bawah lautnya semua indah.

4. Kulinernya Yang Memanjakan Lidah

Tak cuma rendang, Sumbar masih banyak menyimpan kuliner yang bisa memanjakan lidah. Adalah rugi besar kalau bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumbar tapi tak bisa mengeksplore kulinernya.

5. Budaya Merantau Yang Membuat Orang Minang Ada Dimana-Mana

Orang Sumbar terutama orang Minang terkenal dengan budaya merantau. Ini membuat orang minang ada dimana-mana. Bahkan ada yang mengatakan, “Kalau di bulan ada manunisia, mungkin disana sudah ada warung nasi Padang.”

6. Mentawai

Mentawai yang merupakan salah satu Kabupaten di Sumbar terkenal ke seluruh dunia karena ombaknya yang banyak digemari para pecinta olahraga Surfing. Bahkan mendiang Paul Walker, salah satu pemeran di film Fast and Farious sangat mencintai Mentawai hingga ia menitipkan sebuah petisi untuk menjaga Mentawai.

Selain itu Mentawai juga terkenal karena kebudayaannya. Tatto Mentawai konon merupakan salah satu tatto tertua di dunia.

7. Istano Basa Pagaruyuang Yang Megah Yang Mewakili Rumah Gadang Sebagai Rumah Adat Minangkabau

Rumah Gadang yang merupakan salah satu simbol Minangkabau sebenarnya dapat ditemukan di seluruh pelosok Minangkabau. Namun, Istano Basa Pagaruyung bisa dikatakan sebagai perwakilan dari sebuah kemegahan Rumah Gadang.

Istano Basa Pagaruyung terdiri dari tiga tingkat dengan 11 gonjong. Istano Basa Pagaruyung sendiri pernah terbakar sebanyak dua kali. Terakhir terjadi pada tahun 2007. Pemerintah lalu kemudian membangunnya kembali dan saat ini bisa kembali berdiri dengan megah.

8. Tokoh-Tokoh Asal Sumatera Barat

Sejak zaman penjajahan hingga zaman kemerdekaan bahkan hingga kini banyak tokoh-tokoh asal Sumbar yang ikut berperan dalam membangun NKRI. Bung Hatta misalnya sang proklamator yang ikut memproklamirkan bangsa Indonesia. Kemudian ada Tan Malaka dan masih banyak lagi.

Selain banyak melahirkan para tokoh dan pahlawan bangsa, Sumbar juga terkenal banyak melahirkan penulis dan sastrawan terkemuka.

9. Silek

Silek atau Silat dalam bahasa Indonesia adalah salah satu seni beladiri khas dari Indonesia. Tak terkecuali di Sumbar. Di Sumbar sendiri Silat yang paling terkenal adalah Silat Harimau. Silat Harimau ini juga dipakai sebagai elemen dalam Film Merantau yang dibintangi oleh Iko Uwais.

10. Etnisnya Yang Beragam

Sumbar tak hanyak diisi oleh suku Minangkabau. Ada banyak etnis lain yang hidup berdampingan dan damai serta masih mempertahankan budaya mereka di Sumbar. Hal ini membuat Sumbar semakin kaya akan keragaman budaya.

11. Bahasa Minangkabau Yang Beragam dan Berbeda di Tiap Daerah

Meskipun secara umum suku Minangkabau di Sumbar menggunakan bahasa Minang, namun bahasa Minang di tiap daerah di Minangkabau itu berbeda-beda dan mempunyai ciri khas tersendiri. Misalnya orang Pariaman yang tidak memakai ‘R’ tapi ‘gh’.

12. Adat Istiadat, Budaya serta Tradisinya

Masyarakat Sumbar terutama suku Minangkabau masih hidup dengan budaya, adat serta tradisi yang kental dan masih dipegang teguh. Adat Istiadat Minang sendiri cukup kaya karena di setiap daerah lain pula adat istiadatnya.

Seperti adat menikah di daerah Payakumbuh yang menggunakan adat ‘Sasuduik’ yang mewajibkan calon pengantin laki laki dalam melengkapi perlengkapan kamar calon istri. Sedangkan di Pariaman ada adat ‘Uang Japuik’, dimana calon mempelai wanita memberikan sejumlah uang kepada calon mempelai laki-laki.

Selain itu ada juga tradiri dan budaya khas di sejumlah daerah di Sumbar, seperti Payakumbuh dan Limapuluh Kota dengan Pacu Itik, Tanah Datar dengan Pacu Jawi atau Pariaman dengan Tabuiknya.

13. Falsafah

Orang Sumbar selalu mempunyai falsafah hidup dan itu akan selalu dipegangnya secara teguh kemanapun ia pergi. Seperti Alam Takambang Jadi Guru, Adaik Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah dan lainnya. Falsafah ini menjadi pedoman bagi mereka yang hidup di Rantau.

14. Jam Gadang, Ikon Kota Bukittinggi Yang Hanya Ada Dua di Dunia

Jam Gadang, landmark Kota Bukittinggi ini sangat istimewa. Pasalnya, mesin Jam Gadang ini hanya ada dua di dunia, satu di Bukittinggi dan satu lagi di Big Ben Inggris.

15. Jembatan Layang Kelok 9, Mahakarya Anak Bangsa

Jembatang Layang Kelok 9, sebuah konstruksi jembatan di Kabupaten Limapuluh Kota yang dibangun di kawasan Kelok 9. Jalur yang menghubungkan Sumbar dengan Provinsi Riau ini mempunyai panjang 2.089 dengan enam buah jembatan yang berdiri megah diantara perbukitan di Kelok 9.

Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono yang datang meresmikan Jembatan Layang Kelok 9 ini bahkan sangat mengagumi keindahannya serta pemandangan alam di sekitaranya.

16. Rumah Makan Padang dan Nasi Padang Yang Terkenal Seantero Indonesia

Dimana ada orang minang, maka disitulah ada Rumah Makan Padang. Kebanyakan orang minang kalau merantau kalau tidak berdagang maka mereka pasti membuka Rumah Makan Padang dengan Nasi Padangnya. Di Indonesia dari ujung barat sampai ujung timur ada Rumah Makan Padang. Tambuah ciek, Da!

17. Penyanyi Minang Yang Sudah Go Internasional

Musik minang pernah mengalami masa kejayaannya, terutama pada generasi Tiar Ramon dan Elly Kasim. Kedua penyanyi tersebut bahkan mampu membawa musik minang tampil secara nasional bahkan hingga ke luar negeri.

18. Siti Nurbaya dan Malin Kundang

Siti Nurbaya dan Malin Kundag, meskipun keduanya sebenarnya adalah cerita yang tragis, namun kita tetap bisa mengambil pelajaran darinya. Cerita Siti Nurbaya karangan Marah Rusli bahkan terkenal hingga kini dari generasi ke generasi. Sama halnya dengan cerita rakyat Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu karena durhaka kepada ibunya.

19. Warganya Yang Ramah

Warga Sumbar dikenal sangat ramah, tidak hanya kepada sesama mereka tapi juga kepada pendatang. Warga Sumbar umumnya adalah orang-orang yang cenderung menghindari pertengkaran dan perselisihan, karena adanya prinsip ‘awak samo awak’.

20. Gadis Minang Yang Cantik Luar dan Dalam Serta Pandai Memasak

Gadis Minang memang memikat, mereka tidak hanya cantik tapi juga mempunyai jiwa yang baik serta jago memasak tentunya. Bukti shahih kecantikan wanita Minang adalah Wulandari Herman yang memenangkan ajang Putri Indonesia tahun 2013 lalu.

Itulah hal-hal yang bisa membuat kita bangga menjadi warga Sumbar. Ada yang mau menambahkan?

Semoga bermanfaat sanak dan agan ...
emoticon-Sundul

Sumur :' http://www.infosumbar.net/artikel/20...-orang-sumbar/'
emoticon-Kaskus Banget
image-url-apps
Makanan nya sana cewek nya bray emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Bener gan,jd pengen ke sumbar lagi emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
agak dirapihin dikit gan emoticon-Big Grin
syukur2 jadi HT kalo lebih rapi emoticon-Big Grin
image-url-apps
emoticon-Mad ane kalau ingat sumbar - padang ingat mantan ane emoticon-Mad






-Jogja Istimewa-
image-url-apps
Rancak bana, salam urang awak..
bangga jadi bangsa Indonesia emoticon-Big Grin
image-url-apps
Gak jadi komen.... Ada iklan mesum d atas....
image-url-apps
Quote:

emoticon-Ngakak ini agan kan komen juga...emoticon-Smilie
image-url-apps
Semoga yg iklan segera dapat pembeli(kalau jualannya jujur) sehingga g nge post lapak lg di forum2...amin...emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati
ane juga merasa bangga dapat berkomentar sederhana ..melalui thread ini emoticon-I Love Indonesia (S)
pokonya ane bangga jadi orang sumatera barat, tapi gak bangga sama orang tua ane dan keluarga besarnya emoticon-I Love Indonesia
urang awak gan, ambo bangga hehe emoticon-Big Grin

Quote:
menurut ane itu sistem keturunan suku gan...
image-url-apps
bngga wk jdi urg minang sanak.. emoticon-Cool
×