alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/552288d962088142748b4567/april-ini-mesin-bor-mrt-jakarta-tiba-dari-jepang
April Ini, Mesin Bor MRT Jakarta Tiba dari Jepang
TEMPO.CO, Jakarta - Lubang sedalam 12 meter dengan panjang 200 meter berada di tengah-tengah Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Sudirman. Di dalam lubang ini bakal ditempatkan dua mesin bor terowongan (tunnel boring machine) proyek mass rapid transit (MRT) di Jakarta.

“Mesin bor itu dijadwalkan tiba di Indonesia pada April dan Mei 2015,” kata Dono Boestami, Direktur Utama PT Mass Rapid Transit Jakarta, kepada Tempo. Saat ini, kedua mesin itu dalam perjalanan dari Jepang. Sesampainya di Jakarta, mesin itu dirakit kembali dan bakal beroperasi pada Agustus-September 2015.

Dua bor itu akan digunakan untuk pembuatan jalur terowongan fase pertama proyek MRT Jakarta. Fase pertama adalah jalur dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia. Dari sepanjang 16 kilometer jalur itu, 6 kilometer merupakan terowongan bawah tanah dan 10 kilometer merupakan jalan layang. Sedangkan untuk fase kedua, dari Bundaran HI ke Kampung Bandan, sepanjang 9 kilometer berupa terowongan.

Pada lubang sedalam 12 meter di dekat Patung Pemuda, mesin bor mulai beroperasi. Posisi bor nantinya menghadap ke arah Jalan Sudirman. Sedangkan ekor bor sepanjang 80 meter lebih akan memanjang di bawah Patung Pemuda hingga Jalan Sisingamangaraja.

M. Nasyir, Direktur Konstruksi PT Mass Rapid Transit Jakarta, mengatakan bor MRT memiliki diameter luar 6,65 meter dan diameter dalam 6,05 meter. Mata bornya memiliki panjang hampir 10 meter, sedangkan ekornya sepanjang 80 meter lebih.

Dua bor pertama itu masing-masing digunakan untuk mengerjakan satu terowongan yang bersisian. Meskipun diatur bersamaan, kedua bor tersebut tidak beroperasi berbarengan. “Satu bor bekerja, misalnya 50 meter dulu, baru kemudian bor satunya menyusul. Ini demi faktor keamanan,” ujar Nasyir.

Mesin bor itu memiliki pisau bor yang dirancang khusus dan disesuaikan dengan kondisi tanah di lokasi proyek. Karena itu, mesin bor senilai hampir Rp 70 miliar per unit ini hanya bisa dioperasikan untuk proyek tertentu.

Nantinya bor itu akan bekerja 24 jam. Pada mesin pengendali bor akan ada tiga orang yang mengoperasikan bor secara terkomputerisasi. Dalam 24 jam, terowongan yang digali dan diselesaikan sepanjang sekitar 8-10 meter.

Dono Boestami mengatakan, untuk fase pertama, terdapat enam stasiun bawah tanah yang saat ini sedang dikerjakan, yaitu Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI. “Targetnya, penggalian selesai pada 2016. Untuk stasiun ditargetkan kelar pada 2017,” ujarnya.

Spoiler for Illustrasi TBM:


Semoga lancar dan sesuai jadwal emoticon-Big Grin

Sumur

Posisi Patung Pemuda Seberat 420 Ton Ini Menggantung

TEMPO.CO, Jakarta - Anda yang biasa berlalu lintas di Jakarta, pasti tak asing dengan Patung Pemuda Membangun. Terletak di kawasan Senayan, membelah Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Sudirman. Dibangun pada Juli 1971 dan diresmikan pada Maret 1972. Disebut pemuda membangun karena patung tersebut menggambarkan seorang pemuda membawa obor dengan semangat yang berkobar.

Kini, pemandangan di sekitar patung banyak alat berat dan pekerja yang sedang menggarap proyek jalan bawah tanah. Proses pengeboran sedang dimulai. Dua mesin bor terowongan (tunnel boring machine) yang dipesan untuk rencana pembuatan terowongan mass rapid transit (MRT) pertama di Jakarta telah selesai dibuat.

“Dua dari empat bor yang kami pesan telah selesai dibuat Februari lalu. Saat ini dalam perjalanan dari Jepang,” ujar Dono Boestami, Direktur Utama PT Mass Rapid Transit Jakarta, kepada Tempo.

Dua bor itu akan mengerjakan pembuatan jalur terowongan untuk fase pertama proyek MRT Jakarta. Fase pertama itu adalah jalur dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia. Dari sepanjang 16 kilometer jalur itu, 6 kilometer merupakan terowongan bawah tanah dan 10 kilometer merupakan jalan layang. Sedangkan untuk fase kedua, dari bundaran HI ke Kampung Bandan, sepanjang 9 kilometer berupa terowongan.

Dono mengatakan dua mesin bor yang dibuat Japan Tunnel Systems Corporation (JTSC) itu dijadwalkan tiba di Indonesia pada April dan Mei. “Tiba di sini akan dirakit kembali. Agustus-September akan beroperasi,” kata dia.

Kedua bor itu nantinya akan dirakit dan dioperasikan dari lokasi Patung Pemuda, Jalan Sudirman. Saat ini kontraktor konsorsium SOWJ (Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Konstruksi) sedang menyiapkan lokasi tempat peluncuran pemboran itu.

Tempo mengunjungi lokasi proyek pada Kamis, 2 April 2015. Patung Pemuda sudah dalam posisi menggantung. Konstruksi besi menanggung berat patung dan fondasinya dengan berat total 460 ton. Di bawah patung terlihat aktivitas ekskavator menggali tanah.

Sedangkan di lokasi yang akan menjadi dudukan bor, penggalian telah mencapai kedalaman 12 meter dan sedang dalam proses penyiapan fondasi. “Dari kedalaman 12 meter, dibuat fondasi satu meter untuk dudukan bor,” ujar Muhammad Destrial, Deputy Construction Manager CP104, yang mengerjakan proyek di Patung Pemuda.

Posisi bor nantinya menghadap ke arah Jalan Sudirman. Sedangkan ekor bor sepanjang 80 meter lebih akan memanjang di bawah Patung Pemuda hingga Jalan Sisingamangaraja.

M. Nasyir, Direktur Konstruksi PT Mass Rapid Transit Jakarta, mengatakan bor MRT memiliki diameter luar 6,65 meter dan diameter dalam 6,05 meter. Mata bornya memiliki panjang hampir 10 meter, sedangkan ekornya sepanjang 80 meter lebih.

http://www.tempo.co/read/news/2015/0...ni-Menggantung

Begini Cara Pembuatan 6 Stasiun Bawah Tanah MRT di Jl Sudirman

Jakarta - 6 Stasiun MRT akan dibuat di bawah tanah di sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Jalur di bawah tanah ini akan melibatkan bor raksasa untuk melubangi perut Jl Sudirman. Lalu bagaimana cara pembuatan stasiun di bawah tanah ini ?

PT MRT Jakarta sempat merilis video ilustrasi pembuatan stasiun bawah tanah MRT di YouTube. Pembuatan stasiun-stasiun ini membutuhkan proses yang rumit dan panjang. Hal ini disebabkan di ruas Jl Sudirman merupakan salah satu jalur lalu lintas tersibuk di Jakarta.

Menurut video tersebut langkah awal pembuatan stasiun ini dimulai dengan tahap pra konstruksi. Pada tahap ini dilakukan pengupasan jalur hijau yang ada di sepanjang Jl Sudirman. Lalu berbagai utilitas di bawah tanah di Jl Sudirman seperti pipa gas, pipa PDAM, kabel fiber optik, dan juga saluran limbah rumah tangga direlokasi.

Selain utilitas yang ada di bawah tanah, utilitas di atas tanah serti gardu PLN, kabel PLN dan juga tower komunikasi juga ikut direlokasi. Pemindahan sarana umum seperti pemindahan halte TransJ, jembatan penyeberangan dan juga halte reguler juga dilakukan.

Setelah semua bisa dikerjakan, dilakukan pelebaran jalan di sekitar lokasi pembuatan stasiun MRT. Pelebaran jalan ini perlu dilakukan karena jika tidak dilakukan maka akan menimbulkan kemacetan parah. Setelah pelebaran jalan ini selesai dilaksanakan, dilakukan juga rekayasa lalu lintas. Pelebaran dan juga rekayasa lalu lintas ini sudah bisa dilihat di sepanjang Jl Sudirman.

Setelah langkah-langkah ini kelar dilakukan, baru pembuatan stasiun bawah tanah MRT bisa dilaksanakan. Langkah awal yang dilakukan para pekerja adalah dengan pemasangan secant pile di sekitar lokasi pembuatan MRT. Pemasangan secant pile ini diperlukan untuk memperkuat lapisan tanah agar proses konstruksi selanjutnya memiliki alas kerja yang kuat.

Setelah kelar, lalu dibuatlah dinding stasiun. Pembangunan dinding stasiun ini diawali dengan pembuatan guide wall. Hal ini diperlukan agar pembangunan Diaphragm wall atau D-wall bisa dilakukan dengan presisi. Setelah itu baru bisa dimulai penggalian stasiun bawah tanah. Penggalian stasiun ini dilakukan dengan menggunakan metode top down. Setelah konstruksi utama stasiun bawah tanah ini selesai pengerjaan bisa dilakukan dengan pengerjaan kelistrikan dan juga proses arsektural stasiun tersebut.

Ada 6 Stasiun MRT yang berada di bawah tanah ini adalah Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas dan Bundaran HI. Rencananya untuk menghubungkan stasiun-stasiun tersebut akan dikerahkan 4 bor raksasa untuk mengbor Jl Sudirman. Dua bor akan mengebor dari bawah Patung Pemuda Senayan arah HI. Sedangkan dua bor lainnya akan mengebor dari HI arah ke Patung Pemuda Senayan.

Sumur

Spoiler for Pembuatan Stasiun:
berita bagus nih gan, sekaligus sepi emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By hobi_linux
berita bagus nih gan, sekaligus sepi emoticon-Big Grin


Iya nih malah thread agan yang rame emoticon-Frown
mantep negh emoticon-2 Jempol
moga terwujud deh impian mempunyai terowongan bawah tanahemoticon-Big Grin
kereeen...Mesin Bor nya made in Japan... biasa nya awet klo MIJ dan kualitas nya juga gak perlu di ragukan..
emoticon-Matabelo
Mark upnya brapa tuh? Udah pake e-budgeting belom? emoticon-Big Grin

Beneran dr jepang ngga? Mereknya apa??

Jgn2 cina emoticon-Embarrassment
Jasa Jokowi Ahok nih emoticon-Big Grin
Pasti ini prestasi Jokowi...!




emoticon-Recommended Seller emoticon-Rate 5 Star
semoga lancar dan gak molor proyeknya emoticon-Malu (S)

bawah tanah semoga terowongannya gak jadi gorong2 saat musim hujan emoticon-Hammer
akhirnya mesinnya telah datang. ga sabar mau coba, walau pasti bakal masih lama dan pasti bakal ada kendala kendala yang dihadapi. tetap semangat deh emoticon-linux2
Quote:Original Posted By mail1997
mantep negh emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By gembaladomba13
moga terwujud deh impian mempunyai terowongan bawah tanahemoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By azfargilang
kereeen...Mesin Bor nya made in Japan... biasa nya awet klo MIJ dan kualitas nya juga gak perlu di ragukan..
emoticon-Matabelo


Iya semoga terwujud doakan saja gan emoticon-thumbsup Japan Tunnel Systems Corporation dan rencananya ada 4 bor yang dipakai untuk mrt tahap 1 ini emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By Fenz
Mark upnya brapa tuh? Udah pake e-budgeting belom? emoticon-Big Grin

Beneran dr jepang ngga? Mereknya apa??

Jgn2 cina emoticon-Embarrassment


Quote: Dono mengatakan dua mesin bor yang dibuat Japan Tunnel Systems Corporation (JTSC) itu dijadwalkan tiba di Indonesia pada April dan Mei. “Tiba di sini akan dirakit kembali. Agustus-September akan beroperasi,” kata dia.

Kedua bor itu nantinya akan dirakit dan dioperasikan dari lokasi Patung Pemuda, Jalan Sudirman. Saat ini kontraktor konsorsium SOWJ (Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Konstruksi) sedang menyiapkan lokasi tempat peluncuran pemboran itu.

http://www.tempo.co/read/news/2015/0...ni-Menggantung


Dari jepang yang buat JTSC . Pake sistem lelang , kontraktor yang mendatangkan dan mengoperasikan tbm tersebut CMIIW http://finance.detik.com/read/2014/0...dirman-di-2015
jawaban buat panasbung2 yg doyan nanya2...apa hasil kerja Ahok (dan Jokowi sebelomnya) emoticon-Big Grin

pengerjaan MRT yg ane liat selama ini kayanya lg dikebut...sekarang di lebakbulus groundbreakingnya (atau apa lah istilahnya) kayanya udah beres...terminal lebakbulus udah tinggal kenangan emoticon-Big Grin

sepanjang jalan fatmawati raya sampe lebakbulus lg siap dijebol
gile baru fase pertamanya doang selesai 2017..
jangan lama2 pak.. panasbung udah kaga sabar.. mereka maunya jakarta full terintegrasi MRT dalam sebulan tuh.. kalo bisa semalem jadi.. simsalabim.. langsung kaga macet langsung kaga banjir..
nunggu jadi ajah , kalo jadi emoticon-Big Grin







anu numpang lewat emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By made24
semoga lancar dan gak molor proyeknya emoticon-Malu (S)

bawah tanah semoga terowongannya gak jadi gorong2 saat musim hujan emoticon-Hammer


Yah semoga aja enggak gan emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By forget.password
akhirnya mesinnya telah datang. ga sabar mau coba, walau pasti bakal masih lama dan pasti bakal ada kendala kendala yang dihadapi. tetap semangat deh emoticon-linux2


iya kira" butuh waktu gan mulai dari urusan administrasi sampe ngerakitnya sebelum ngebor yah kita doakan saja lancar emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By valserra
gile baru fase pertamanya doang selesai 2017..
jangan lama2 pak.. panasbung udah kaga sabar.. mereka maunya jakarta full terintegrasi MRT dalam sebulan tuh.. kalo bisa semalem jadi.. simsalabim.. langsung kaga macet langsung kaga banjir..


Hahaha yah mungkin mereka gak sabar ingin merasakan naik kereta gorong" emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By medyudhapradja
jawaban buat panasbung2 yg doyan nanya2...apa hasil kerja Ahok (dan Jokowi sebelomnya) emoticon-Big Grin

pengerjaan MRT yg ane liat selama ini kayanya lg dikebut...sekarang di lebakbulus groundbreakingnya (atau apa lah istilahnya) kayanya udah beres...terminal lebakbulus udah tinggal kenangan emoticon-Big Grin

sepanjang jalan fatmawati raya sampe lebakbulus lg siap dijebol


Terminal Lebak bulus rencananya mau dijadikan stasiun gan dan stadion lebak bulus bakal dibongkar dan dijadiin dipo mrt emoticon-Big Grin, btw itu stadion lebak bulus sudah dibongkar total gan emoticon-Bingung (S)
Wogh keren, kyaknya cuma buat ngebor saluran aer