alexa-tracking

Pemerintah Kembalikan Sistem Tender ke Pengumuman di Koran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551ea357902cfe8b408b456d/pemerintah-kembalikan-sistem-tender-ke-pengumuman-di-koran
Pemerintah Kembalikan Sistem Tender ke Pengumuman di Koran
Pemerintah Kembalikan Sistem Tender ke Pengumuman di Koran
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...muman.di.Koran

Pemerintahan Presiden Joko Widodo merevisi sistem pengadaan barang dan jasa yang selama ini berlaku pada masa Kabinet Indonesia Bersatu II. Pola pengadaan barang dan jasa diminta kembali pada pola yang dulu, yakni dengan melalui pengumuman di surat kabar selain melalui tender elektronik.

"Pemerintah minta kepada lembaga procurement supaya nanti kembali lagi ke pola yang dulu, yaitu di samping pengumuman lewat internet juga ada diumumkan di koran. semua procurement, semua pembelian, pengadaan dan tender harus diumumkan di koran, seperti yang berlaku pada KIB I," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil di Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Menurut dia, sistem pengadaan barang dan jasa melalui tender elektronik atau e-tender kurang efektif. Meskipun lebih transparan, kata Sofyan, sistem e-tender tidak banyak diketahui masyarakat. Sistem ini mulai dikembangkan pada masa Kabinet Indonesia Bersatu II.

"Ternyata sistem e-tender ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat, walaupun cukup transparan, tapi kita pun tidak tahu. Tapi dengan dimuat di koran, semua akan tahu apa yang dilakukan pemerintah. Seminggu, dua minggu, ini sudah jadi," kata Sofyan. [padahal semua orang bisa akses situs pelelangan elektronik emoticon-Ngakak (S) ]

Nantinya, lanjut Sofyan, proses tender akan kembali diumumkan melalui koran. Demikian juga dengan proses-proses selanjutnya. Pemerintah akan mewajibkan semua lembaga pemerintah/kementerian untuk bekerjasama dengan surat kabar dalam proses pengadaan barang maupun jasa.emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)

"Nanti diwajibkan saja. Selama ini kan mereka lewat internet, bahwa di lembaga pengadaan barang pemerintah kan selama ini kalau Pemerintah pengadaan untuk jalan, atau beli mobil tu kan sistem e-tender," ujar Sofyan.

Adapun sistem tender elektronik diberlakukan dengan harapan bisa mencegah tindak pidana korupsi terkait pengadaan barang dan jasa. Di samping itu, e-tender bisa menghemat pengeluaran negara.

Menurut pemberitaan Kompas, sejak 2008 hingga 2014, sistem e-tender menghemat anggaran hingga Rp 65 triliun, karena pengurangan biaya dalam proses kontrak tender hingga 15 persen.

Pemerintah Kembalikan Sistem Tender ke Pengumuman di Koran
Pemerintah Kembalikan Sistem Tender ke Pengumuman di Koran

ini pasti pesenan rupert murdoch emoticon-Ngakak (S)
supaya lebih hemat lagi
emoticon-Bata (S)
Jaman udah digital ini malah mau kembali ke zaman batu emoticon-Najis (S)
Quote:


gublok akut lu
Pemerintah GOBLOG planga plongo
pake spanduk, selembaran sekalian pak.. emoticon-Big Grin

setahun bisa nambah-nambahin anggaran 1 T dong?
lumayan buat nambah-nambahin nafas koran-koran..

Quote:


Ente emang pinter tongky
Benar2 hebat emoticon-Smilie
Revolusi mental bray emoticon-Recommended Seller
Buang2 duit lg emoticon-Recommended Seller

Quote:


Quote:

kayaknya para pengusaha koran juga mintak jatah sekarang

kalo diumumin di koran obor rakyat boleh gak ya ? emoticon-Ngakak (S)
Tau sendiri lah koran mana yg dulu plg bnyk pengumuman tender, kompas aja kalah bnyk.
Kenapa solusinya malah balik ke koran lagi?

Kenapa bukan sosialisasi soal e-tender yang dimaksimalkan?
coba taruhnya di kaskus.. kan banyak yang tahu...

ane udah berhenti baca koran.. ane cinta sama pohon emoticon-Hammer (S)











(padahal ga ada duit buat langganan)emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
Quote:


goblok dimananya tong?
jadi sekarang koran yg dape jatah emoticon-Cape d... (S)
bukan ny tambah mahal kalo balik d koran?
Kalo banyak yg belum tau, ya, sosialisasi lah scara berkala.
Kok alesan ny aneh.
Sistem e-procurement nya gimana kok balik lg ke koran, katanya mau buat e inilah e itulah.
brutus siap menampung uang nih emoticon-Kaskus Banget emoticon-Kaskus Banget
Salah jokowi lagi..emoticon-Kaskus Banget
Perlu ngundang ploglamel ga?
kok balik lagi ke koran ?????

katanya dulu tinggal panggil programmer 2 minggu jadi......

kembali di begoin sama jokodok