alexa-tracking

Yang Dibutuhkan Startup Founder Untuk Sukses

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/553767ed925233a04f8b456b/yang-dibutuhkan-startup-founder-untuk-sukses
Yang Dibutuhkan Startup Founder Untuk Sukses
Mungkin, Anda berpikir menjadi founder sangat menyenangkan. Anda bisa melakukan segala sesuatunya terserah Anda tanpa diperintah-perintah oleh atasan. Anda bisa memikirkan sendiri jumlah pendapatan yang Anda terima dan mengatur keuangan bisnis Anda. Namun, tentunya menjadi founder tidak semudah yang Anda pikirkan.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh RSA, sebuah perusahaan asuransi di UK, lebih dari setengah startup di UK gagal untuk bertahan di atas lima tahun. Jika, Anda berniat untuk mencapai kesuksesan jangka panjang, Anda harus memahami benar dasar-dasarnya. Berikut ini beberapa dasar-dasar yang semua startup bisnis harus punya:
Ide hebat
Tentu saja semua bisnis dimulai dengan sebuah ide. Ide inilah yang mendasari seseorang membangun bisnisnya. Ide yang muncul juga bukan sembarang ide yang asal-asalan. Ide tersebut harus kreatif, unik, dan dapat diwujudkan. Tidak peduli apabila ide Anda kreatif, unik, menarik tapi apabila tidak realistis, ide tersebut tidak akan bisa direalisasikan menjadi sebuah bisnis. Ide yang realistis harus bisa diterima customer dan dibutuhkan. Untuk itu, lakukan riset pasar dan ngobrol dengan customer potensial terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan mereka.
Lokasi strategis
Mencari lokasi strategis untuk tempat kerja juga penting. Anda harus mencari lokasi yang strategis yang dapat menunjang kesuksesan bisnis Anda. Biasanya perusahaan startup belum memiliki kantor sendiri karena jumlah tim yang masih sedikit dan biaya sewa kantor yang cukup mahal. Namun, tentu Anda harus memiliki alamat yang pasti agar orang-orang dapat menghubungi Anda dan agar startup Anda terdengar lebih profesional. Carilah sebuah tempat yang berlokasi strategis dan mudah ditemui. Apabila kendala di biaya, Anda bisa mencoba beberapa co-working space yang ada di Jakarta, salah satunya dengan lokasi paling strategis adalah di GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia).
Pendanaan
Waktu Anda pertama memulai, tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda akan mengorbankan banyak waktu, uang dan usaha Anda sebelum melihat hasil nyata atau mendapat keuntungan kembali. Pada waktu-waktu begini, Anda akan membutuhkan banyak uang untuk menunjang berdirinya bisnis Anda. Sumber pendanaan yang bisa Anda dapatkan misalnya dari pinjaman bank, Angel investors, Venture Capital, dll. Jika Anda perusahaan startup yang sedang berjalan dan membutuhkan pendanaan bisnis, Anda bisa mendaftar di ANGIN (Angel Investment Network Indonesia).
Ketekunan
Selain itu yang tidak kalah penting yang harus dimiliki setiap founder adalah ketekunan. Akan ada waktu-waktu dimana Anda akan merasa lelah, bingung, dan kesulitan mencari solusi. Mungkin bisnis Anda tiba-tiba stuck ditengah jalan, atau tidak mengalami peningkatan dan yang lebih parahnya bisnis Anda tidak balik modal. Dalam bisnis semuanya bisa terjadi dan apabila Anda tidak tekun dan memiliki komitmen, akan banyak alasan bagi Anda untuk quit dan menyerah. Namun, Anda harus ingat untuk sukses, banyak rintangan yang harus dilewati dan tugas Anda hanyalah melewati satu per satu rintangan itu dengan tekun dan percaya diri.
Versi ane ya gan.

Yang dibutuhin startup bianis itu potensi dan pengetahuan.. sisanya bisa diatur kemudian atau diwakilkan.

Nah yang dibutuhkan sebuah bisnis untuk dapat bertahan lama adalah kemampuan beradaptasi .

Dengan modal itu aja ane doakan agan sukses selalu selamanya
×