alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551e64fe108b46ae0e8b456d/rebutan-kereta-supercepat-jakarta-bandung-digarap-jepang-atau-tiongkok
[REBUTAN] Kereta Supercepat Jakarta-Bandung Digarap Jepang atau Tiongkok?
[REBUTAN] Kereta Supercepat Jakarta-Bandung Digarap Jepang atau Tiongkok?

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana pembangunan kereta supercepat Jakarta-Bandung jadi rebutan Jepang dan Tiongkok. Hal itu terbukti setelah pemerintah meneken kesepakatan bersama dengan Tiongkok saat kunjungan Presiden Jokowi, pekan lalu.
Menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, meski sudah ada komitmen, baik dari Jepang maupun Tiongkok, pemerintah masih menunggu hasil studi kajian proyek kereta supercepat tersebut.
"Masih kajian, belum ada perkembangan.
Prosesnya itu berjalan. Jadi, pada sisi yang sama, kita bisa mempertimbangkan kedua kajian, dari Jepang dan Tiongkok. Jepang hampir selesai (kajiannya)," ujar Franky di Kantor BKPM, Jakarta, Rabu (1/4/2015).
Mengenai komitmen kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok terkait kereta supercepat tersebut, Franky mengatakan bahwa itu merupakan kerja sama antara BUMN Tiongkok dan BUMN Indonesia.
"Yang penting negara merestui, kan BUMN harus di depan (dalam pembangunan) soal infrastruktur, listrik, pelabuhan, bandara, dan lain-lain," kata dia.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar Shinkansen, alias kereta supercepat seperti yang ada di Jepang, bisa beroperasi di Indonesia. Presiden pada hari terakhir kunjungannya ke Jepang bahkan sempat menaiki Shinkansen dari Stasiun Tokyo ke Nagoya, untuk berkunjung ke pabrik Toyota Machimoto, yang berjarak 353 km.Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan bahwa proyek kereta supercepat Jakarta-Bandung bisa diputuskan pada tahun ini jika studi yang dilakukan Tiongkok telah rampung.
"Apakah akan menggandeng China (Tiongkok) atau Jepang, tergantung studi ini," kata dia.

Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...Atau.Tiongkok.

Tambahan berita :

Jokowi Bangun Rel Kereta Rp 234 T Hingga Papua, Terbesar Sejak Era Belanda

Jakarta- Pemerintah era Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Perhubungan, mengelontorkan anggaransekitar Rp 234 triliun hingga 2019. Dana tersebut mayoritas dipakai membangun sarana dan prasarana transportasi massal berbasis rel, di luar Jawa.
Pemerintah akan menyambungkan pulau-pulau besar Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua dengan jaringan kereta.
"Kami sudah evaluasi untuk kebutuhan Ditjen Perkeretaapian selama 5 tahun ke depan kurang lebih Rp 234 triliun. Dana ini dipakai sebagian besar untukmembangun jalur kereta di luar Pulau jawa," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko, Senin (9/3/2015).
Pembangunan jaringan rel di luar Jawa, kata Hermanto, awalnya ditargetkan dilakukan hingga 2030. Namun atas permintaan Presiden Jokowi, maka Kemenhub mengubah master plan perkeretaapian. Proyek tersebut akan diselesaikan hingga 2019.
Pembangunan rel kereta di luar Jawa secara bisnis ada yang layak dan tidak, sehingga mayoritas pembangunan infrastruktur ini akan ditanggung oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dan sebagian ada pula yang dibiayai dari Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS).
"Proyek kereta di luar Jawa dimulai tahun2016," jelasnya.Pembangunan jaringan kereta baru nantinya membentang sepanjang 3.258 kilometer (km). Bila terealisasi, maka proyek ini merupakan yang terpanjang pasca era pemerintahan kolonial Belanda. Pasalnya mayoritas jaringan kereta yang ada saat ini, sekitar 985 KM, merupakan peninggalan jaringan kereta era penjajahan.
Berikut ini, pembangunan jaringan kereta di luar Jawa seperti dikutip detik Finance, dari Program Strategis Perkeretaapian 2015-2019.
Koridor Pulau Sumatera
Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sumatera
Jalur KA baru Bireun-Lhokseumawe-Langsa-Besitang
Jalur KA baru Rantauprapat-Duri-Dumai
Jalur KA baru Duri-Pekanbaru
Jalur KA baru Pekanbaru-Muaro
Jalur KA baru Pekabaru-Jambi-Palembang
Jalur KA baru Simpang-Tanjung Api-Api
Jalur ganda KA Prabumulih-Kertapati
Jalur ganda KA Baturaja-Martapura
Jalur ganda KA Muara Enim-LahatJalur ganda KA Cempaka -Tanjung Karang
Jalur ganda KA Sukamenanti-Tarahan
Jalur KA baru Rejosari/KM3-Bakauheni
Reaktivasi Jalur KA
Binjai-Besitang
Padang Panjang-Bukit Tinggi-Payakumbuh
Pariaman-Naras-Sungai Limau
Muaro Kalaban-Muaro
Pembangunan Kereta Api Perkotaan/Jalur Ganda/Elektrifikasi/Jalur Baru Akses ke Pusat Kegiatan
Perkotaan Medan (Jalur Ganda KA Medan-Araskabu-Kualanamu)
Perkotaan Padang (Padang-BIM dan Padang-Pariaman)
Perkotaan Batam (Batam Center-Bandara Hang Nadim)
Perkotaan Palembang (Monorel)
Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
Bandara Kualanamu, Medan (peningkatan kapasitas)
Bandara Internasional Minangkabau, Padang
Bandara Hang Nadim, Batam
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II
Pembangunan Kereta Api Akses Pelabuhan
Pelabuhan Lhokseumawe
Pelabuhan Belawan
Pelabuhan Kualatanjung
Pelabuhan Dumai
Pelabuhan Tanjung Api-Api
Pelabuhan Panjang
Pelabuhan Bakauheni

Koridor Pulau Kalimantan
Pembangunan KA Khusus/Batubara/Akses Pelabuhan (Skema KPS)
Muara Wahau-Muara Bengalon
Murung raya-Kutai Barat-Paser-Panajam
Paser Utara-BalikpapanPuruk Cahu-Mangkatib
Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Kalimantan
Jalur KA baru Tanjung-Paringin-Barabai-Rantau-Martapura-Banjarmasin
Jalur KA baru Balikpapan-Samarinda
Jalur KA baru Tanjung-Balikpapan
Jalur KA baru Banjarmasin-Palangkaraya
Jalur KA baru Palangkaraya -Sangau-Pontianak-Batas Negara
Jalur KA baru Samarinda-Sangata-Tanjung Redep-Batas Negara
Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
Bandara Syamsuddin Noor3.

Koridor Pulau Sulawesi
Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sulawesi
Jalur KA baru Manado-Bitung
Jalur KA baru Bitung-Gorontalo-Isimu
Jalur KA baru Pare Pare-Mamuju
Jalur KA baru Makassar-Pare Pare
Jalur KA baru Makassar-Sungguhminasa-Takalar-Bulukumba-Watampone
Jalur KA baru Mamuju-Palu-Isimu
Pembangunan Kereta Api Perkotaan
Perkotaan Makassar dan sekitarnya
Perkotaan Manado
Pembangunan Kereta Api Akses Bandara/Pelabuhan
Bandara Sultan Hasanuddin

Sumber : http://www.ptsmi.co.id/post/infrastructure-news/jokowi-bangun-rel-kereta-rp-234-t-hingga-papua-terbesar-sejak-era-belanda/

Kok jadi rebutan, ada apa enih emoticon-Bingung


Tempat komen pilihan :

Quote:Original Posted By killergodnana


Menurut ane sih gak butuh sama sekali , dipulau jawa aja jalurnya masih kurang apalagi diluar jawa yang bener-bener butuh jalur kereta api emoticon-Nohope


Quote:Original Posted By japek


Yang lebih dibutuhkan adalah jalur KA baru di luar Jawa untuk memperlancar logistik di sana.



Quote:Original Posted By gemamoch


kalo mau lebaran.. tiket pesawat abis, terus naik apa?

kenapa lebih banyak org yg naik kereta pas mudik drpd pesawat? padahal waktu tempuh lebih lama dr pesawat?

pas mau mudik kira2 lebih efektif mana, kereta lokomotif atau shinkansen?
lokomotif berapa kali bolak balik 1 hari? shinkansen berapa kali bolak balik 1 hari dg tujuan yg sama?
mana yg lebih banyak diangkut penumpangnya? lokomotif atau shinkansen? atau pesawat?

ibaratnya lebih baik mana naik kopaja lambat krn macet, atau naik trans jakarta lancar dg tujuan yg sama..

pikir pake otak, jgn pake pantat..


Quote:Original Posted By ademinkaskus
Kalok ane sih setuju aja kalo shinkansen Jakarta Bandung ini dibangun toh yg bikin ntar swasta asing
Cuma memang harus diwaspadai ujungnya ntar jangan2 malah minta Apbn juga emoticon-Ngakak:



Quote:Original Posted By mendadakaskus
Gua setuju kalau bikin kereta luar jawa buat logistik, visioner banget buat mempercepat perekonomian disana, di jawa juga butuh buat bawa barang, biar mengurangi populasi truk truk kontainer. Kalau kereta cepat ya digarap swasta aja udah cukup lah....


Quote:Original Posted By NeLLeolin
nah tinggal liat kajian siapa yg paling menarik

yg sumatera dah mulai d bangun, nambahin rel

kalimantan , rusia yg menang lelang, bentar lagi juga bakal d bangun. tinggal sulawesi, papua

kl papua jadi, tranportasi bakal lebih cepet


Quote:Original Posted By thepistolero
Dibangun nya shinkansen Jakarta - bandung oleh swasta sifatnya bisnis gan
Mereka mau ngebangun juga buat nyari untung ngelihat banyaknya wisatawan dari Jakarta ke bandung atau sebaliknya setiap week end nya

Kalau shinkansen ini jadi dan di Bandung juga monorail nya jadi maka bisa mengurangi kemacetan yang terjadi tiap weekend


Quote:Original Posted By gundam999
ide kereta-cepat JAKARTA-BANDUNG ini dari awal sudah SALAH,

pertama,investasinya tlalu mahal hanya utk menghubungkan Jkt-Bdg (jaraknya terlalu pendek) dgn medan berbukit (bayangkan brp bnyk jembatan dan terowongan yg hrs dbngun);

kedua,ide kereta-cepat JAKARTA ini gak sesuai sama masterplan kereta nasional, coba agan2 liat "peraturan menteri perhubungan nomor 43 tahun 2011 ttg Rencana induk perkeretaapian nasional", dsitu ditulis dan digambar jelas bahwa target pemerintah tahun 2030 itu tbangunnya kereta-cepat JAKARTA-SURABAYA (+/- 700 km) bahkan setelah 2030 jalur tsb diextend masing ketimur dan kebarat menjadi MERAK-BANYUWANGI;

ketiga, bdasarkan PM 43/2011 diatas,jelas ide kereta-cepat JAKARTA-BANDUNG bukan diinisiasi oleh departemen perhubungan selaku regulator transportasi (tmasuk bidang perkeretaapian), ini merupakan ide yg dipaksakan entah oleh siapa

Jepang sudah melakukan studi (kalo gksalah) dr thn 2012, dan skrng tiba2 ada MoU antara pemerintah RI(kementerian BUMN) dgn pemerintah CINA utk mmbngun kereta-cepat JAKARTA-BANDUNG.
sekarang " Proyek dipaksakan" tersebut jd rebutan jepang-cina. ironis!

bahkan statemen jonan yg mnyebutkan kereta-cepat JAKARTA-BANDUNG jgn smp mnggunakan APBN kyknya dianggap lalu aja tuh, krn MoU G2G besar kmungkinan bakalan mlibatkan APBN jg


Quote:Original Posted By p3r37


Memangnya Batu Bara yang diambil Dari Kalimantan didistribusikan kemana?
Yang lokal ya didistribusikan ke PLTU2 di seluruh Indonesia, sisanya diekspor ke China.
Nah masalahnya yang diekspor ke China itu Lebih banyak atau Lebih sedikit? Nah yang jadi masalah itu, banyak sekali penyelundupan Bahan mentah ke luar negeri, bukan gimana, tapi yang jadi masalah bukan Jawa yang menyedot Semua hasil tambang luar Jawa, malahan secara porsi banyakan asing menyedot hasil tambang Indonesia.

Lho populasi penduduk yang sedikit di penduduk di luar jawa memang selalu positif? Tidak.
Lihat di Papua, perekonomian jadi sulit terdistribusi Karena jumlah penduduknya yang sedikit=market sharenya sedikit.
Sekarang orang pikir mau buat pabrik semen di Papua, buat satu, apakah impas untuk penduduk yang hanya 3.5 Juta?
Apakah pembangunan pabrik di Papua Akan setara dengan pembangunan pabrik di Jawa?
Lalu lihat Australia yang punya penduduk sedikit tapi luas Nya besar, apakah pusat industri Ada di Semua bagian Australia??
Tidak. Pusat industry hanya ada di Australia Tenggara, daerah Sydney Melbourne sana.

Semua Ada hitung2annya juga.
Kalau memang kesalahan Karena pemerataan penduduk yang tidak merata saya setuju Hal itu,.

Tidak bisa dibandingkan dengan Singapore Dan Brunei juga, perhitungannya ya dihitung berdasarkan kepadatan penduduk, bukan dihitung Dari jumlah penduduk saja.
Mau bangun jalan ratusan kilometer di Papua buat distribusi logistik. Yang mau didistribusikan apa?
Hal2 kayak begitu juga harus dipikir

Manfaat NkRI Bagi luar Jawa?
Salah satunya ya market share, dengan banyaknya perkebunan Dan pertanian di luar jawa kalau punya distribusi yang memadai maka bisa dijual ke Jawa. Itu juga Akan menambah pendapatan daerah.

Sorry kalau ga berkenan hanya menanggapi


penting besok ngechorrrrrr emoticon-Big Grin










anu numpang lewat emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By redboto
penting besok ngechorrrrrr emoticon-Big Grin









anu numpang lewat emoticon-Traveller


silahkan gan emoticon-Cool
digarap oleh Tiongkok lah
katanya kemaren dibatalin, kok sekarang malah d lanjutin lagi?
ya mending jepang aja toh, terjamin quality nya. pengalaman pake barang-barang tiongkok
Quote:Original Posted By BrandNewBoy
katanya kemaren dibatalin, kok sekarang malah d lanjutin lagi?


Yg dibatalin yg gunakan APBN, yg enih dikerjakan konsorsium BUMN dan Investor China klo ga salah emoticon-Sorry
makin panas ni jepang - cina
Quote:Original Posted By ainzha
ya mending jepang aja toh, terjamin quality nya. pengalaman pake barang-barang tiongkok


Jepang sdh hibahkan 1 T utk study kelayakan, tp waktu itu rencananya pakai APBN, tp sekarang kan berubah rencana karena yg kerjakan nanti konsorsium BUMN, dan ga pakai APBN cmiiw emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By aghilfath


Yg dibatalin yg gunakan APBN, yg enih dikerjakan kondordium BUMN dan Investor China klo ga salah emoticon-Sorry


oh....i see i see ....
Tergantung siapa yang nyogoknya kuat.
DI GARAP PANASTAK AJA, TINGGAL PANASTAKNYA MAU APA NDAK ?
kalo ane mending jepang deh yg udah pernah bisnis sama org jepang sama cina pasti tau
MOGA JEPANG DEH...KLO CINAK?LIAT AJA TRANS JKT DEH,TRBAKAR MULU,MENTANG2 98 RAS NYA DI BAKAR TRUS MAU BLS DENDAM LWAT TRANSJKTemoticon-Ngakakemoticon-Ngacir2
d garap mamarika aj.. emoticon-Embarrassment
jepang kualitas terbukti.
pertanyaannya : APAKAH KEBUTUHAN KERETA CEPAT MEMANG SUDAH SEBEGITU PENTINGNYA KAH? emoticon-Nohope
kalau bisa investasi yang lain, kenapa harus kereta cepat?
gw malah berfikir, jangan2 "inves" kereta cepat tiongkok/jepang itu cuman akal2an mereka untuk mengalihkan kereta2 tua mereka biar ga jadi rongsokan di jepang sana emoticon-Cape d... (S)
Makin banyak yg ketabrak kerata nih klo sampai ada emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
pertanyaannya : APAKAH KEBUTUHAN KERETA CEPAT MEMANG SUDAH SEBEGITU PENTINGNYA KAH? emoticon-Nohope
kalau bisa investasi yang lain, kenapa harus kereta cepat?
gw malah berfikir, jangan2 "inves" kereta cepat tiongkok/jepang itu cuman akal2an mereka untuk mengalihkan kereta2 tua mereka biar ga jadi rongsokan di jepang sana emoticon-Cape d... (S)


Gitu ya om, tp klo swasta yg kerjakan atau ga pakai APBN gimana emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
pertanyaannya : APAKAH KEBUTUHAN KERETA CEPAT MEMANG SUDAH SEBEGITU PENTINGNYA KAH? emoticon-Nohope
kalau bisa investasi yang lain, kenapa harus kereta cepat?
gw malah berfikir, jangan2 "inves" kereta cepat tiongkok/jepang itu cuman akal2an mereka untuk mengalihkan kereta2 tua mereka biar ga jadi rongsokan di jepang sana emoticon-Cape d... (S)


Sama sekali Gak Butuh.

Proyek kereta cepat ini gak ada manfaatnya sama sekali, cuma buat mengejar gengsi.