alexa-tracking

Pengamat: Berbahaya, TNI Aktif Menjabat di Lembaga Kepresidenan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551cd0c0a09a393f6e8b4572/pengamat-berbahaya-tni-aktif-menjabat-di-lembaga-kepresidenan
Pengamat: Berbahaya, TNI Aktif Menjabat di Lembaga Kepresidenan
Pengamat: Berbahaya, TNI Aktif Menjabat di Lembaga Kepresidenan

"Untuk hindari kecurigaan publik dia harus melepaskan status dia di TNI sehingga dia bisa berperan lebih leluasa sebagai politisi yang mendukung presiden,"

Jakarta, Aktual.co — Anggota militer aktif yang berperan sebagai politisi akan membahayakan institusi kemiliteran.

Oleh karena itu, anggota TNI yang masih aktif dan mengisi jabatan tertentu di lembaga kepresidenan diimbau untuk mengundurkan diri dari keanggotaan TNI.

"Untuk hindari kecurigaan publik dia harus melepaskan status dia di TNI sehingga dia bisa berperan lebih leluasa sebagai politisi yang mendukung presiden," kata pengamat politik Budi Setiono, Rabu (1/4).

Menurut Budi, akan ada campur aduk kepentingan jika anggota militer aktif kemudian menjabat di lembaga kepresidenan.

"Kalau di sisi 'west wing' kemudian di sisi lain masih dalam struktural TNI, saya kira akan ada campur aduk kedudukan politik dengan birokrasi," katanya.

Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin menyebut penempatan Mayjen TNI Andogo Wiradi sebagai Deputi V Bidang Analisis Data dan Informasi Strategis Kantor Staf Kepresidenan, dapat dianggap sebagai pelanggaran terhadap UU TNI No 34/2004. Pasalnya, dalam regulasi tersebut ditegaskan bahwa prajurit aktif dilarang mengisi posisi jabatan sipil.

Berdasarkan pasal 47 ayat 2, dijelaskan: prajurit aktif dapat menduduki kantor yang membidangi koordinator bidang politik dan keamanan (polhukam), pertahanan negara (Kemenhan), sekretaris militer (termasuk ajudan), intelijen negara (termasuk BIN dan BNPT), sandi negara, Lemhanas, Wantanas, SAR Nasional , BNN dan MA.

"Jadi, hanya ada 10 lembaga yang dapat dijabat oleh prajurit aktif, sehingga Keppres penempatan perwira aktif di staf kepresidenan yang dikeluarkan presiden Jokowi telah melanggar Undang Undang," kata TB Hasanuddin.

sumber
Heran gw, indonesia kok banyak banget pengamat...
Hmm... Baru tau.
Quote:Original Posted By bujursangkar
Heran gw, indonesia kok banyak banget pengamat...


Penganat tergantung musim .kalo rame teroris ya jadi penganat teroris .wkwkkw
Quote:Original Posted By bujursangkar
Heran gw, indonesia kok banyak banget pengamat...


jangan lihat siapa yg ngomong...lihat apa yg diomongin bener kagak kl anggota tni aktif dilarang menduduki jabatan sipil kecuali lembaga yg sdh dijelaskan?
kl ky gini ga usah pake kepres...aktifkan lagi aja dwi fungsi tni sekalian...biar bebas tuh anggota tni aktif menempati lembaga2 pemerintahan sipil..
kl nanti ada pengamat protes karungin aja..., niru orba kok setengah2..emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bujursangkar
Heran gw, indonesia kok banyak banget pengamat...


Iya Mbah mustinya kan yang namanya MAMAT aja yang jadi Pengamat, silahkan di MAMATI wualah kuk jadi Horor.....si MAMAT aja gak merhatin AMATemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By TrueBluez


Penganat tergantung musim .kalo rame teroris ya jadi penganat teroris .wkwkkw


Kalau lagi musim Duren gimana gans,Mabok Duren,skarang keagnya lagi Musim Kodok gansemoticon-Ngakak

============================================

Si TBH ini bukannya yang dulu juga nolak Leopret TNI...emoticon-Cape d... (S)
TBH mah bukan pengamat kaliii
dia kan tim suksesnya Jokowi dulu
Panastak VS panastak,

ane nyediain batu aja dah, abis itu nongkrong di pojokan, liatin mereka berantem
Quote:Original Posted By bujursangkar
Heran gw, indonesia kok banyak banget pengamat...


menurut agan, apa yang diomongin pengamat itu substansinya tepat atau tidak? emoticon-Big Grin
berbahaya mulu kebijakan ente jok.. emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By reyvan3
Panastak VS panastak,

ane nyediain batu aja dah, abis itu nongkrong di pojokan, liatin mereka berantem


ga akan berantem gan paling anteng ngebikin jadi batu cincin
Quote:Original Posted By super.semar.66


menurut agan, apa yang diomongin pengamat itu substansinya tepat atau tidak? emoticon-Big Grin


Nga gw baca pun.. Makanya negara nga bisa maju, kebanyakan pengamat daripada pelaku itu sendiri
enak ya jadi pengamat...emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By bujursangkar


Nga gw baca pun.. Makanya negara nga bisa maju, kebanyakan pengamat daripada pelaku itu sendiri


siapa pun bisa jadi pengamat. komen agan yang pertamax pun bisa dianggap sebagi pengamat. pengamat yang mengamati pengamat emoticon-Big Grin

gak apa jadi pengamat, asal pas aja sebisa mungkin memberi solusi. yang ahli ekonomi jadi pengamat ekonomi. asal jangan pengamat ekonomi ngomonin hankam emoticon-Big Grin
melanggar undang-undang emoticon-Berduka (S)
kebijakan orba kok nanggung..emoticon-Big Grin

sekalian aja balikin lagi dwifungsi abri emoticon-Big Grin
dah ngajak2 tni segla.... cumma tni yg netral skarang ini..kepercayaan rakyat. jgn dipolitisir
Otak nya kan LB Panjaitan
TNI aktif nggak boleh jadi staff kepresidenan ??

emoticon-Bingung gagal paham ane, bray emoticon-Bingung (S)
Gembok !!