alexa-tracking

Presiden dibalik Intervensi Pengusutan Kasus Pajak BCA?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55234b07c3cb176c318b4579/presiden-dibalik-intervensi-pengusutan-kasus-pajak-bca
Presiden Intervensi Pengusutan Kasus Pajak BCA?
Tentunya kita belum lupa akan kedekatan Jokowi dengan salah satu pemegang saham dominan di Bank BCA. Anthonny Salim, salah satu pemilik BCA disebut-sebut memiliki kedekatan dengan Jokowi yang saat ini menjabat sebagai presiden terpilih periode 2014-2019.

Kedekatan Salim dengan Jokowi mulai diketahui masyarakat kala dirinya menjadi donatur di kampanye Jokowi di ajang Pilpres yang digelar tahun 2014 lalu. Jokowi yang diusung PDIP menjadi alasan Salim gelontorkan dana besar-besar untuk menangkan Jokowi di ajang Pilpres 2014 lalu. Atau boleh dibilang melalui Jokowi, Salim ingin mengamankan dinasti bisnisnya.

Anthonny Salim adalah salah satu penerima bantuan dana dari skema BLBI. Melalui Megawati yang kala itu menjadi presiden, gelontoran dana skema BLBI membengkak, di masa pemerintahan Megawati, skema BLBI sedikit berbeda disbanding disebelumnya, praktik penyehatan perbankan nasional sedikit berbeda. Jika diawal prosesnya adalah pengambil alihan aset lalu baru pengucuran dana sesuai aset yang diambil alih, di era Mega dibalik dana dikucurkan baru aset dievaluasi. Tidak tanggung-tanggung dana yang dikucurkan senilai Rp 430 T. Jadi total dari Habibie hingga Gus Dur sudah Rp 640 T. dan yang paling menjadi sorotan adalah di era Megawati ada kebijakan tambahan yakni, penerbitan obligasi rekap.

Obligasi dimaksudkan untuk mempercantik laporan keuangan bank-bank terkait, kondisi Negara yang tidak lagi mampu menyuntikan dana besar-besaran untuk dijadikan modal bank-bank terkait menggunakan cara lain, yakni dengan cara membeli surat utang. Dengan begitu pada laporan keuangan bank-bank tersebut memiliki pemasukan berupa penjualan surat utang, dengan kata lain Negara yang oleh program baru dari Megawati seolah-olah kepada bank karena obligasi rekap ini. Tengok saja pada laporan keuangan Bank BCA. Sesuai dengan dana kucuran dana BLBI dan sita aset senilai Rp 60 T, dengan pemberian obligasi rekap kepada BCA maka negara seolah-olah berhutang Rp 60 T kepada BCA, alhasil pada laporan keuangan BCA memiliki modal sebesar Rp 60 T dari obligasi rekap pemerintah.

Kembali ke kasus pajak BCA, seperti yang pernah disebutkan Bibit Samad Riyanto, Mantan Wakil Ketua KPK, jika pemberantasan korupsi sudah menyentuh jaringan koruptor pasti akan menjadi permasalahan. Intervensi dan kriminalisasi kerap kali menjadi penghambat KPK dalam mengusut kasu-kasu korupsi. Oleh sebab itu KPK yang berencana untuk menuntaskan kasus ini sebelum tahun 2015 habis menuai banyak intervensi dari berbagai penjuru.

Lalu bagaimana cara mengintervensi KPK? Yang paling kentara adalah intervensi KPK menggunakan kisruh KPK-Polri awal tahun ini. Setelah Jokowi mengajukan Budi Gunawan untuk calon Kapolri menggantikan Jendral Sutarman, KPK mau tidak mau bertindak, sebab menurut KPK, Budi Gunawan memiliki rapor merah. Budi dinilai tidak bersih untuk menjabat di kursi Trunojoyo1. KPK segera mengganjal Budi dengan tersangkakan Budi Gunawan.

Namun rupanya langkah KPK justru menyulut kisruh KPK-Polri jilid dua. Dengan adanya kisruh KPK-Polri jilid dua ini sontak melumpuhkan semua agenda KPK. KPK yang sebelumnya menegaskan akan prioritaskan pengusutan kasus pajak BCA, dengan kisruh ini KPK tidak diberi ruang untuk menjamah penyidikan kasus pajak BCA. Selama dua bulan KPK diserang habis-habisan, yang kemudian pada akhirnya dua pimpinan KPK, Abraham Samad, dan Bambang Widjojanto menjadi korban di kisruh kali ini.

Intervensi kedua tidak datang dari instansi tertentu, namun dari pihak tersangka kasus pajak BCA, eks Dirjen Pajak, Hadi Poernomo. Di kisruh KPK-Polri, Budi Gunawan melawan KPK dengan mengajukan sdiang praperadilan untuk meninjau kembali putusan KPK tersangkakan dirinya. Pada sidang praperadilan saat itu, Budi Gunawan keluar sebagai pemenang. Hal inilah yang akhirnya digunakan para tersangka kasus korupsi untuk mengintervensi KPK, termasuk Hadi Poernomo. Gelombang praperadilan kali ini juga sedikit banyak mempengaruhi agenda KPK prioritaskan pengusutan kasus pajak BCA. Penyidikan terhadap kasus pajak BCA kembali terhambat.

Referensi :
1. http://www.kaskus.co.id/thread/55015...i-skandal-blbi
2. http://kwikkiangie.com/v1/category/ekonomi/blbi/
3. http://www.merdeka.com/khas/kriminal...t-samad-2.html
tulisan terbaru saya, semoga bermanfaat
wah pantesan ga kebongkar-bongkar ya sampe sekarang. ternyata jaringannya serem2... ckckckck
KASKUS Ads
Cerpennya lumayan gan,nanti kalo ada Lomba Mengarang Bebas agan harus ikutan emoticon-Ngakak
moga bisa kebongkar deh nih kasus apapun bentuk intervensi nya.
wah masasih bang? tapi kalau kampanye didanain sih saya tau.
image-url-apps
bagi bagi jatah kue yuk emoticon-Big Grin










anu numpang lewat emoticon-Traveller
image-url-apps
Hadi itu memang orang sakti.. Korupsi dari dulu tapi masih bisa wira wiri ke beberapa posisi strategis....
Saking kuat bekingnya plus duitnya.
ane nyimak dulu gan
Quote:


emoticon-thumbsup
minyak gaan
image-url-apps
ktny ini ausi py rekamannya
menarik nih gan, ane sundul dulu

emoticon-Sundul
image-url-apps
duit berbicara lah










ni kasus pajak BCA kaitannya sama BLBI
di jaman SBY aja gak kebongkar
sekarang jaman mama banteng.. ya jangan di harep emoticon-Cool
Quote:


masa siiih?
kl udah gini KPK harus buktiin kalo bisa usut tuntas kasus pajak BCA
semoga tidak benar, semoga KPK bisa usut tuntas kasus pajak BCA dan BLBI.
×