alexa-tracking

Gas Tabung Mahal, Pemerintah akan Bikin Jaringan Pipa ke Pemukiman

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55206bd8138b4647628b456b/gas-tabung-mahal-pemerintah-akan-bikin-jaringan-pipa-ke-pemukiman
Gas Tabung Mahal, Pemerintah akan Bikin Jaringan Pipa ke Pemukiman
Harga elpiji 12 kg kembali naik. Barang non subsidi yang disalurkan PT Pertamina itu memang harus mengikuti harga keekonomian.

Melihat harga elpiji 12 kg yang terus naik, Pemerintah mencari solusi jangka panjang. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, akan mendorong pemasangan jaringan pipa gas alam hingga ke perumahan dan apartemen.

Harga gas pipa dinilai relatif stabil dan jauh lebih murah daripada gas tabung yang saat ini dijual ke masyarakat.

"Ke depan nanti semua apartemen bertingkat dan semua rumah baru diwajibkan punya gas. Kalau ada gas rumah tangga, sangat murah karena langsung dari gas alam dan gas dari pipa," kata Sofyan usai rakor Biodiesel di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Sabtu (4/4/2015).

Pemerintah telah menyiapkan alokasi dana jangka panjang untuk pembangunan jaringan pipa gas hinga ke hunian.

"Pemerintah menyediakan dana untuk jaringan gas rumah tangga," ujarnya.

Menurut Sofyan, Pertamina tidak diam-diam menaikkan elpiji 12 kg. Sofyan menyebut Pertamina memiliki kuasa menyesuaikan harga karena elpiji 12 kg bukan barang subsidi.

"Tidak diam-diam. Selama ini 12 kg kan enggak disubsidi," ujarnya.

Pemerintah tidak menampik adanya disparitas harga antara elpiji 3 kg yang maish disubsidi dan 12 kg yang non subsidi. Potensi disparitas tersebut memang memicu praktik 'pengoplosan'. Untuk aktivitas tersebut, pemerintah akan menjatuhkan sanksi tegas.

"Law inforcement-nya yang diperlukan. Dulu kan terjadi yang meledak itu tabung 3 kg karena pengoplosan. Sekarang ditangkap dan hilang. Yang penting law enforcement," ujarnya.

http://finance.detik.com/read/2015/0...kiman?f9911023

Semoga harganya makin murah....












Quote:
Daerah ane udah ada gan, emang lebih praktis udah kaya pdam, ga perlu angkat2 tabung, atau ketar-ketir kalo gas lagi langka emoticon-Malu
belinya pake kartu gak bray emoticon-Malu










anu numpang lewat emoticon-Traveller
Yg di jawa n sumatera dah siap.. Pangkalan regasifikasinya dah ada.. Tinggal nambah pipa aja... Yg makan waktu cukup lama.. Kl bisa disubsidi tuh RT yg mo masang pipa cz invest awalnya lumyan mahal katanya kl pasang.. Ato dimasukkan beban bulanan aja deh biar g mahal2 pasang awalnya...
Quote:


emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) cepet amat baru diomongin udah kepasang aja dirumah ente gan, maha benar jokowi dengan kroni2nya emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Baru daerah tertentu biasanya kawasan perumahan, ane yg dikampung berdoa aja biar ga makin mahal, hukum ekonomi infrastruktur dikampung selalu belakangan emoticon-Cape d... (S)
Quote:

emoticon-Ngakak yakali baruuuuuuu....Ini udah dari taun 1999 gan....Pemerintah mah ngomong sekarang tau dah terealisasi kapan emoticon-Ngakak

Harusnya sih dr dulu2.
Quote:


Daerah mana gan kalo boleh tau? Ada kasus kebocoran ga? emoticon-Malu
daerah gw jg dah adaemoticon-Cool

lumayan 1 bln paling mahal cuma 40k
afaik, tarif pemakaian gas alam, melalui jaringan pipa PGN hanya dikenai tarif sepertiga dari ekuivalen tabung gas.. 3 atau 12 kg lpg.. emoticon-Ngacir

Mana PGN.. MANA!? Berikan kami gas dgn tarif terjangkau!

Kami membeli gas alam, kami gak beli tabung!!emoticon-Marah

*tabung melon.. gas 3 kg.. tabungnya sendiri 5 kg.. emoticon-Hammer2
Bukannya udah yak? Di Bekasi udah banyak yang pake kok.
Quote:


Kota cirebon, emang gak semua daerah sih....sejak awal pemasangan sampe sekarang kayaknya ga ada tuh gan, aman aja....secara kalo gas alam itu tegangannya lebih rendah daripada LPG
Quote:


daerah bandung sama purwakarta juga udah beberapa yang di pasang dari jaman dulu gan
kalau yang bandung ane liat udah dari jaman 1980'an soalnya nenek ane pake
kalau yang purwakarta ane liat dari tahun 2005-6 juga udah banyak pemasangan pipa
Quote:


Quote:


ane kira pas rejim kacrut ini mulai dibangunnya, hebat banget...yang ucrit2 aja pada ga beres apalagi ngurusin beginian emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Selamat gan, nggak ribet lagi

Quote:


Kartu apa lagi gan, udah kebanyakan kartu

Quote:


Oh, masyarakat yang nanggung biaya pemasangan pipa

Quote:


Ada beberapa daerah yang udah kepasang gan, sebelum jaman Jokowi juga udah ada

Quote:


Sabar gan

Quote:


emoticon-Ngakak (S) Betul gan, memang program ini udah ada dari dulu

Quote:


Betul gan, belum merata ya

Quote:


Bayar biaya pemasangannya, bayar berapa gan?

Quote:


Tabungnya mungkin ada yang rusak gan

Quote:


Betul gan, sebagian udah dipasang gas alam

Quote:


Selamat gan

Quote:


Wah, banyak yang udah kepasang
Quote:


kalo pipa2 gas alam gitu emang udah banyak yg dipasang gan, contohnya rumah sodara ane di klender JakTim.

Bayarnya bulanan dan lebih murah. Tapi sebelum masanya jokowi.
Amien, mudah2-an jadi kenyataan, jangan omong doang
harusnya dari dulu dipaksa semua perumahan wajib pake pipa gas, dulu gw ngontrak di perumahan kawasan bogor yang udah pake pipa gas, biaya bulanannya murah, gak repot gotong tabung gas, gak bingung keabisan gas
Quote:


g tau tuh emoticon-Bingung

dah dgabung sm harga rumah soale
×