alexa-tracking

[NGADEM] Ini Agama dengan Perkembangan Paling Pesat di Dunia.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/552312aca2c06ee4378b4569/ngadem-ini-agama-dengan-perkembangan-paling-pesat-di-dunia
[NGADEM] Ini Agama dengan Perkembangan Paling Pesat di Dunia.


[NGADEM] Ini Agama dengan Perkembangan Paling Pesat di Dunia.
KOMPAS.com - Banyak orang memercayai mendekati tahun 2050 akan banyak sekali robot yang membantu pekerjaan manusia. Jika saja kajian tentang keyakinan manusia benar, maka robot-robot itu nantinya yang akan datang ke mesjid dan gereja.

Pew Research Center di Amerika membuat kajian tentang perkembangan agama-agama di dunia. Kajian mereka terkait perkembangan agama-agama besar di dunia selama 40 tahun ke depan.

Dalam kajian tersebut, agama yang paling banyak pemeluknya adalah Islam dan Kristen.

Islam menjadi agama yang paling pesat perkembangannya, mulai dari 1,6 miliar di tahun 2010 menjadi 2,76 miliar pemeluknya di tahun 2050. Dengan begitu, pemeluk Islam akan menjadi satu pertiga jumlah populasi dunia.

Untuk Kristen, pertumbuhannya sebelumnya diperkirakan akan besar, namun tidak melebihi pertumbuhan dari Islam. Kajian Pew mencatat jumlah pemeluk Kristen tumbuh dari 2,17 miliar menjadi 2,92 miliar di tahun 2050, ini hampir 30 persen jumlah populasi dunia.

Dengan begitu, di tahun 2050 akan ada 6 dari 10 orang di dunia yang akan memeluk agama Islam atau Kristen. Atau juga, untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah pemeluk Islam dan Kristen akan sama jumlahnya.

Lebih jauh, kajian itu juga meneliti kemungkinan pemeluk Islam akan melewati jumlah pemeluk Kristen di tahun 2100. Pew menilai ada kemungkinan jumlah pemeluk Kristen berkurang di masa lalu lantaran adanya wabah  di Eropa beberapa abad lalu.

Pew merupakan lembaga nonpartisan yang memaparkan fakta atau "fact tank" yang secara rutin melakukan survei terhadap fenomena di masyarakat. Pew memiliki kantor pusat di Washington, Amerika Serikat. Kajian yang dilakukannya kali ini memakan waktu enam tahun dan mengumpulkan data dari 234 negara dari empat agama yang utama di dunia, Buddha, Kristen, Hindu, Yahudi, dan Islam. Meski begitu, ada juga agama atau kepercayaan lokal yang masuk dalam kajiannya.

Kajian yang dilakukan oleh Pew adalah yang pertama kalinya dilakukan untuk proyeksi populasi, tingkat kesuburan, hingga angka kematian, juga migrasi dan kecenderungan ganti agama. Dalam kajian itu, pemeluk Islam memiliki jumlah keluarga yang lebih banyak dan ada juga yang masuk agama Islam terbilang masih muda. Lebih dari 1 dari 3 pemeluk Islam berada di usia kurang dari 15 tahun.

Meski begitu, Pew mengingatkn tren perkembangan agama tidak dapat diperkirakan begitu saja dari skala-skala tadi. Mereka pun menekankan kehati-hatian berbagai pihak menyikapi hal tersebut.

Pew menekankan, pertama, proyeksi jumlah populasi menggunakan data dan asumsi tren demografis. Misalnya, perempuan Muslim rata-rata memiliki tiga anak, di masa depan, jika kualitas pendidikan dan pekerjaan meningkat, maka angka itu menyumbang cukup besar.

Kemudian, Pew mengakui tidak memiliki alat ramal atau bola kristal yang dapat memrediksi perang, wabah penyakit, bencana alam, dan penurunan ekonomi yang juga dapat menurunkan jumlah populasi.

Perkembangan agama di dunia

Berikut adalah perkembangan agama di dunia:

Atheis akan berkembang pesat di Amerika Serikat dari 16 persen menjadi 26 persen. Sementara itu, pemeluk Kristen justru turun dari 78 persen menjadi 66 persen. Di posisi ini, pemeluk Islam akan menjadi yang terbesar kedua melampaui Yahudi di Amerika Serikat.

Untuk di Afrika, 40 persen pemeluk Kristen akan berada di Nigeria. Jumlah pemeluk Kristen di Nigeria akan lebih banyak dari negara lain di Afrika.

Sementara di Asia, pemeluk Islam di India akan melampaui Indonesia. Dengan begitu, India akan menjadi negara dengan pemeluk Islam terbesar di dunia yang sebelumnya dipegang Indonesia.

Di Eropa, pemeluk Islam berjumlah 10 persen dari total populasi Benua Biru tersebut. Di sisi lain, pemeluk Kristen justru turun drastis hingga 100 juta.

Agama besar lainnya, Hindu akan menjadi 1,4 miliar, Yahudi 16 juta dan akan terus meningkat. Sementara untuk Buddha, angkanya tidak berubah dari 5,2 juta di tahun 2010.

Pada beberapa dekade mendatang, diproyeksikan 106 juta orang akan meninggalkan Kristen. Sementara 46 juta orang akan masuk Kristen. Jumlah negara dengan pemeluk Kristen terbanyak juga akan turun, menjadi 151 negara. Kristen diproyeksikan turun di Australia, Benin, Bosnia-Herzegovina, Perancis, Belanda, Selandia Baru, Republik Macedonia, dan Inggris.

Sementara untuk Islam,  negara dengan pemeluk Islam akan meningkat 50 persen di 51 negara, termasuk Republik Macedonia, dan Nigeria.

Baca juga: The world's fastest-growing religion is ...

Editor: Fidel Ali Permana
Sumber: CNN
asal jangan pindah agama gan!
Agama banyak

Aliran dari agama lebih banyak banyak lagi

Ayo cap cip cup katanya sech cuma 1 agama dan 1 aliran yg bener, jadi capcipcup aza kira2 agama dan aliran apa yg masuk surga emoticon-Ngacir
Quote:


kalo jgn pindah agama, supaya pesat ya cukup beternak istri dan anak sebanyak banyaknya emoticon-Big Grin
Quote:


tergantung onani pikiran masing2 emoticon-Big Grin
tohhh tsssss.....udah di larang jgn membuat tret yg berhungan dgn agama.emoticon-Hammer (S)



sayang euy dah isoemoticon-Ngakak (S)
trit tentang berita ini entah udah trit yg keberapa yg ane baca di bp emoticon-Cape deeehh

komen ane :

masuk akal sih.. karena nanti tahun 2050 manusia2 yg pinter sudah bikin koloni di mars.

jadi yg kenltinggalan di bumi ya itu doang emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngacir
fiuh gw kira berita robot bakal bisa milih agama
kayak mlm
berkembang ditentukan banyaknya downline
yg penting mengikuti ajaran yg damai dan nyaman bagi diri sendiri dan bagi orang/mahluk hidup lainnya baik yg seiman/tidak.
pindah agama hukumnya dosa besar haha
Anda yakin di masa depan tidak akan muncul kaum apatis yang menjadi atheis karena kecewa dengan agama?
Ada yg kbakaran jenglot

emoticon-Traveller
Semua tahan ego, satukan suara buat Ahok!