alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551ce8df62088194348b456d/mahasiswa-gelar-unjuk-rasa-tolak-pabrik-semen
Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa Tolak Pabrik Semen
Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa Tolak Pabrik Semen

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah mahasiswa menggelar orasi di depan Gedung Agung Yogyakarta Kamis (2/4/2015) siang. Aksi ini mereka lakukan untuk menolak pendirian pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah.
Dalam aksi yang diikuti belasan mahasiswa yang menamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Peduli Rembang (AMPERA) tersebut para mahasiswa tersebut membawa berbagai macam poster yang berisi kecaman untuk pabrik semen di Rembang.
Mardan, Humas aksi mengatakan aksi hari ini digelar bertepatan dengan diadakannya sidang lanjutan tentang izin lingkungan PT Semen Indonesia di PTUN Semarang. Selain di Yogyakarta massa Forum Mahasiswa Ketakyatan juga melakukan aksi di serentak di beberapa kota lain seperti Jakarta, Semarang, Makassar dan lainnya.
"Kita ingin memberikan pressure dan mengawasi agar tidak ada intervensi terhadap kasus ini di pengadilan," ujarnya.
Aksi berjalan damai dengan dikawal pihak kepolisian. Arus lalu lintas tidak terganggu dan terpantau ramai lancar.

sumber
======

#RembangMelawan ! emoticon-Recommended Seller
hari ini putusan PTUN semarang, mohon doanya emoticon-I Love Indonesia:

Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa Tolak Pabrik Semen
Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa Tolak Pabrik Semen

Quote:Original Posted By cicitnyabudjem


Hhhmmmm kalo sawahnya dibeli dengan harga pantas kenapa ga mas???adanya pabrik besar apalagi sekelas semen itu meningkatkan pertumbuhan ekonomi lho emoticon-Smilie efek dominonya pasti bakal terasa


dan kalo sawah hilang engga punya efek domino? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By 13460
kalo direkrut jd karyawan pasti batal demo emoticon-Shakehand2


tonton dokumenternya dulu gih
Dokumenter Perjuangan Samin Melawan Industri Semen

itu komen standar utk orang2 yang terbiasa jadi karyawan/ kerja sama orang lain,
lain halnya sama petani2 rembang ini, mereka hidupnya udah self sufficient,
tonton dulu deh dokumenternya, cuma setengah jam emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By lulu5625


Sawahnya suruh beli dgn harga pantas, kan bisa untuk beli lagi yg lebih luas, anak/cucunya dijadikan karyawan pabrik semen.


yakin gan? emoticon-Big Grin
yang ada uang ganti ruginya dibeliin motor / mobil pikap

tonton dulu dokumenternya -> http://kask.us/hXpSJ

begini, tanah sawah akan selalu ada dan bisa diwariskan ke anak cucu mereka, dan akan terus menghasilkan buat anak cucunya
sementara kalo duit? ya bakal habis terpakai toh?
makanya orang2 kita lebih suka invest di tanah toh?

atau lo ada usulan duit ganti rugi yang gak seberapa itu mau dipake buat apa?


Quote:Original Posted By cicitnyabudjem


Halah paling sawahnya ilang seberapa ga sebanding dengan efek perkembangan ekonomi kalo ada pabrik disana..dulu daerah cikarang jababeka ya sawah semua sekarang begitu ganti jadi daerah industri jadi maju emoticon-Big Grin

Kota2 yang maju itu daerah industri bukan daerah pertanian tapi kalo mau tetep jalan di tempat ya ga masalah juga buat gw emoticon-Big Grin

Lagipula sawahnya diganti rugi kan sesuai harga??apanya yg salah??

Ada gula ada semut,pabrik semen ibarat gulaaa puallliingg manis


900 hektar
itu kira2 2x luas ancol
gak sebanding?

ganti rugi 24rb / m2 sesuai?

Quote:Original Posted By RSC


Bener gan.. ane setuju itu nomer 3...
tapi kan itu biayanya mahal??
investor ada yang mau gak?
trus faktor SDM juga kok ndak dipikirin.. kan di jawa yang banyak SDM juga..


justru harus mulai ada inisiasi biar engga mahal terus2an,
idealnya gedung pusat2 industri itu ya ditempatkan dekat sumber industrinya, dan semua tenaga kerja pindah ke situ
otomatis daerah itu ikut terbangun, karena tenaga kerja pasti butuh rumah, makan ,hiburan dll
nah itu baru domino effect yang baik
karena lahan2 di papua itu sekarang banyak yang non produktif
daripada ubah lahan di jawa yang masih produktif utk hal lain

ah, freeport aja mau kok invest di sana , sampe betah gak mau diusir emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By cicitnyabudjem


infrastuktur papua blm cukup optimal buat,jadi pasti cost bakal gede wajarlah kalo rembang yg diincer sama semen indonesia,konsumen ya bukan semarang tok lah,jogja lagi giat membangun,jakarta dan kota2 besar lain juga pasti pasar yg optimal...


Nah terus sampeyan ga mau rembang maju??puas rembang cuma jadi daerah pertanian??

Sekarang gw tanya ganti rugi semen indonesia sesuai harga pasaran sana ga??
Satu lagi kalo itu pabrik jadi dibangun jelas nyerap sdm sana lho,kalo perlu pemda sana bikin mou,minta putra daerah rembang diikutsertakan jadi karyawan disana ( sesuai kemampuan ya )

Intinya ada industri semen disuatu tempat banyak untungnya dibanding ruginya


siapa bilang rembang gak maju? emoticon-Bingung (S)
justru pertanian itu penyumbang tertinggi perekonomian rembang

Quote:Original Posted By cicitnyabudjem


Bakal jauhhh lebih maju kalo berubah jadi daerah indutri kaleeee emoticon-Big Grin mungkin standar maju sampeyan beda sama saya emoticon-Big Grin

Contoh gampang : bisa bayangin kudus tanpa djarum,sama kediri tanpa GG

Gw yakin di kudus dan kediri sawah ya banyak,petani ya banyak,tapi yg jadi urat ekonomi industri rokok kan??


oh kalo standar lo gitu, mending kita tanam ganja aja di rembang
jelas bakal lebih jauuuuuh maju nanti rembang
trus nanti kita jadikan ganja sebagai makanan pokok nasional
gimana? emoticon-Big Grin




poin gw adalah : potensi tiap daerah beda2, gak bisa lo sama paksakan
bahwa yang berhasil di daerah cikarang belum pasti berhasil di rembang

Quote:Original Posted By cicitnyabudjem


Lah kenapa jadi tanem ganja,apa hubungannya?? emoticon-Hammer (S)

Ya udah berarti rembang memilih ga mengambil resiko untuk maju,case closed,,yooo selamat bertani aja kalo gitu emoticon-Big Grin


karena tanam ganja lebih menguntungkan daripada bikin pabrik apa pun

ok, selamat makan semen aja kalo gitu emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By 1ndraw1
Pelik juga nih
Ada jalan tengah ga ya?
Kalo dipikir2 kenapa ga bangun luar jawa aja ya?
Ane doain Smoga Allah memberikan jalan keluar terbaik untuk semua fihak


Quote:Original Posted By o3kluk
pulau jawa adalah penghasil beras no 1 di indo, walaupun sekarang sudah berkurang jauh. kalau pulau sawah di pulau jawa ilang, yg bakal rugi penduduk yg tinggal di jawa dan bs jg berimbas ke luar pulau jawa.
selain itu kenpa tidak invest di pulau kalimantan misalnya, secara itu adalah pemerataan pembangunan.


kabar gembira :

Pabrik Semen Pertama Dibuka di Papua

Quote:Original Posted By casionet
sebelumnya kampus ane juga didemo gan, gara2 ada dosen yg jadi saksi ahli mengatakan kalo karst di rembang yang akan ditambang bukan kawasan perlindungan air. jadi memungkinkan untuk ditambang.

kasihan gan, beliau dituduh melakukan pelacuran akademik.
padahal dosen ane hanya menjelaskan tentang karakteristik karst rembang (beliau doktor karst pertama di Indonesia). beliau kurang cermat dalam memenuhi permintaan sbg saksi ahli, sehingga terseret dalam konflik antara pihak pabrik semen dan masyarakat.


sayang sekali, dosen sampeyan mungkin belum baca ini
http://sains.kompas.com/read/2014/10...Fungsi.Lindung
dikasih lapangan pekerjaan nolak. ya udah selamanya aja deh miskin. emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By lalila
dikasih lapangan pekerjaan nolak. ya udah selamanya aja deh miskin. emoticon-Cape d... (S)


sotoy emoticon-Big Grin

mereka udah punya pekerjaan, petani

kalo biarkan sawah terus-terusan digusur jadi pabrik, lo mau selamanya indonesia impor beras? emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By comANDRE


sotoy emoticon-Big Grin

mereka udah punya pekerjaan, petani

kalo biarkan sawah terus-terusan digusur jadi pabrik, lo mau selamanya indonesia impor beras? emoticon-Cape d... (S)


kalo semua industri ngumpul di jakarta, banyak yang mewek2 daerah gak dibagi. emoticon-Cape d... (S)

sekarang dikasih kesempatan buat pabrik untuk lapangan kerjaan balik lagi mewek2. emoticon-Cape d... (S)

maunya apa sih?
Quote:Original Posted By comANDRE


sotoy emoticon-Big Grin

mereka udah punya pekerjaan, petani

kalo biarkan sawah terus-terusan digusur jadi pabrik, lo mau selamanya indonesia impor beras? emoticon-Cape d... (S)

bikin aja sawah di luar jawa gan... banyak tuh transmigrasi yang sukses...
Pemanasan 20 mei emoticon-Recommended Seller
semen bukannya cairan yg keluar dari anu?
Quote:Original Posted By lalila


kalo semua industri ngumpul di jakarta, banyak yang mewek2 daerah gak dibagi. emoticon-Cape d... (S)

sekarang dikasih kesempatan buat pabrik untuk lapangan kerjaan balik lagi mewek2. emoticon-Cape d... (S)

maunya apa sih?


lo mau rumah lo digusur buat pabrik semen?
gw kasih kesempatan nih emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By hawk
semen bukannya cairan yg keluar dari anu?


emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By RSC

bikin aja sawah di luar jawa gan... banyak tuh transmigrasi yang sukses...


kenapa engga bikin pabriknya aja di luar jawa?
lo tau harga semen di papua berapa? hampir sejuta / sak!
Quote:Original Posted By comANDRE


lo mau rumah lo digusur buat pabrik semen?
gw kasih kesempatan nih emoticon-Smilie


kalo tempat ane bisa digusur buat pabrik semen silahkan gan, asal ganti rugi sesuai harga pasar. emoticon-Big Grin
kasihan petani nya ,,emoticon-Berduka (S)

limbah semen bakalan mancemar lingkungan
kalo direkrut jd karyawan pasti batal demo emoticon-Shakehand2
aku salah baca atau gimana nih? lokasi pabrik di rembang jateng, tp demonya di jogja, piye iki
Quote:Original Posted By comANDRE


sotoy emoticon-Big Grin

mereka udah punya pekerjaan, petani

kalo biarkan sawah terus-terusan digusur jadi pabrik, lo mau selamanya indonesia impor beras? emoticon-Cape d... (S)


Hhhmmmm kalo sawahnya dibeli dengan harga pantas kenapa ga mas???adanya pabrik besar apalagi sekelas semen itu meningkatkan pertumbuhan ekonomi lho emoticon-Smilie efek dominonya pasti bakal terasa
Mahasiswa bego...harusnya seneng ada pabrik besar di daerahnya. Yang harus diperjuangkan adalah pekerja2 pabrik harus penduduk di sekitar pabrik yg di utamakan. Diajak maju kok sulit banget. Mbokde mbokde dari pada demo lebih baik demo mengajukan syarat anak anakmu dimasuk jadi pekerja di pabrik semen.
Quote:Original Posted By lalila


kalo tempat ane bisa digusur buat pabrik semen silahkan gan, asal ganti rugi sesuai harga pasar. emoticon-Big Grin


oh, tempat lo tempat tinggal doang sih ya..
lo digusur masih bisa beli rumah lain/ ngontrak, dan tetep kerja seperti biasa

kasus rembang ini, tempat mereka tinggal dan kerja sehari2 yang digusur.


oh dan lo tau berapa ganti rugi yang diberikan pabrik semen utk rembang?
cuma 15rb-24rb/ m2 !



gw tanya sekali lagi, lo mau rumah lo digusur dan diganti segitu? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By comANDRE


kenapa engga bikin pabriknya aja di luar jawa?
lo tau harga semen di papua berapa? hampir sejuta / sak!


Dan lw tau ga syarat apa kalo mau bangun pabrik???

1.Dekat bahan baku
2.Dekat konsumen
3.Transpot mudah

Nahhh,udah ngerti maksud gw??