alexa-tracking

Pertama di Dunia, Orang Sembuh dari Penyakit Langka berkat HIV

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553aaae15c7798d2618b4569/pertama-di-dunia-orang-sembuh-dari-penyakit-langka-berkat-hiv
Pertama di Dunia, Orang Sembuh dari Penyakit Langka berkat HIV
Pertama di Dunia, Orang Sembuh dari Penyakit Langka berkat HIV
KOMPAS.com - Uji coba terapi gen pada tujuh anak yang menderita sindrom Wiskott-Aldrich berhasil. Enam dari tujuh anak berhasil disembuhkan sementara satu lainnya meninggal oleh sebab resistensi herpes.

Sindrom Wiskott-Aldrich adalah penyakit langka yang menimpa 10 bayi dari 1 juta kelahiran. Para penderita penyakit ini mudah terluka namun sulit sembuh, rentan terhadap berbagai infeksi termasuk pneumonia dan autoimun.

Penyebab penyakit kekebalan tubuh tersebut adalah mutasi pada gen yang membawa kode untuk pembentukan protein WAS. Mutasi pada gen yang membentuk protein itu menghambat pembentukan keping-keping darah sehingga pembekuan darah berlangsung lambat.

Selama ini, satu-satunya alternatif pengobatan sidnrom Wiskott-Aldrich adalah cangkok sumsum tulang belakang. Namun, pencangkokan sendiri sulit sebab harus menemukan donor yang benar-benar cocok.

Mengatasi keterbatasan itu, Salima Hacein Bey Abina dari Necker Children Hospital berupaya melakukan terapi gen. Dia merekrut 12 anak penderita sindrom Wiskott-Aldrich dari Inggris dan Perancis untuk ujicoba. Tentu, ini dengan persetujuan orang tua pasien.

Dalam terapi itu, Abina dan rekannya mengambil sumsum tulang belakang dan memurnikannya untuk mendapatkan sel yang memengaruhi sistem kekebalan. Begitu didapatkan, dia kemudian menyisipkan gen HIV yang telah "dijinakkan".

Sel yang telah disisipi gen HIV itu dicangkokkan kembali ke sumsum tulang belakang sehingga bisa berkembang. Efek terapi yang dilakukan antara tahun 2012 - 2014 itu lalu dilihat selama beberapa bulan.

Hasilnya, seperti dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association pada Selasa (21/4/2015), semua anak dalam keadaan sehat setelah terapi dan kondisinya semakin membaik.

Eczema, masalah pada kulit, dan kerentanan infeksi membaik pada 6 pasien. Tak ada insiden pendarahan pada seluruh pasien setelah infeksi. Sementara, autoimun juga membaik pada 5 pasien.

Salah satu pasien yang tertolong berkat terapi gen ini adalah Daniel Wheeler, remaja berusia 15 tahun dari Bristol. Sebelumnya, kakaknya meninggal karena penyakit yang sama. Kini, dia bisa lebih lega berkat terapi gen.

Adrien Trasher dari Great Ormond Street Hospital di London seperti dikutip BBC, Selasa, mengatakan, "Saya pikir ini sangat signifikan. Ini pembuktian yang jelas bahwa pendekatan terapi gen efektif."

Namun, Ian Alexander dari Gene Therapy Research Unit di Children Medical Research Institute di Sydney, Australia, mengatakan bahwa ini masih awal dari terapi gen. "Terapi gen masih pada fase bayi dan banyak hal yang dijanjikan belum terealisasi," katanya.

komentar ane gan :
mungkin gk lama lagi obat HIV bisa ketemu juga
waduh pinter amat tuh yang menemukan
gue udah baca kemaren bray emoticon-Cool
tapi keep posting bray. hal ini pasti sangat membantu dan memberikan secercah harapan bagi pengidap HIV dibawah ane bray emoticon-Cool
ane sih berharap HIV/AIDS tetap ga ada obatnya
semoga bisa berkembang lagi
biar gak ada orang lagi yg terkena penyakit itu
masih tahap penelitian ya?
Haduh, pagi-pagi gini, blum sarapan uda baca yg berat-berat...
Tapi nais gan..
mantap gan kalo begitu
virus lawan virus emoticon-Matabelo
wahhh bisa jadi pengobatan alternatif tu gan, tapi ngeri juga klo virus vs virus gtu emoticon-Takut (S)

Pertama di Dunia, Orang Sembuh dari Penyakit Langka berkat HIV
kemajuan nih dalam dunia pengobatan emoticon-Shakehand2
iya bener virus lawan virus, coba kalo dibalik ya...penderita hiv dikasih gen anak bayi tersebut...(andai2 orang bodoh) kaliii ajjjaaa....
Quote:


ane juga udah bantu cari sebenernya , tapi ga ketemu2. Eh ntu orang udah nemuin duluan. ya syukurlah, mudah2an ga ilang lagi.
nice info gan
Keren gan virus dilawan virus emoticon-Matabelo
Wahhh.... mantaps juga tuh... ternyata gen HIV bisa di gunakan buat penyembuhan penyakit lain nya ya gan...
Bener juga semoga aja obat HIV juga bisa di ketemukan ya gan..
keren beud dah
emoticon-Matabelo
virus vs virus
emoticon-Recommended Seller
emoticon-Selamat
setiap penyakit pasti ada obatnya emoticon-Matabelo