alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
Kehamilan 0 Bulan dan Hiperemesis Gravadarum
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/552727711ee5df4a3c8b456a/kehamilan-0-bulan-dan-hiperemesis-gravadarum

Kehamilan 0 Bulan dan Hiperemesis Gravadarum

buletinsehat.com - Kehamilan 0 bulan kadang masih belum disadari oleh ibu hamil. Ibu hamil umumnya akan menyadari kehamilan setelah terlambat datang bulan, yang artinya kehamilan sudah terjadi beberapa minggu. Pada masa ini, ibu memang umumny belum terlalu banyak mengalami keluhan apapun. Namun, setelah beberapa minggu kehamilan, ibu hamil mulai merasakan adanya perubahan-perubahan dalam tubuh. Salah satunya adalah hiperemesis gravadarum.

Kehamilan 0 Bulan dan Hiperemesis Gravadarum

Apa itu hiperemesis gravadaum ini? Hiperemesis gravadarum adalag sebuah kondisi ibu hamil mengalami mual dan muntah yang hebat. Bukan saja bisa menghambat aktivitas, kondisi ini juga bisa menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh, gangguan elektrolit, penurunan berat badan, serta membahayakan bagi janin. Pada kehamilan 0 bulan, sebagian orang memang tidak mengalami kondisi seperti ini dan sebagian lagi mengalaminya. Namun kondisi seperti ini perlu diwaspadai karena bisa membahayakan ibu dan janin.

Lalu apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala hiperemesis gravadarum ini? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala hiperemesis gravadarum.

• Makanlah makanan ringan lebih sering misalnya setiap 2 atau 3 jam sekali. Ini lebih baik daripada makan tiga kali dengan porsi yang banyak. Anda bisa makan kracker tawar, sereal, biscuit, dan makanan kering lainnya sebagai cemilan agar terhindar dari rasa mual dan muntah.

• Makanlah makanan yang banyak mengandung cairan seperti buah-buahan. Hindari minum dalam jumlah besar dalam satu waktu karena ini bisa memicu rasa mual.

• Duduklah selama kurang lebih 10 hingga 20 menit setelah makan untuk mengurangi heartburn atau refluks lambung.

• Hindari makan makanan berlemak, berminyak, dan pedas karena bisa memicu asam lambung.

• Minumlah air jahe untuk mengurangi rasa mual.

• Istirahatlah dan lakukan relaksasi untuk mengatasi rasa mual dan muntah.

• Lakukan teknik acupressure untuk mengurangi rasa mual dan muntah dengan cara menekan dengan menggunakan ibu jari di daerah sekitar 3 jari di bawah pergelangan tangan (daerah nadi). Tekan dengan lembut sekitar 2 hingga 5 menit.

Selain cara-cara di atas, tetaplah makan makanan dengan nutrisi yang tinggi untuk kesehatan ibu dan janin. Minumlah susu ibu hamil minimal satu gelas sehari agar kebutuhan gizi janin tetap terpenuhi. Jika memang mual dan mutah terus berlanjut dan semakin parah, segeralah hubungi dokter atau petugas kesehatan lain.

Demikianlah informasi tentang kehamilan 0 bulan dan hiperemesis gravadarum. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

sumber: http://buletinsehat.com/kehamilan-0-bulan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
saran2 mengurangi mualnya emang bener banget sis...

bantu up dan rate 5emoticon-Kiss (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
kalo aku dulu ga sampe hpe sih
tapi kalo pas mual itu diminumin air es atau makan perment mint.. lumayan meredakan mual
Post ini telah dihapus oleh vitawulandari
Quote:


iyah banget, yang lagi ane alamin sekarang ini nih sist...
BB ampe turun 4kg, susah makan + tensi rendah keleyengan abis

obat mual gitu aman ga yah sist? soal nya dokter selalu ngasih nya terbatas banget
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


aaah yah.... air kelapa ijo keliatan nya mantabs tu sist... thx yap
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


pengalaman yang udah jadi mamah muda emoticon-Betty
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


bray ane mau minta tolong tapi ntar aja deh emoticon-Betty
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


ngereview thread tapi ntar aja bree
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di