alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Nih Alasan Kenapa Kamu Ga Perlu Kesal Dikatain "Indon"
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553b05ef118b4622738b456d/nih-alasan-kenapa-kamu-ga-perlu-kesal-dikatain-quotindonquot

Nih Alasan Kenapa Kamu Ga Perlu Kesal Dikatain "Indon"

Ane sering baca kaskus dan temui beberapa orang yang pura2 jadi orang malaysia dan nyebut "indon", dan beberapa kaskusker lgsg tersulut emosinya. Padahal kalo dipikir2 orang iseng itu pasti ketawa ngakak sambil baca balasan komennya (toh dia juga orang indo). emoticon-Hammer (S)

Dan ane pny temen orang malaysia dikampus, ane pernah tanyain knapa kalian make istilah "indon" apakah itu ejekan atau umpatan??
jawabannya : saya jg ga tau kenapa banyak org disini yang marah ketika dibilang "indon",emoticon-Bingung (S) padahal ga ada arti tertentu didalamnya, cm supaya gampang aja ngmgnya.

Nah ini sejarahnya kata "Indon" yang menyebarkan banyak kebencian.

Indon adalah sebuah istilah yang digunakan Malaysia beserta Pemerintah Malaysia untuk penyebutan negara dan rakyat Indonesia. Di Indonesia sendiri, istilah ini berkonotasi negatif dan dianggap sebagai ejekan atau penghinaan yang setara dengan istilah negro (nigger) yang digunakan dunia berbahasa Inggris untuk ras Negroid. Rakyat dan Pemerintah Indonesia menentang penggunaan istilah Indon tersebut. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur telah berulang-ulang melayangkan surat protes kepada media di Malaysia yang bersikukuh menggunakan istilah ini meski dinilai memiliki konotasi negatif.

Sehubungan dengan itu, pihak Pemerintah Indonesia melalui Sekretaris I Penerangan & Humas KBRI, Eka A. Suripto menjelaskan bahwa pihak Duta Indonesia sudah menyampaikan protes secara resmi kepada duta Malaysia di Indonesia pada 13 Mei 2007. Pemerintah Malaysia kemudian mengambil tindakan dengan mengeluarkan larangan penggunaan istilah ini secara resmi oleh Kementerian Penerangan Malaysia, pada 24 Mei 2007.

Penggunaan awal istilah ini adalah dalam The Encyclopedia Americana‎ oleh Bernard S. Cayne, Robert S Anderson, Sue R Brandt (1829). Sebagian media Indonesia pernah menggunakan istilah ini pada tahun 1963 sampai 1982.

Maggie mie Malaysia menggunakan kata Indon pada produk mi instan mereka dan hal ini menuai protes dari KBRI di Kuala Lumpur. Menurut hasil survei Nestle (Malaysia), kata "indon" sangat populer serta merupakan sesuatu yang positif dan potensial bagi pemasaran kepada generasi muda berusia 15-24 tahun dan 25-29 tahun.

Munculnya pendefinisian Indon sebagai karakter bangsa Indonesia yang berkonotasi negatif ini berawal dari keprihatinan rakyat Indonesia, khususnya WNI yang berada di Malaysia, atas penggunaan liar kata Indon yang berkembang di sana.


Semoga bermanfaat emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Urutan Terlama
emoticon-Ngakak (S)
ga cuma masalah indon sih
banyak yg lain juga

contoh aja bahasa daerah yg kasar di ucapin sama orang yg ga ngerti bahasa itu.
yaa dia berucap tanpa maksud apa2..
tapi yang dengar darahnya dah sampai dipuncak kepala
trus nge crot lagiemoticon-Cape d... (S)
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 03
iye gan ngapain juga marah
Karena kalo udah bilang Indon pasti lagi ngejek emoticon-Najis (S)
kalo malon ama pinoy itu gimana gan urusanya 55555 emoticon-Ngakak (S)
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 06
Sebenarnya "indon" itu sih cuma singkatan aja:
Indonesia

Kalau cuma "Indo" kan jadi ambigu sama India.

Kenapa jadi berkonotasi negatif,
Memang di Malaysia, Indonesia dicap negatif, udah gitu aja.
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12
sama kayak orang filipina dibilang pinoy gan emoticon-Ngakak
karena kalau blang indon di kira langsung ngejek gan emoticon-Shakehand2
menurut ane ya hindari aja kata tersebut
nice thread gan
bagus nya sih nyebut nya lengkap aja indonesia
Ane tiap kali ke malay sering banget ketemu temen (tetangga rumah bulek ane sih), dia sering banget ledekin ane "woy indon, awak pulang sahaja sana ke borneo" emoticon-Cape d... (S) emoticon-Bata (S)


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di