alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551d4d5096bde681308b456c/faisal-basri-wapres-quotngomongquot-beda-presiden-quotngomongquot-beda
Faisal Basri: Wapres "Ngomong" Beda, Presiden "Ngomong" Beda
Faisal Basri: Wapres "Ngomong" Beda, Presiden "Ngomong" Beda

Faisal Basri: Wapres "Ngomong" Beda, Presiden "Ngomong" Beda

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat ekonomi politik dari Universitas Indonesia, Faisal Basri, berharap pemerintah bisa satu suara dalam menjelaskan kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kami berharap para menteri ini suaranya sama. Jangan satu menteri dan menteri lain ngomongnya lain. Saya baca dari media, Pak Sofyan Djalil ngomong beda, Menteri Keuangan ngomong beda, menteri lain ngomong beda," kata Faisal, Rabu (1/4/2015).

Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi (Migas) itu pun menyebutkan, perlu kepemimpinanyang kuat dari pemerintah (eksekutif) agar penyampaian pesan kepada masyarakat seragam.

"Ada Wapres ngomong beda, Presiden ngomong beda, jadi agak repot," kata dia.

Faisal lebih lanjut mengatakan, tidak benar bahwa pemerintah telah melepaskan mekanisme harga BBM pada pasar. Sebab, pemerintah masih campur tangan dalam pembentukan harga BBM.

Harga bahan bakar minyak dan gas bumi (migas) ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2009. Selanjutnya, menurut Perpres 191/2014 juncto Permen 39 tahun 2014, pemerintah mengatur harga tiga kategori atau jenis BBM.

Pertama, jenis BBM tertentu atau BBM yang masih disubsidi, yakni solar dengan subsidi tetap Rp 1.000 per liter, serta minyak tanah yang diberikan subsidi mengambang. Kedua, jenis BBM penugasan yang didistribusikan di luar Jawa, Madura, dan Bali (Jamali). Harga BBM penugasan menggunakan formula sesuai harga dasar ditambah ongkos distribusi di luar Jamali.

"Terlepas dari apakah ada kecenderungan bahwa di luar Jamali itu lebih mahal kalau dilepas, ya enggak juga. Harga di Balikpapan lebih murah dari Rengasdengklok karena di Balikpapan ada kilang, di Dumai ada kilang," lanjut dia.

Yang ketiga adalah jenis BBM umum, yang penentuan harganya diserahkan kepada perusahaan.

Faisal menambahkan, pemerintah tidak sepenuhnya melepas mekanisme harga kepada pasar. "Jadi tidak benar kalau dikatakan dilepaskan sepenuhnya ke pasar karena pemerintah menentukan margin 5-10 persen. Terlepas bahwa ketentuan ini menimbulkan komplikasi, intinya pemerintah akan hadir di pasar, tidak membiarkan begitu saja pada mekanisme pasar," kata Faisal.

ember

udah gak kompak emoticon-Malu (S)
.
jawaban ga kompak mah udah biasa di pmrnthn sekarang
.
apalagi waktu kartu sehat, beuh, dari dana csr, kepres, inpres, dll
.
satu ranjang beda impian emoticon-Betty (S)
Berbeda-beda tetapi tetap satu..
klo mnurut gue Perbedaan itu indah...
emoticon-Peace

emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By azfargilang
Berbeda-beda tetapi tetap satu..
klo mnurut gue Perbedaan itu indah...
emoticon-Peace

emoticon-I Love Indonesia

Wkwk.. Iya aja dah daripada bonges
Mas Faisal ntar kalo dikasih jabatan bakal ngomong beda gak yak? emoticon-Big Grin
jatah mas faisal kurang kah stelah jadi staf khusus mafia migas?
Rejim Kocar-Kacir...pada sibuk PENCITRAAN...mungkin dipikirnya rezim Jokoplo cuman bentar kali...emoticon-Ngakak (S)
#kode
Buat jokowi silakan bentuk tim apa lah itu,, apa aja,, pokoknya si fb nih biar mingkem dikasi honor lg emoticon-Angkat Beer
Mapia migas ya jangan lupa emoticon-Angkat Beer
2 2 nya mang kompak, kaga dah
mikir yg penting maju dulu mimpin abis itu ndiri2...
emoticon-Betty (S)
Naga naganya nih orang akan dicpot dari spesialis ketua tim pemberantas mapia emoticon-Big Grin

Entahlah mapia apa pula itu emoticon-Ngakak (S)

emoticon-Traveller
sesuai falsafah garuda...

berbeda-beda tapi tetap satu jua (bhinneka tunggal ika)..

biar beda ngomongnya yang penting artinya juga beda emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:Faisal Basri: Wapres "Ngomong" Beda, Presiden "Ngomong" Beda

Itu fakta! Sudah.

Sal sal, gimana kabarnya mahpia migas? Udah ketemu lum sal? Apa kentut? Ada bau nya gak ada wujudnya,..
Berarti pemerintah udah ada cuan 5% sampai 10%. emoticon-fuck2
Kalo ntu presiden jawabannya bukan beda bray..
tp out of topic.. emoticon-Big Grin
Orde galaw tingkat akut itu sudah emoticon-Embarrassment
Kasian pak Faisal berjuang sendirian.. emoticon-Sorry:
Tambah bingung ae
Yang 1 bilang begini:

Quote: Faisal Basri: Wapres "Ngomong" Beda, Presiden "Ngomong" Beda


Yang 1 bilang begitu:
Quote:Original Posted By azfargilang
Berbeda-beda tetapi tetap satu..
klo mnurut gue Perbedaan itu indah...
emoticon-Peace

emoticon-I Love Indonesia


QUOTE terngakak hari ini... emoticon-Salaman

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
×