alexa-tracking

Mulai Diadili, Ini Rahasia yang Dipegang Sutan Bhatoegana

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5521e441d89b091d078b456c/mulai-diadili-ini-rahasia-yang-dipegang-sutan-bhatoegana
Mulai Diadili, Ini Rahasia yang Dipegang Sutan Bhatoegana
Mulai Diadili, Ini Rahasia yang Dipegang Sutan Bhatoegana

Mulai Diadili, Ini Rahasia yang Dipegang Sutan Bhatoegana

Quote:Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, hari ini, akan menggelar sidang perdana bekas Ketua Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat Sutan Bhatoegana. “Sidangnya memang dijadwalkan besok dengan agenda pembacaan dakwaan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi Komisi Pemberantasan Korupsi Priharsa Nugraha, 5 April 2015.


Menurut sumber Tempo, Sutan akan didakwa dengan dua perkara. Dakwaan pertama, misalnya, terkait dengan penerimaan hadiah atau janji berupa duit senilai US$ 140 ribu dari bekas Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Waryono Karno. Kedua, politikus Demokrat itu juga didakwa menerima gratifikasi berupa mobil Toyota Alphard dan duit dari berbagai pihak.

Sutan didakwa menerima duit US$ 140 ribu dari Waryono melalui Iryanto Muchyi, staf ahli politikus Demokrat itu. Pemberian duit tersebut bertujuan agar Sutan, selaku Ketua Komisi Energi, yang merupakan mitra kerja Kementerian Energi, bisa mengamankan anggotanya dalam pembahasan dan penetapan asumsi dasar minyak dan gas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2013.


Duit itu, menurut sumber Tempo, dikumpulkan Waryono melalui stafnya, Didi, dengan cara meminta dari Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Rudi Rubiandini. Setelah dapat duit itu, Waryono meminta dua stafnya membagikan dan membungkus duit itu ke dalam 48 amplop berwarna putih.


Rinciannya, empat amplop untuk empat pimpinan Komisi Energi yang masing-masing berisi US$ 7.500. Duit masing-masing US$ 2.500 untuk 43 anggota Komisi Energi, dan satu amplop untuk Sekretariat Komisi Energi sebesar US$ 2.500. Uang dimasukkan ke amplop putih dengan kode di bagian pojok kanan atas dengan huruf ‘A’, ‘P’, dan ‘S’. Duit inilah yang disebut disebar ke sejumlah anggota Komisi Energi.


Ketika bersaksi dalam sidang kasus dugaan suap di lingkungan SKK Migas dengan terdakwa Rudi Rubiandini di Pengadilan Korupsi, Jakarta, akhir Februari lalu, Waryono membantah pernah memerintahkan anak buahnya menyediakan uang untuk pimpinan hingga anggota Komisi Energi DPR. “Tidak pernah. Tidak benar itu.”


Adapun dakwaan kedua, Sutan selaku anggota DPR menerima hadiah, misalnya, berupa satu unit mobil Toyota Alphard 2.4 AT tipe G warna hitam dari seorang pengusaha serta uang tunai Rp 50 juta dari Jero Wacik—saat itu Menteri Energi. Namun Jero sudah berkali-kali membantah soal ini. Sutan juga menerima US$ 200 ribu dari Rudi Rubiandini melalui anggota Komisi Energi DPR lainnya. Rudi pernah membenarkan soal pemberian ini.


Pengacara Sutan, Rahmat Harahap, mengatakan kliennya tidak berinisiatif meminta duit dari Kementerian Energi. Menurut dia, yang meminta duit ke Waryono adalah pemimpin Komisi Energi DPR yang lain. “Amplop-amplop itu ya bagian dari permintaan itu,” kata Rahmat. Karena itu, dia berharap KPK memanggil semua pimpinan Komisi Energi DPR periode 2009-2014 tersebut.


Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2015/0...tan-Bhatoegana

buka2 an ceritanya. tp ngaruh ga emoticon-Hammer (S)
ih ngeri2 sedap ane dengernya...
Ngeri2 sedap nih beritaemoticon-Takut (S) sayangnya KPK yg skg sdh impoten, ga pnh dgr berita penangkapan koruptor lg, welcome kebebasan korupsiemoticon-Berduka (S)
sayang KPK udah lemah sekarang...
tetep aja, walau punya rahasia si sutan batu ginjal korupsi juga kan...


emoticon-Matabelo
Update berita....

Quote:Bhatoegana Tak Akan Hadiri Sidang Perdana di PN Tipikor

Quote:Sutan Bhatoegana dijadwalkan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) di Jakarta, pagi ini. Namun mantan Ketua Komisi VII DPR RI itu dipastikan tak akan hadir.

Kepastian itu disampaikan Pengacara Sutan, Eggi Sudjana saat dihubungi lewat telepon, Minggu (5/4/2015). Dirinya telah membuat surat kepada jaksa KPK yang ditembuskan pula ke PN Tipikor, dan PN Jaksel.

"Saya sudah titipkan surat itu ke istri Sutan untuk disampaikan ke jaksa KPK, dan PN Tipikor Senin pagi. Kalau saya tetap hadir di PN Jakarta Selatan," kata Eggi. Hari ini di PN Jaksel secara bersamaan memang diadakan sidang gugatan praperadilan Sutan.

Dijelaskan Eggi, ada 2 hal yang dia tekankan dalam surat itu. Pertama dirinya mempermasalahkan KPK yang tidak hadir pada sidang perdana praperadilan Sutan yang sedianya digelar pada 23 Maret 2015. Gara-gara hal itu, sidang diundur menjadi 6 April.

Sidang perdana praperadilan Sutan sedianya digelar pada 23 Maret 2015. Namun, tim hukum KPK tidak hadir sehingga sidang diundur menjadi 6 April 2015. Ia menganggap hal itu disengaja KPK hingga merugikan kliennya.

"Kenapa tanggal 23 KPK nggak datang tanpa pemberitahuan? Harusnya dateng dong. Sekarang memaksa ke sidang Tipikor, itu kan skenario jahat supaya praperadilannya gugur. Ia menganggap KPK telah melanggar Pasal 21 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Setiap orang yang dengan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan disidang pengadilan terhadap tersangka atau terdakwa ataupun para saksi dalam perkara korupsi, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 (tiga) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan atau denda paling sedikit Rp. 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp. 600.000.000,00 (enam ratus juta rupiah)." demikian bunyi Pasal 21 tersebut

"KPK secara langsung atau tidak langsung telah merintangi sidang dengan sengaja tidak datang pada 23 Maret itu," ucap Eggi. Ia berharap agar sidang di PN Tipikor ditunda.

"Harus ditunda (sidang) yang di Tipikor untuk memberi kesempatan kepada praperadilan dulu. Sekarang tinggal kearifan dan kebijakan yang adil," imbuh Eggi.

Ditegaskan Eggi, Sutan tidak akan hadir ke sidang Tipikor. Jika Dipaksa, ia akan meminta kliennya itu membacakan surat yang dibuatnya tersebut.

"Saya akan datang ke PN Jaksel bukan ke Tipikor. Saya minta Pak Sutan kalau dipaksa hadir, saya minta dibacakan surat saya di Pengadilan Tipikor," tegas Eggi.


Sumber : http://news.detik.com/read/2015/04/0...-di-pn-tipikor

Hahaha ... kena juga rupanya orang ini? ... emoticon-Big Grin
Gimana rasanya? ... Sedap-sedap ngeri apa ngeri-ngeri kali?

emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
temenin gw dong

emoticon-Sorry
tegakkan keadilan walaupun langit akan runtuh..


bisa nggak ya?
Quote:Original Posted By ark61ver2
tegakkan keadilan walaupun langit akan runtuh..


bisa nggak ya?


langit ga runtuh pun ga tegak2
KPK nya sedang mandul...bisa gak ya kira-kira putusan nya nnt jadi terdakwa.
Quote:Original Posted By bajai2001
KPK nya sedang mandul...bisa gak ya kira-kira putusan nya nnt jadi terdakwa.


kalo ga salah ane kalo dah masuk pengadilan itu sudah terdakwa gan.emoticon-Malu (S)

rahasia kegantengan bahtoegana? emoticon-Malu
Quote:Original Posted By pratama.putra


kalo ga salah ane kalo dah masuk pengadilan itu sudah terdakwa gan.emoticon-Malu (S)



Oo..gitu ya Gan,ane pikir statusnya masi jadi saksi atau tersangka..ini orang. secara mukanya muka licik gitu..
smoga mau menggigit semua anggota dpr yg terlibat emoticon-I Love Indonesia (S)
Lanjutkan!!