alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5533d8c5c1cb1731278b456d/hati---hati--unik-tidak-membuat-produk-anda-dibeli-oleh-customer
icon-hot-thread
HATI - HATI ! Unik tidak membuat produk Anda dibeli oleh customer !!
HATI-HATI ! Unik tidak membuat produk Anda dibeli oleh customer !!



"Lho ? Gan Chandra, bukannya produk yang laku itu mesti produk yang unik dan kreatif ya ?"

Pertanyaan itu pastinya langsung terbersit di benak Anda begitu Anda membaca judul dari artikel ini. Apalagi, belakangan ini, persaingan semakin ketat, dan untuk bisa menonjol, produk ataupun jasa yang kita tawarkan mestilah semakin unik.

Yes, sebenarnya untuk bisa stand out, produk / jasa yang kita tawarkan memang mesti unik. Namun sayangnya, banyak sekali orang yang terjebak karena menganggap unik adalah nomor 1 dan penjualan ditentukan oleh keunikan produk yang ditawarkan. Dan itu sama sekali tidaklah benar.

Unik sebenarnya hampir tidak membuat produk / jasa yang Anda tawarkan jadi dibeli customer, atau tepatnya, unik sama sekali tidak membuat produk / jasa Anda dibeli customer dalam jangka panjang. Lalu apakah sebenarnya fungsi keunikan produk / jasa yang kita tawarkan ? Fungsi utama dari keunikan adalah untuk membuat calon customer MELIRIK produk / jasa yang kita tawarkan. Yes, HANYA MELIRIK. Artinya, sampai customer memutuskan mau mencoba membeli produk tersebut, customer mesti tertarik dahulu terhadap produk /jasa yang kita tawarkan. Dan, agar customer mau melakukan pembelian ulang, apalagi merekomendasikan, maka customer mesti suka dan jatuh cinta terhadap produk / jasa yang kita tawarkan.

Yup, prosesnya tidak sesimple : UNIK saja. Sekali lagi, unik hanya membuat produk / jasa kita dilirik. Sebagai contoh nyata, saya beri contoh dalam produk makanan (karena ini yg paling mudah dipahami)

1. Nasi goreng strawberry. Ok itu bukan hanya unik, tapi sangat unik. Tapi apakah kita akan tertarik untuk membeli nasi goreng super unik dgn rasa strawberry tsb ? Kalau Anda bukanlah unique-freak, jangankan membeli, saya rasa membayangkannnya pun Anda malas.

2. Bakso rawit. Wow, itu cukup unik, dan sangat menarik rasanya untuk pecinta pedas. Namun bila di eksekusinya ternyata baksonya hanya bakso asalan yang tidak enak dan diisi rawit biasa, apakah customer akan balik lagi ? Saya rasa tidak. Karena mau bagaimanapun, makanan itu harus minimal "enak" barulah akan disukai customer.

3. Dan berikut adalah contoh keberhasilan seseorang yang kreatif dan tepat guna : Indomie Abang Adek (Tomang, JakBar). Apaan sich Indomie Abang Adek ini ? Sebenarnya cukup sederhana, si "Abang Adek" ini hanya menggabungkan Indomie (mie instant yang sudah tidak perlu dipungkiri lagi, rasanya enak untuk hampir setiap kalangan) dengan sambal ciptaannya yang luar biasa pedas, dan dibuat dengan sistem level2an. Yes, ini sangat sederhana !! Namun jangan salah, keunikan yang sederhana inilah yang mudah dimengerti, dan karena taste-nya pun enak, maka bisnis ini pun terus survive sampai saat ini, dan hampir setiap hari warung indomienya ramai didatangi customer.

So, unik memang membuat produk / jasa yang Anda tawarkan DILIRIK, namun that's it ! Untuk membuat bisnis Anda menjadi sukses, maka Anda perlu membuat produk / jasa yang UNIK, MENARIK, sekaligus BERGUNA / DISUKAI.

Jadiii..Anda merasa cukup dilirik saja, atau Anda ingin bisnis Anda survive dan menjadi bintang di tengah kompetisi yang ketat ini ?

U choose emoticon-Angkat Beer







And this is my biography so far

Chandra Liang
CEO Esprecielo Group

jadi selain unik harus menarik dan berguna... menarik itu dari design luar atau bagaimana?
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
makanan pakai nama gak wajar lagi musim .
padahal biasanya isi + rasa juga sama saja emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By hanpand
jadi selain unik harus menarik dan berguna... menarik itu dari design luar atau bagaimana?


Yup..salah satunya bisa design luar, namun yang pasti adalah mesti "sesuai dengan kebutuhan market"
betul banget ini.
pernah juga beli COMBRO isi IBLIS. emoticon-Takut (S)
karna tertarik liat itu.ternyata sama aja,cuma combro isi cabe rawit doang.merasa di boongin.gak balik lagi dah emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By Chandra.Liang


Yup..salah satunya bisa design luar, namun yang pasti adalah mesti "sesuai dengan kebutuhan market"


oke oke om, nanti ane coba rombak sedikit produknya deh thanks ya om
wah keren nih ilmunya, bener banget gan chandra, ane jd ga terobsesi sama unik, tp kualitasnya itu pun sendiri harus ada, nice info gan lanjutkan share ilmu bisnisnya yg lain yaaa emoticon-2 Jempol
Unik doang tak berguna memang emoticon-Smilie
Harus ada kegunaan tapi produk yang kita tawarkan, terkadang cara mempromosikan yang uniklah yang sebenarnya betul emoticon-Smilie
Ga juga ah
wuihhh...menarik

masuk akal jg....bakso isi coklat kayanya bakal aneh bgt kali ya...

aneh n unik kayanya mesti diposisi kedua...utk makanan n mnuman enak jadi prioritas
Yang Penting Enak di Makan lah emoticon-Malu (S)
Thanks gan infonya, bermanfaat banget emoticon-Jempol
bakso rawit parah emoticon-Najis (S)
Kalau menurut ane sih unik itu harus
tapi tetep dibarengi dengan rasa dan kualitas

kalau ngga unik berarti jadi ekor dong

emoticon-Angkat Beer
Differensiasi itu perlu Agan TS, tapi perlu disesuaikan dengan kondisi dan konsisten dengan tujuan awalnya. emoticon-Add Friend (S)
wah nice share gan emoticon-Big Grin penting banget nih buat yg punya ide2 unik emoticon-Big Grin

jangan sampe malah jadi senjata makan tuan emoticon-Big Grin

emoticon-Toast
wkwkwkwk itu makanan apa lelucon emoticon-Ngakak (S)
masih rada membingungkan mengenai how to be a good entrepeneur ini emoticon-Sorry
itu trik biar dagangan laris udah wajar sih
Ninggalin jejak dulu ya gan. Trit mantap neh