alexa-tracking

6 Pembalak Liar Batam Ditangkap, Diupah Rp 400 Ribu Angkut Kayu Per Ton

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55222be992523325708b4569/6-pembalak-liar-batam-ditangkap-diupah-rp-400-ribu-angkut-kayu-per-ton
6 Pembalak Liar Batam Ditangkap, Diupah Rp 400 Ribu Angkut Kayu Per Ton
Quote:TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kepulauan Riau (Kepri) kembali menemukan tindak pidana pembalakan liar atau ilegal loging di hutan Batam, Minggu (5/4) dini hari.
Sebanyak 79 kayu balok jenis meranti diamankan petugas di kawasan Dam Duriangkang, Minggu (5/4/2015) dinihari. Selain itu enam orang pekerja beserta satu unit lori bermuatan kayu juga ikut diamankan.
Menurut Kepala Direktorat Pengamanan BP Batam, Cecep Rusmana, penangkapan tersebut berawal dari informasi warga yang mengabarkan adanya aksi pembalakan di dalam hutan lindung Dam Duriangkang, sekitar pukul 02.00 WIB.
"Kita dapat informasi dari masyarakat. Kita langsung bergerak," ujar Cecep.
Setiba di lokasi yang berada tak jauh dari bundaran Kabil tersebut, petugas menemukan enam orang pekerja yang sedang memuat kayu balok ke atas sebuah lori.
Keenam orang yang diamankan tersebut masing-masing, Herudin (32), Arman (25), Irfan (23),Erik (30), Nurhasim (25) dan Japaris (30).
Herudin bertugas sebagai pemotong pohon atau operator. Sedangkan yang lain bertugas sebagai pemuat kayu ke lori.
"Selain 79 kayu, enam pekerja dan sebuah lori kita amankan. Saat ini, keenam orang tersebut sedang kita mintai keterangannya," lanjut Cecep.
Dari pengakuan seorang yang diamankan, Nurhasim, ia mendapat imbalan memuat kayu ke lorry dengan upah Rp 400 ribu pertonnya oleh toke yang bernama Baho.
Setelah dimuat, kayu-kayu itu akan diangkut ke gudang milik Baho di kawasan Batuaji.
"Operatornya Herudin. Kami berlima hanya memuat kayu saja," ujar Nurhasim.
Saat ini keenam pelaku dan barangbukti telah berada di kantor Ditpam. Mereka akan dimintai keterangan untuk berita acara pemeriksaan (BAP) awal. Setelah di BAP oleh penyidik Ditpam, kasus pembalakan ini akan dilimpahkan ke Polresta Barelang.
"Kita serahkan ke Polresta Barelang, untuk proses selanjutnya," tutup Cecep.
Pada Minggu sore, petugas dari Ditpam BP Batam terlihat sibuk membongkar kayu dari dua lori. Sebanyak 48 kayu diturunkan dari lori dengan nomor polisi BP 9904 DD milik pelaku dan 31 balok kayu dari lori milik BP Batam.


Quote:BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 75 batang kayu pembalakan liar dari hutan lindung Duriangkang berhasil diamankan Petugas Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan Batam beserta tujuh orang pelaku.

"Saat ini sedang proses dan akan diserahkan kan segera ke Polresta Barelang," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Senin (6/3/2015).

Tujuh pelaku yang ditangkap diantaranya sopir truk, buruh penangkut dan pelaku penebangan kayu pada kawasan hutan resapan air Dam Duriangkang. Pelaku diamankan saat hendak membawa kayu tersebut keluar dari Hutan Duriangkang. Setelah ditangkap langsung dibawa ke Markas Ditpam di Baloi, tidak jauh dari Polresta Barelang.

Kawasan Hutan Duriangkang Kota Batam kerap menjadi sasaran pembalakan liar oleh pihak-pihak yang sudah terkoordinir di Batam untuk merusak alam dengan mengambil keuntungan.

"Ada beberapa titik Hutan Duriangkang yang diketahui sudah dijarah oleh pembalak liar. Hasil tangkapan kali ini dari wilayah sebelumnya," kata Djoko.

Petugas Ditpam BP Batam dan Polsek Nongsa sudah beberapa kali mengamankan mengamankan kayu-kayu hasil pembalakan liar di hutan Duriangkang. Dengan banyaknya pembalakan tersebut, BP Batam menyatakan akan meningkatkan pengawasan pada seluruh wilayah hutan di Batam untuk meminimalisasi pembalakan liar.

"Hutan-hutan di Batam sebagian besar difungsikan untuk melindungi waduk-waduk air bersih. Kalau hutan terus ditebang, maka akan menimbulkan masalah kekurangan air bersih di Batam," kata dia.

Djoko juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat meaporkan jika melihat adanya kegiatan penambangan atau pengangkutan kayu balakan dari dalam hutan di seluruh Kota Batam.

Editor: Dodo


Sumber: http://batam.tribunnews.com/2015/04/06/6-pembalak-liar-batam-ditangkap-diupah-rp-400-ribu-angkut-kayu-per-ton

http://m.batamtoday.com/berita55626-Ditpam-BP-Batam-Amankan-Kayu-dan-Tujuh-Pelaku-Pembalakan-Liar-di-Duriangkang.html

Hajar trus emoticon-Embarrassment
Kalau bs jangan stop penyelidikan seret otak dari semua nya emoticon-Wink
reserved dulu brayemoticon-Angkat Beer
"Saat ini sedang proses dan akan diserahkan kan segera ke Polresta Barelang," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Senin (6/3/2015).

@bold: siapanya si jokowi nih emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By krupuk.alot
"Saat ini sedang proses dan akan diserahkan kan segera ke Polresta Barelang," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Senin (6/3/2015).

@bold: siapanya si jokowi nih emoticon-Bingung (S)


Saudara sepupu nya itu punya adik nah adik nya itu saudara jauhnya jokowi emoticon-Big Grin
400 ribu per ton? bego banget yg mau tuh emoticon-Malu
ni yg buat negara rugi , mana jokoblog emoticon-Mad









anu numpang lewat emoticon-Traveller