alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551f9fcf118b46dc668b456d/warga-kote-mandikan-patung--dan-salib
Warga Kote Mandikan Patung dan Salib
POS KUPANG.COM, KEFAMENANU--Taniu Uisneno atau kegiatan memandikan patung-patung dan salib suci serta benda kudus lainnya yang berasal dari Portugis merupakan ritual pembersihan dan penyerahan diri kepada Sang Khalik sekaligus ungkapan rasa syukur atas nikmat dan berkat yang diperoleh dalam satu tahun perjalanan hidup.

Tradisi ini masih tetap dilakukan oleh umat Katolik di Kote, Kecamatan Noemuti- TTU pada saat Kamis Putih atau memasuki Tri Hari Suci menjelang Paskah untuk mengenang wafatnya Yesus Kristus.

Tradisi unik yang mungkin menjadi satu-satunya kegiatan keagamaan dan wisata rohani di NTT ini sudah berlangsung lama sejak abad ke-19 dan digelar secara turun temurun oleh warga setempat yang masih memiliki hubungan kekerabatan yang kental.

Untuk mendatangi Kote dan mengikuti secara langsung perayaan Taniu Uisneno, Kamis (2/4/2015) pagi, Kompas.com dan rekan bergerak dari Kefamenanu menggunakan kendaraan roda menuju Kote. Sebelum sampai ke Kote, pengendara kendaraan bermotor harus melewati jalan beraspal dan berlubang serta menyeberang Sungai Noemuti yang memiliki arus cukup deras.

Setelah susah payah menyeberang Sungai Noemuti, Kompas.com akhirnya sampai ke Kote dan bertemu dengan Apao Ume Ken Uf, Viktor Manbait. Di Kote, terdapat 29 Ume Mnasi Ume Uisneno atau rumah Tuhan tempat disimpannya benda-benda kudus, salah satunya adalah Ume Ken Uf.

Proses Taniu Uis Neno di Ume Mnasi atau memandikan benda-benda kudus di rumah Tuhan diawali dari pukul 07.00 Wita saat petugas membunyikan lonceng sebagai tanda persiapan acara dimulai. Selanjutnya, seluruh petugas berdiri di depan gereja, kemudian "omong" adat oleh para tokoh adat, dilanjutkan pemberkatan oleh pastor.

Selanjutnya, para petugas pengambil air lalu turun ke kali untuk mengambil air dan kembali ke gereja agar air itu diberkati oleh Pastor. Kemudian, mereka kembali ke Ume Mnasi untuk memandikan semua benda suci. Air dari hasil pembersihan patung-patung religi itu digunakan untuk membasuh wajah, badan, kaki dan tangan anggota Ume Mnasi sebagai lambang pembersihan diri dan membawa kedamaian.

"Cara membersihkan benda-benda suci itu dengan memakai air dan minyak serta alat yang digunakan untuk membersihkan yakni ampas dari tebu dan kapas. Kemudian sisa air yang digunakan untuk membersihkan benda suci dipakai untuk membasuh wajah, tangan dan kaki, tiap anggota suku," kata Viktor Manbait, Kamis siang.

Setelah prosesi Taniu Uisneno, dilanjutkan dengan kegiatan lainnya yakni pengumpulan persembahan hasil usaha berupa buah-buahan di Ume Mnasi oleh tiap anggota suku Ume Mnasi atau dalam bahasa setempat disebut "Bua Pa" dan pengumpulan buah-buahan ke Ume Mnasi lainnya yang memiliki ikatan kekerabatan (Bua Loet).

Setelah semua proses ritual Taniu Uisneno selesai, semua anggota suku mempersiapkan diri untuk mengikuti misa perayaan kamis putih di gereja setempat yang berlangsung pada malam hari. Penempatan benda kudus itu diikuti pula dengan sebuah tradisi penumbuhan iman melalui doa bergilir dari satu rumah adat ke rumah adat Ume Mnasi. Itulah yang disebut Kure. Sampai saat ini, tradisi Kure masih dipertahankan oleh anak cucu dari suku-suku yang ada di Kote.

Berdasarkan sejarah Kote, pada masa penjajahan, Kote adalah wilayah jajahan Belanda, sebelum akhirnya diduduki Portugal yang dibarterkan dengan Pulau Mautakar, salah satu daerah di Timor Leste sekarang.

http://kupang.tribunnews.com/2015/04...n-salib?page=2

kinclong lagi dong ... emoticon-Ngacir
WOII SEMPAK NYA SI TARZAN KUDU NYA YG D BERSIHKAN,G LIAT ITU UDH KUCEL PLUS DEKIL DAN DAKI NYA UDH BANYAK SEBANYAK DOSA UMAT NYAemoticon-Travelleremoticon-Takut
Quote:Original Posted By ras.glodok
WOII SEMPAK NYA SI TARZAN KUDU NYA YG D BERSIHKAN,G LIAT ITU UDH KUCEL PLUS DEKIL DAN DAKI NYA UDH BANYAK SEBANYAK DOSA UMAT NYAemoticon-Travelleremoticon-Takut


njiirrrrr,...udah ngelem berapa kaleng ente tong hari ini....?????
air bekas mandiin patung khasiatnya apaan ya emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By aibonholic
njiirrrrr,...udah ngelem berapa kaleng ente tong hari ini....?????

Blm ngelem ane,kl dh ngelem kan psti ane lgsung pke emak nt seperti yg sudah2 emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By ras.glodok

Blm ngelem ane,kl dh ngelem kan psti ane lgsung pke emak nt seperti yg sudah2 emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-2 Jempol


njirrr,emak ane udah 8 taun meninggal,trus yg elo pake siape...kambing dibedakin....emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By unwell
air bekas mandiin patung khasiatnya apaan ya emoticon-Bingung


Untuk menggantikan air kobokan
bakalan jadi medan perang lagi ini trit, nongkrong dulu ahhh emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By unwell
air bekas mandiin patung khasiatnya apaan ya emoticon-Bingung


Emang ada kasiat nya ya... emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By unwell
air bekas mandiin patung khasiatnya apaan ya emoticon-Bingung


khasiatnya yang sudah pasti : emoticon-Smilie
- dapat mengalir ke gorong gorong
- dapat diserap tanah
- kalau terpercik pakaian kita , pakaian jadi lembab

Quote:Original Posted By kalsiddon


khasiatnya yang sudah pasti : emoticon-Smilie
- dapat mengalir ke gorong gorong
- dapat diserap tanah
- kalau terpercik pakaian kita , pakaian jadi lembab



malesin banget alasannya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By aibonholic
njirrr,emak ane udah 8 taun meninggal,trus yg elo pake siape...kambing dibedakin....emoticon-Ngakak (S)

Bik babi trnyata lo amnesia akut yee?gw kan pk emak lo 9 thun yg laku..msa lo lupa bgt sih?kl gw g pk emak lo gmana lo bs makan? emoticon-Sorryemoticon-Traveller
Quote:Original Posted By ras.glodok

Bik babi trnyata lo amnesia akut yee?gw kan pk emak lo 9 thun yg laku..msa lo lupa bgt sih?kl gw g pk emak lo gmana lo bs makan? emoticon-Sorryemoticon-Traveller



halahhh tong,9 taun yg lalu mahh elo masi ingusan,masi doyan maen dicomberan pinggir jalan,sambil nungguin emak elo dipake supir truk titid kurapan nyari duit buat makan malem....emoticon-Ngakak (S)
Ga bisa mandi sendiri yach?? Huufff
air kobokan emoticon-Kiss

emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By aibonholic
halahhh tong,9 taun yg lalu mahh elo masi ingusan,masi doyan maen dicomberan pinggir jalan,sambil nungguin emak elo dipake supir truk titid kurapan nyari duit buat makan malem....emoticon-Ngakak (S)

lah nt bik udh mulai sadar,kn 9 thun lalu ane emang main sm enak nt smpe kluar ingus ane yg d bwah yg kyk mayonese itu,wah skur deh bik ingatan lo udh kmbali lgi emoticon-Ngakak,trkhr sblm emak lo d kbur udh lo cek gigi nya?soal nya ada bulu jembut gue yg nyelip di gigi nyaemoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Angel
kobokan?
selamat paskah buat yg merayakan emoticon-Kiss
para mafia iman udah ngumpul di pejwan emoticon-Big Grin tinggal nunggu waktu






...
emoticon-Traveller
Tradisi unik. emoticon-No Sara Please