alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5523be4ac1cb17bf0f8b4567/akses-internet-di-pulau-seribu-ditingkatkan
Akses Internet di Pulau Seribu Ditingkatkan
Akses internet di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu akan ditingkatkan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI Jakarta dari 192 kbps (kilobytes per second) menjadi 512 kbps.

" Tahun ini ditingkatkan menjadi 512 kbps. Karena kan PTSP juga sudah dibuka di Kepulauan Seribu"
Kepala Dinas Kominfomas DKI Jakarta, Ii Karunia mengatakan, tahun ini akan ada peningkatan bandwidth internet di Kepulauan Seribu. Hal itu dilakukan selain untuk menunjang pariwisata, juga karena Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). "Tahun ini ditingkatkan menjadi 512 kbps. Karena kan PTSP juga sudah dibuka di Kepulauan Seribu," kata Ii, saat dihubungi, Selasa (7/4).

Dikatakan Ii, penyediaan akses internet di Kepulauan Seribu disesuaikan dengan kebutuhan. Terlebih, biaya yang dibutuhkan cukup mahal, lantaran tidak bisa menggunakan jaringan fiber optik. "Kalau di pulau harus menggunakan satelit, karena tidak bisa menggunakan fiber optik, berbeda dengan di darat," ujarnya.

Menurutnya ada 11 pulau yang akan ditingkatkan akses internetnya. Kesebelas pulau tersebut yakni Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Besar, Pulau Payung Besar, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Lancong Besar, dan Pulau Sebira.

Dikatakan Ii, peningkatan kapasitas internet tidak hanya dilakukan di Kepulauan Seribu saja, tetapi juga di lima wilayah kota dari sebelumnya hanya 3 mbps (megabytes per second) menjadi 6 mbps. "Itu juga untuk menunjang layanan masyarakat di PTSP di tiap kelurahan yang ada di Jakarta," katanya.

Seperti diketahui, dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Administrasi Kepulauan Seribu, diusulkan peningkatan kapasitas internet. Selain itu juga diharapkan dipasang jaringan internet gratis atau free Wi-Fi di 11 pulau yang berpenghuni untuk dapat meningkatkan kunjungan wisata.
Spoiler for Akses Internet di Pulau Seribu Ditingkatkan:



Sumber: http://beritajakarta.com/