alexa-tracking

Daftar Kepala Negara Monarki Saat Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553b22a2c1cb17d3208b456c/daftar-kepala-negara-monarki-saat-ini
Daftar Kepala Negara Monarki Saat Ini
Monarki atau kerajaan adalah bentuk pemerintahan yang mendominasi muka bumi ini sejak awal peradaban manusia hingga abad ke-19. Seiring dengan perkembangan pemikiran umat manusia dan modernisasi, bentuk ini perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Kini, terdapat 30 orang yang mengepalai 43 negara monarki. Jumlah yang berbeda ini dikarenakan ada 16 negara yang dipimpin oleh satu orang yang sama. Selain itu, ada pula dua negara yang berbentuk diarki, yakni dipimpin oleh dua orang secara bersama-sama.

Sebelum memulai daftar 30 Raja di dunia ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui:
  • Umum diketahui bahwa monarki dipimpin oleh raja atau ratu, namun tidak semua kepala negara monarki menggunakan gelar "Raja".
  • Karena adanya gelar yang tidak memiliki padanan kata dalam Bahasa Indonesia, dalam daftar berikut, ada nama dan gelar yang ditulis dalam Bahasa Inggris.
  • Istilah lokal akan digunakan apabila istilah tersebut merupakan gelar resmi di negara tersebut, apapun bahasa yang digunakan.
  • Daftar berikut akan diurutkan berdasarkan tanggal kepala negara tersebut naik takhta.
  • Kepala monarki yang tidak berdaulat penuh, yang merupakan bagian dari satu negara tidak dimasukkan di dalam daftar ini.

Berikut daftar kepala negara monarki yang saat ini bertakhta:

Spoiler for Kerajaan Thailand:

Spoiler for Kerajaan-Kerajaan Persemakmuran:

Spoiler for Kesultanan Oman:

Spoiler for Kerajaan Denmark:

Spoiler for Negara Brunei Darussalam:

Spoiler for Kerajaan Swaziland:

Spoiler for Jepang:

Spoiler for Kepangeranan Liechtenstein:

Spoiler for Kerajaan Norwegia:

Spoiler for Kerajaan Lesotho:

Spoiler for Yordania:

Spoiler for Kerajaan Hasyimiyah Bahrain:

Spoiler for Kerajaan Maroko:

Spoiler for Luxemburg:

Daftar Kepala Negara Monarki Saat Ini (Bagian 2)

Spoiler for Kepangeranan Andorra:

Spoiler for Kerajaan Kamboja:

Spoiler for Uni Emirat Arab:

Spoiler for Kepangeranan Monako:

Spoiler for Negara Kuwait:

Spoiler for Kerajaan Bhutan:

Spoiler for Malaysia:

Spoiler for Kerajaan Tonga:

Spoiler for Negara Kota Vatikan:

Spoiler for Kerajaan Belanda:

Spoiler for Negara Qatar:

Spoiler for Kerajaan Belgia:

Spoiler for Kerajaan Spanyol:

Spoiler for Kerajaan Arab Saudi:


Demikian para "raja" di dunia pada saat ini. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Dan mohon dikoreksi jika ada yang salah.
emoticon-I Love Kaskus (S)
Panjang amat nama ama gelar raja malaysia emoticon-Big Grin
raja bhutan masih lumayan muda ya bray.
Belanda pake nya raja ya gan,bukan nya ratu yak emoticon-Bingung
Quote:

Dalam sejarahnya, hampir semua raja memang memiliki gelar dan nama lengkap yang super panjang. Gelar dan nama yang panjang merupakan salah satu simbol sekaligus sebagai legitimasi kekuasaan dan kedaulatan Sang Raja. Namun kini, terutama pada monarki konstitusional, nama yang panjang masih digunakan dengan alasan untuk mempertahankan tradisi agar tidak hilang tertelan zaman.


Quote:

Raja Bhutan kini berumur 35 tahun, jadi tergolong muda untuk ukuran seorang kepala negara. Namun, masih ada yang lebih muda, yakni Emir Qatar yang berusia 3 bulan lebih muda dibandingkan Raja Bhutan.


Quote:

Iya, kini Belanda tidak lagi dipimpin Ratu, namun sudah dipimpin Raja sejak 30 April 2013. Raja Willem-Alexander naik takhta setelah ibunya, Ratu Beatrix memutuskan untuk megundurkan diri. Di Belanda, sudah menjadi tradisi bagi seorang Raja/Ratu untuk tidak bertahan hingga meninggal. Raja/Ratu Belanda akan mengundurkan diri jika pewaris takhtanya dianggap telah siap dan cakap untuk menduduki takhta Belanda.
kebanyakan monarki konstitusional ya, yang absolut jarang emoticon-Cool
Quote:

oh iya bang ane lupa.
abis banyak banget sih emoticon-Hammer2

Monarki bukan anarki emoticon-Ngakak
Quote:

Saat ini, dari 43 negara monarki, hanya 7 negara saja yang masih berbentuk monarki absolut, yaitu Arab Saudi, Brunei Darussalam, Oman, Qatar, Swaziland, Uni Emirat Arab, dan Vatikan.

Kemudian, ada 11 monarki konstitusional yang rajanya secara de facto masih memiliki sedikit kekuasaan atau masih memiliki pengaruh pada bidang tertentu; antara lain Bahrain, Bhutan, Kamboja, Kuwait, Liechtenstein, Malaysia, Maroko, Monako, Thailand, Tonga, dan Yordania.

Sisanya, 25 negara monarki lainnya, merupakan monarki konstitusional murni yang rajanya hanya menjalankan fungsi simbolik; antara lain Andorra, Belgia, Denmark, Jepang, Lesotho, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Spanyol, dan 16 negara Kerajaan-Kerajaan Persemakmuran.
wogh
ternyata banyak ya....

emoticon-Matabelo
kebanyakan negara2 monarki makmur2 y.
apakah sistem monarki ini lebih baik dri sistem dwmokrasi y?
kalo ane lebih suka sistem monarki krna sebuah negara seperti ad yg memiliki. jdi bnar2 diurus. y jadinya makmur2. beda sma negara demokrasi negara kya g ad yg punya. jdi bahan rebutan org2 haus kekuasaan sma kekayaan. jdi banyak negara yg miskin