alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55229f6294786810708b4567/mendikbud-akan-umumkan-integritas-sekolah-setelah-un
Mendikbud Akan Umumkan Integritas Sekolah Setelah UN
Jakarta - Pelaksaan Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung 13 - 15 April tingkat sekolah menengah atas (SMA), menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, untuk melihat indeks integritas sekolah.

Mendikbud mengatakan, integritas sekolah dapat terlihat dari hasil UN, apakah mencerminkan pola pendidikan yang berbasis kejujuran di sekolah atau hanya mengutamakan kelulusan.

Bagi sekolah yang menerapkan kejujuran dalam menentukan indeks prestasi sekolah, akan dipublikasikan setelah hasil UN diumumkan, dan untuk sekolah yang berintegritas diberi apresiasi.

"Untuk jumlah sekolah belum ditentukan, yang pasti akan diumumkan untuk sekolah berintegritas," ujar Anies di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Senayan,Jakarta , Senin (6/4).

Sampai sejauh ini, Mendikbud mengungkapkan telah ada komponen untuk mengukur tingkat kejujuran yang akan dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pendidikan (Puspendik) dan para ahli pendidikan setelah melewati proses diskusi.

"Kita berharap kedepannya, sekolah akan membiasakan mengerjakan ujian dengan kejujuran, dan kita akan memberikan apresiasi kepada sekolah," ujar Mantan Rektor Universitas Paramadina.

Ia menambahkan, integritas UN di sekolah dapat dilihat dari jawaban siswa dalam kelas tersebut. Indeks integritas tersebut juga bertujuan untuk membantu orang tua dalam memilih sekolah dan masyarakat dapat mengetahui sekolah mana yang menerapkan pola kejujuran dan mana yang hanya mengedepankan hasil UN 100 persen.

Pada UN kertas dan computer based test (CBT), menurut Anies, integritas tentu diterapkan karena UN- CBT telah dipastikan jujur, sebab soal yang dikerjakan dalam satu ruangan berbeda satu sama lain, sehingga integritas kejujuran lebih diutamakan untuk UN kertas.

"Setelah mengetahui indeks kedepannya digunakan seperti apa, misalnya orang tua mau mengirim anak, tentu melihat sekolah yang jujur, nanti orang tua yang melihat kejujuran sekolah, bukan tingkat kelulusan," ujar Anies.

sumber
=======

Mendikbud Akan Umumkan Integritas Sekolah Setelah UN
mantab betul ! emoticon-Recommended Seller

Hasil UN Jadi Ukuran Indeks Integritas Sekolah

JAKARTA- Ujian nasional (UN) kini memang bukan standar utama kelulusan siswa. Namun, UN akan menjadi alat ukur dalam menghitung indeks integritas sekolah. Indeks tersebut akan memperlihatkan seberapa jujur sekolah dalam melaksanakan UN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, pendidikan bukan hanya bicara komponen akademis, tapi juga integritas. Intinya, jika sekolah ingin berwibawa, UN harus dilakukan dengan jujur.

“Indeks integritas sekolah dalam melaksanakan UN akan diberikan kepada sekolah dan Pemda. Khusus untuk SMA sederajat disampaikan ke PTN,” kata Anies dalam keterangan persnya, Selasa (6/4).

Dia menambahkan, kementerian memiliki data pelaksanaan UN yang lengkap setiap tahun. Data inilah yang dipakai dalam mengukur indeks integritas. Anies mengakui, indeks integritas yang didapatkan dari UN ini tidak bisa mengukur semua aspek integritas.

Namun, dari indeks integritas ujian ini setidaknya bisa mencerminkan pola kejujuran sekolah ketika melaksanakan ujian. Anies mencontohkan, sekolah yang mendapat indeks integritas 85. Bisa disimpulkan bahwa di sekolah tersebut sudah terjadi kecurangan 15 persen. (esy/jpnn)

http://www.jpnn.com/read/2015/04/07/...gritas-Sekolah
reserved
lah tumben gak ada yang nyinyir emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By comANDRE
lah tumben gak ada yang nyinyir emoticon-Bingung (S)


Lah ngapain kudu nyinyir, bray ?

Kalo memang target Pak Anies itu adalah kejujuran, maka harus di apresiasi. Karena sekarang negara kita uda krisis dan nyaris dying dengan orang jujur.

Padahal gw kemaren uda pengen vote dia sebagai wakil dari Demokrat untuk maju dalam bursa pencapresan. Karena negara ini butuh orang kayak Anies dan program Indonesia Mengajar-nya buat berantas kebodohan. Yg kedua Mahfud, yang lumayan bersih dari sisi hukum.

Eeeeh.....yg nongol malah abal2....!!! emoticon-Mad (S)

Ente tau kenapa saat itu pada dibatalin dari wakil Demokrat ?? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By Midodorydo


Lah ngapain kudu nyinyir, bray ?

Kalo memang target Pak Anies itu adalah kejujuran, maka harus di apresiasi. Karena sekarang negara kita uda krisis dan nyaris dying dengan orang jujur.

Padahal gw kemaren uda pengen vote dia sebagai wakil dari Demokrat untuk maju dalam bursa pencapresan. Karena negara ini butuh orang kayak Anies dan program Indonesia Mengajar-nya buat berantas kebodohan. Yg kedua Mahfud, yang lumayan bersih dari sisi hukum.

Eeeeh.....yg nongol malah abal2....!!! emoticon-Mad (S)

Ente tau kenapa saat itu pada dibatalin dari wakil Demokrat ?? emoticon-Bingung (S)



waktu itu yang menang konvensi dahlan iskan
walaupun suara pileg kurang, sebenernya kalo mereka mau majukan DI, partai2 tengah pasti mau merapat juga,
tapi sby butuh jaminan keamanan buat putra mahkotanya, jadi musti mendekat ke salah satu , KMP/ KIH emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Midodorydo


Lah ngapain kudu nyinyir, bray ?

Kalo memang target Pak Anies itu adalah kejujuran, maka harus di apresiasi. Karena sekarang negara kita uda krisis dan nyaris dying dengan orang jujur.

Padahal gw kemaren uda pengen vote dia sebagai wakil dari Demokrat untuk maju dalam bursa pencapresan. Karena negara ini butuh orang kayak Anies dan program Indonesia Mengajar-nya buat berantas kebodohan. Yg kedua Mahfud, yang lumayan bersih dari sisi hukum.

Eeeeh.....yg nongol malah abal2....!!! emoticon-Mad (S)

Ente tau kenapa saat itu pada dibatalin dari wakil Demokrat ?? emoticon-Bingung (S)


Karena Anies enggak mau jadi presiden. Dia maunya Jokowi yang jadi presiden dan dia yang jadi menterinya.

Mendikbud Akan Umumkan Integritas Sekolah Setelah UN

Mendikbud Akan Umumkan Integritas Sekolah Setelah UN
masih ngga ngerti indikator buat pernilaian integritas sekolah berdasar hasil UN.
ane emang bego banget, ngga ngertiii...emoticon-Bingung (S)
Mendikbud mengatakan, integritas sekolah dapat terlihat dari hasil UN, apakah mencerminkan pola pendidikan yang berbasis kejujuran di sekolah atau hanya mengutamakan kelulusan.

mungkin beda perlakuan antara sekolah negeri sama Swasta emoticon-thumbsup

jgn tanya knp krn gua jg ga tau emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Mendikbud Akan Umumkan Integritas Sekolah Setelah UN
Lakuin aja nih dulu di setiap sekolah

emoticon-Cool
Quote:Original Posted By omniverse


Karena Anies enggak mau jadi presiden. Dia maunya Jokowi yang jadi presiden dan dia yang jadi menterinya.

Mendikbud Akan Umumkan Integritas Sekolah Setelah UN

Mendikbud Akan Umumkan Integritas Sekolah Setelah UN


youtube-thumbnail

kalo dari awal tujuannya cuma mau jadi menteri, ngapain repot2 ikut konvensi demokrat?
mending langsung aja merapat jadi jubirnya jokowi
jd yg UN nya CBT pasti indeks kejujurannya nilai tertinggi ya?!
Trus rewardnya apaan nih buat yg skornya bagus???
di UN berbasis CBT kemarin itu banyak yang nyontek lho pak, kok bisa dikatakan kalau pakai cara ini semuanya jujur?
Quote:Original Posted By comANDRE
lah tumben gak ada yang nyinyir emoticon-Bingung (S)


ane adalah salah satu yang nyinyir soal kebijakan integritas sekolah....

trid ini alasan yang cukup jelas untuk melawan kebijakan ini:
http://m.kaskus.co.id/post/5537d9936...0881b54a8b4569