alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Minum Sebotol Bir Saja Bisa Tingkatkan Risiko Kecelakaan Mobil
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5522bfb7138b46fd5f8b4569/minum-sebotol-bir-saja-bisa-tingkatkan-risiko-kecelakaan-mobil

Minum Sebotol Bir Saja Bisa Tingkatkan Risiko Kecelakaan Mobil

Jakarta - Kabar diperiksanya selebriti mudaJustin Bieber karena mengemudi di bawah pengaruh alkohol menghebohkan dunia. Sebuah studipun mengungkap bahwa menenggak sebotol bir saja bisa meningkatkan risiko kecelakaan secara signifikan.

Peneliti menganalisis data kecelakaan mobil fatal dari database nasional Amerika Serikat. Di antara tahun 1994-2011, terdapat lebih dari 570.000 kecelakaan. Mereka memelajari kandungan alkohol dalam darah (BAC) pengemudi. Peneliti juga memeriksa indikator penyebab kecelakaan, seperti pengendara yang menerobos lampu merah serta mengemudi di jalur yang salah.

Pengemudi dengan BAC 0,1%, kadar terendah yang tercatat di database, 46% lebih berisiko dituding sebagai penyebab kecelakaan satu-satunya dibanding pengendara yang tak minum alkohol.

Batas alkohol untuk mengemudi yang legal di AS dan Inggris adalah 0,8%. Orang dewasa hanya butuh setengah botol bir ukuran normal, yakni 355 ml, untuk menghasilkan 0,1% BAC di breathalyser (alat pengukur kandungan alkohol lewat nafas).

Seiring meningkatnya kadar alkohol dalam darah, kemungkinan pengemudi disalahkan atas kecelakaan juga bertambah. Peneliti juga menemukan tak ada efek ambang batas atau transisi mendadak dari tak bersalah hingga bersalah pada batas legal mengemudi sambil mabuk. Yang terjadi adalah, risiko kecelakaan meningkat secara perlahan dan pasti dari BAC 0,01% sampai 0,24%.

"Bahkan, meskipun Anda tak menyadarinya, Anda terganggu setelah mengonsumsi satu minuman. Mungkin efeknya tak separah lima minuman tapi tetap saja Anda terpengaruh," ujar peneliti David Phillips seperti ditulis Mail Online (22/01/2014).

Meski demikian, pengendara yang mabuk seringkali tak dihukum lebih berat daripada pengemudi yang tak minum alkohol. Praktiknya, hakim dan masyarakat luas menganggap BAC 0,8% sebagai batasan yang tegas, definitif, dan berarti. Merekapun tak memberikan hukuman berat bagi pengemudi yang meminum alkohol di bawah batas tersebut.

Seperti dimuat di jurnal Injury Prevention, Phillips berpendapat bahwa hal ini harus segera diubah. Hukum seharusnya mencerminkan apa yang dilihat penyelidik kecelakaan resmi.

"Tak ada yang istimewa dengan angka 0,8. Tak ada penelitian yang mengindikasikan ada perubahan besar dalam kapasitas mengemudi antara BAC 0,7 dan 0,8. Semakin rendah batas BAC legal, semakin kita semua merasa aman,", Phillips berpendapat.

Ia menambahkan, studi ini memiliki implikasi luas. 'Bagi pengemudi, jangan menyetir setelah minum alkohol. Sementara bagi penumpang, jangan menaiki mobil yang pengendaranya mabuk. Usahakan yang tak minum alkohol yang menyetir,' sarannya
'
http://m.detik.com/food/read/2014/01...celakaan-mobil'

komen ts : say no to alcohol and cigarette emoticon-Malu (S)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
IMO org indo itu pada sok2an ... abis minum2 maksa nyetir Dan kesadaran akan hal INI sangat rendah

klo d luar itu sebelom minum2 udah ngerencanain pulangnya dianter ato naik teksi
sebenernya ada minuman yang jauh lebih merugikan daripada minuman beralkohol,

yaitu minuman kobokan kaki yang diminum panastak,

saya yakin sebenernya sebagian besar panastak setuju bahwa minuman beralkohol itu tidak baik,

cuman,

karena yang ngomong adalah salah satu junjungan mereka (ahok), jadi mau nggak mau harus sepakat sama ahok dan membelanya,

inilah efek air kobokan, jauh lebih destruktif,

kalo mabuk pas nyetir dan kecelakaan, itu dampaknya ya cuman saat itu saja,

tapi efek air kobokan yaitu kebodohan yang bakal diwarisi hingga ke masa depan oleh anak cucu mereka,

keberpihakan saja sudah tidak baik, lha ini sudah berpihak, berpihaknya juga pada sosok yang salah, pada kebodohan, apa gak rusak?

bener-bener kaum zaman edan, mudah-mudahan cepet diangkut sajalah.

Diubah oleh dejohnette
Quote:


amitofo .. sancai sancai suhu emoticon-Malu (S)
Quote:


amitofa
sancai sancai
Quote:


Akh kebanyakan bertapa ente emoticon-Betty (S)
Curhatan seorang panasbung emoticon-Big Grin
Diubah oleh Mosqu1to
Panastaik ngak mempan dikasih baca beginian juga. Kalau dewa junjungannya bersabda apapun lewat. emoticon-Ngakak
bir ada alkoholnya 5 %, jadi haram buat muslim
Aduh jujur aja deh, alkohol itu dilarang karena HARAM bukan karena kandungannya atau effeknya.
Karena Indonesia BUKAN NEGARA ISLAM, seharusnya ALKOHOL itu di LEGALKAN.
Tentu perlu dibikin peraturan seperti dilarang mengendarai kendaraan sesudah/sambil minum alkohol.

SEMUA NEGARA MAJU melegalkan alkohol. US, JEPANG, Inggris, Jerman, SINGAPURA,dll.
SEMUA NEGARA BERKEMBANG CALON NEGARA MAJU melegalkan alkohol. CHINA, KOREA, dll.
NEGARA YG MENGHARAMKAN ALKOHOL adalah NEGARA2 YG BERDASARKAN ISLAM.
Udah jelas berrarti kalau alkohol itu diharamkan karena AGAMA, bukan karena EFEKnya.

Kalau mau bicara masalah EFEK, bandingkan dengan EFEK dari MEROKOK. MEROKOK JAUH LEBIH BERBAHAYA dari ALKOHOL. SUDAH JUTAAN ORANG MATI KARENA ROKOK, JUMLAH PEROKOK PASSIVE YG MATI JUGA SANGATLAH BANYAK. DIBANDINGKAN DENGAN ROKOK, ALKOHOL JAUH LEBIH AMAN UNTUK KESEHATAN. SEKARANG KENAPA ROKOK DIPERBOLEHKAN SEDANGKAN ALKOHOL TIDAK?!?!??!?!?!??!??!?!?!?!
Diubah oleh anakkfeui
Quote:


bukan masalah alkoholnya Mas ... tpi pernyataan ahok yg bilang minum bir itu ga Ada efeknya
enaknya nge-bir dimana yah? emoticon-Busa
yg bikin terbang skalian lah emoticon-Ngacir
ga minum bir aja beresiko kok, masalahnya resiko tsb acceptable gak buat pengemudi. klo ga bisa nerima resiko sama sekali ngajedog we sia di imah (translate: silakan duduk manis saja di rumah)
Quote:


ya emang bresiko Dan minum bir memperbesar resiko tsb emoticon-Malu (S)

mkanya gw blg org indo itu pd sok2an kuat minum kyk pernyataan ahok itu lah emoticon-Malu (S)
Quote:


Klo di bandung sih di b*d*ng, itu klo malem mingguan mobil yg parkir bejibun emoticon-No Hope, berarti emang kesadaran untuk tidak mengemudikan kendaraan setelah minum minuman beralkohol itu sgt rendah.
Ngebelain junjungan jgn keag orang Mabok.....emoticon-Cape d... (S)

Namanya aja JUSTIN NGEBIR...emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh zhinaer
Quote:


tul betull
yang gak sayang nyawa boleh di tes tuh emoticon-Big Grin
Quote:

emang sejak kapan alkohol di Indonesia dilarang gan?
emoticon-Big Grin
Diubah oleh kenewae
ngeri ya. bisa jadi pembuhuh masal kalau ngebir sambil mengemudi emoticon-Takut
Quote:


agan sekarang omongan udah mulai frontal .... percuma gan dinasihati dgn kata2 baik gak bakal mempan mereka. otak udah keisi kobokan.....
coba yg ngomong gini fpi atau gak sutiyoso bakalan jadi angin ribut pasti dimari, tapi karena yg ngomong junjungan ahog yah.. pasti bener kata nastak
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di