alexa-tracking

P3I Dituntut Penguatan Kerja

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5523810631e2e682428b456a/p3i-dituntut-penguatan-kerja
P3I Dituntut Penguatan Kerja
P3I Dituntut Penguatan Kerja

108Jakarta.com - Sumber daya manusia (SDM) di bidang periklanan dituntut melakukan penguatan kerja menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Mereka dituntut lebih kreatif karena pasar yang akan dihadapi akan lebih luas daripada saat ini. Sekretaris Jenderal Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Adnan Iskandar mengatakan, hingga kini target pasar untuk bidang periklanan mencapai 250 juta orang. Namun pada MEA mendatang akan lebih banyak, yakni mencapai 600 juta orang.

"Maka tantangan inilah yang harus dijawab melalui karya nyata," kata Adnan di Semarang, beberapa waktu lalu. Dia menyebut, Malaysia, Singapura, dan Thailand merupakan pesaing utama para kreator iklan dari Indonesia. "Namun kita tidak perlu khawatir karena kreativitas anggota P3I masih unggul dibandingkan negaranegara tersebut," ungkapnya.

Menurut dia, dari tahun ke tahun industri kreatif dalam negeri meningkat hingga mencapai 30% atau sebesar Rp156 triliun untuk pendapatan kotor. Kendati demikian, dibutuhkan strategi dan kemampuan SDM yang mumpuni untuk menghadapi pasar yang lebih luas.

Upaya itu, lanjut dia, dapat dilakukan oleh insan periklanan dengan akrab pada media digital dan multimedia. Sebab kreativitas juga dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman.

"Persaingan sekarang bukan hanya pada media cetak, namun telah merambah media digital. Sebab masyarakat atau konsumen iklan sudah mencari sesuatu yang baru," katanya.

Memang, kemajuan teknologi komunikasi secara tidak langsung berimbas pada komunikasi di industri periklanan. Peran iklan kini tidak lagi dipandang sebelah mata karena ternyata sangat memengaruhi perilaku konsumen.

Survei mengenai perilaku belanja merek-merek papan atas yang dirilis Nielsen awal Juli 2013 menunjukkan, dampak iklan pada konsumen Indonesia menempati peringkat ke-3 di Asia-Pasifik. Sebanyak 74% responden Indonesia mengakui iklan meningkatkan kecenderungan dalam memilih merek.

Oleh sebab itu, kajian mengenai ilmu ini mulai banyak dilirik oleh pemilik brand. Biro-biro iklan juga kian menjamur memenuhi kebutuhan pengiklan. Segendang sepenarian, kebutuhan akan tenaga kerja profesional di bidang periklanan pun semakin tinggi.

Tidak heran universitas atau lembaga pendidikan ramai-ramai menyelipkan ilmu periklanan sebagai kajian bagi anak didik mereka. Hal ini sejalan dengan apa yang diharapkan P3I untuk meningkatkan SDM di bidang periklanan untuk melakukan penguatan kerja menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 mendatang.

Sumber

ada yang tau sekolah periklanan di jakarta mana yang bagus y?
tertarik juga nih belajar tentang dunia iklan

emoticon-Malu (S)
Pasti ini gara-gara iklan si jokowi emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By hackerit
Pasti ini gara-gara iklan si jokowi emoticon-Mewek


jadi salah jokowi lagi gituh ? emoticon-Ngakak (S)

pny referensi sekolah iklan yang bagus gan?

emoticon-Smilie
P3I paan sih?

emoticon-Bingung (S)

lagi males baca beritanye soalnye

emoticon-Big Grin
syukur deh klo meningkat...
error 404: Jokowi not found