alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
curhat donk gan tentang ekonomi sekarang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553924f45c77983d3e8b456d/curhat-donk-gan-tentang-ekonomi-sekarang

curhat donk gan tentang ekonomi sekarang

Aloo agan and sista2 numpang curhat donk tentang keadaan ekonomi skrg, pada merasa akhir2 ini susah gak sich dagang ny? Kl agan2 ato sista2 merasa sama tolong mari kita berbagi bersama di sini, oh iya sy dagang juga di itc cempaka mas.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
lah bukannya disono rame?
susah apanye
kalo dagang, sepi atau rame itu mah biasa gan emoticon-Big Grin
ane juga dagang, dan syukur masih rame. kalo lagi sepi, malah ane bersyukur karena ane bisa tau apa yang kurang ama usaha ane, entah itu faktor internal ato eksternal. Waktu yang longgar tsb ane pake buat berpikir strategi buat bikin rame lagi emoticon-Big Grin
jadi rame atau sepi, tetep bersyukur aja
ente dagang nya apa?

ada banyak hal sih membuat barang dagangan itu sepi salah satu nya

1. Tanggal tua
2. Barang yang di dagangkan sedang tdk di butuhkan konsumen
dll
ada bbrp sektor ekonomi dominan di indonesia mengalami krisis, memberikan efek domino ke sektor bisnis lainnya dan sektor lainnya tsb berefek domino ke sektor lain, dst.
menjalar terus sampai sektor dominan tsb pulih dari krisis atau ada sektor lain yg menjadi dominan lalu memutus mata rantai efek tsb.
biasanya sektor yg menjadi dominan itu sektor tenaga kerja / buruh. dimana ketika perusahaan mengalami krisis, tdk terjadi phk mendadak, pembayaran gaji tetap konstan, buruh tdk terkena efek domino karena tingkat konsumtif mrk tetap konstan, mata rantai terputus.

subst: ketika bisnis anda sepi, pedapatan berkurang, anda bereaksi, melakukan penghematan baik belanja barang komoditi atau kebutuhan.
reaksi anda memberikan efek domino kepada pelaku bisnis di sektor tsb, dst, dst, dst
kalau sekarang orang lebih menahan untuk membelanjakan uangnya untuk hal yg gak penting. kalau sektor sandang, pangan tetap rame.

gua kemaren ke apotik aja, ramenya minta ampun. ampe antri2 lama. jadi gua liat disini, yang tetap rame: makanan, pendidikan, kesehatan, dan keperluan primer lainnya. mau gak mau orang harus belanja di sektor ini. sementara untuk yang bidang : hiburan, elektronik, handphone, baju dan keperluan sekunder lainnya emang agak sepi., masyarakat sekarang lebih milih pindahin budget sekundernya ke budget primer. cmiiw. ada tambahan agan2 lainnya??
ane curhat dikit
harga beras naik jadi pertani rada bisa nyengir tapi sama aja bohong toh kebutuhan hidup lainnya makin mahal
ditunjang pupuk subsidi masih sulit ,banyak mafia pupuk emoticon-Tai masih merajalela
modus mereka kayak gini
umpama petani butuh pupuk NPK tuh distributor berlalasan pupuk NPK nya kosong tinggal yang UREA doank
begitupun ketika petani butuh pupuk UREA distributor bilang pupuk UREA kosong yang ada stok cuma pupuk NPK doang

bullshit kan ??? emoticon-fuck
tidak ada solusi mau tidak mau jadinya beli pupuk non subsidi daripada gagal panen emoticon-Frown itupun harganya naudzubillah mahal
jelas aja pemerintah ngemeng pupuk bersubsidi bagi petani tersedia dan mencukupi .tapi di lapangan yang tersedia bukan yang dibutuhkan para petani sama aja bohong emoticon-Mad (S)
bayangin aja harga pupuk subsidi ama non subsidi bedanya 20 - 30 rebu emoticon-fuck3 berapa banyak tuh petani harus nombokin gara gara mafia pupuk laknat emoticon-Bata (S)

emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)
Diubah oleh gigolo.lokal
ia gan ntah kenapa daya beli masyarakat seakan menurun
paiit gan
sepiiii bngt emoticon-Sorry
ane no komen gan, sorry emoticon-Traveller
syukuri aja walau sepi gan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di