alexa-tracking

Sejumlah Kota di Kalimantan Diproyeksi Gantikan Jakarta Jadi Ibukota

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551cd096a2c06ef3378b456b/sejumlah-kota-di-kalimantan-diproyeksi-gantikan-jakarta-jadi-ibukota
Poll: Kota apa yang akan menjadi ibukota baru NKRI
Jonggol (WAK WAW!) 16.00% (4 votes)
Pangkalan Bun 4.00% (1 votes)
Palangkaraya 40.00% (10 votes)
Bandung 0% (0 votes)
Depok 4.00% (1 votes)
Rumah Polonia 8.00% (2 votes)
Solo 4.00% (1 votes)
Tidak jadi dipindahkan karena Presiden kita tukang ngibul 24.00% (6 votes)
Sejumlah Kota di Kalimantan Diproyeksi Gantikan Jakarta Jadi Ibukota
Sejumlah Kota di Kalimantan Diproyeksi Gantikan Jakarta Jadi Ibukota

Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah mengkaji beberapa kota di Kalimantan yang berpotensi menggantikan DKI Jakarta sebagai ibukota.

Kota-kota tersebut adalah, Pangkalan Bun (Kalimantan Tengah), Sampit (Kalimantan Tengah), Kuala Kapuas (Kalimantan Tengah), Kotabaru (Kalimantan Selatan), Batulicin (Kalimantan Selatan), Penajam (Kalimantan Timur), dan Kayong (Kalimantan Barat).

Menurut Andrinof, rata-rata kabupaten kota di Kalimantan bisa menjadi ibukota yang baru, karena dekat dengan Pulau Jawa. Pertumbuhan di Pulau Jawa, juga bisa diikuti Kalimantan.
"Tidak terlalu jauh dari Jawa, tidak kehilangan momentum, tetap pakai teori aglomerasi yang dekat langsung," ungkap Andrinof.

Andrinof memaparkan bahwa kabupaten di Pulau Jawa sudah sangat sulit dijadikan ibukota menggantikan Jakarta. Alasan utamanya karena sudah banyak daerah industri yang berkembang dengan kepadatan penduduk, membuat lahan untuk pemerintahan dan lembaga habis.

"Misalnya DKI Jakarta diperluas Jabodetabek ke arah Jonggol dan Karawang, habis sudah lahan," jelas Andrinof.

Andrinof menyebutkan beberapa syarat kabupaten kota bisa menjadi ibukota, yakni memiliki lahan kosong 300 km persegi dengan fasilitas taman dan rumah susun. Dengan begitu, pemerintah pusat dengan mudah pindah bekerja dan tinggal di kabupaten tersebut.

"Kalau jadi direncanakan bisa menampung 5 sampai 10 juta penduduk sampai 50 tahun ke depan," kata Andrinof.

Sumur: Tribun
sundul
Baguslah. Seperti cita2 Bung Karno dulu

Kalo ga salah kota Palangkaraya itu dibangun setelah Indonesia merdeka dari asalnya cuma hutan dan diproyeksikan menjadi Ibukota negara nantinya oleh BK

Posisinya sangat tepat berada di tengah2 Indonesia. Aman dari gempa, tsunami dll

Trus katanya landmark2 Palangkaraya jg terilhami ibu kota LN

CMIIW
palangkaraya oke tuh.. emoticon-Big Grin
Ibukota negara pindah, gw njilat kaki jokowi emoticon-shakehand:
setuju... pindah aja Ibukota...
jakarta udah parah Macet, Banjir padat penduduk.. emoticon-Peace
Quote:Original Posted By novi77
Ibukota negara pindah, gw njilat kaki jokowi emoticon-shakehand:


wah, gak baik gan nazar gitu.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By super.semar.66


wah, gak baik gan nazar gitu.. emoticon-Big Grin


Ow kirain ngekuot buat barbuk emoticon-Ngakak

Ga yakin ya bakalan pindah? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By novi77


Ow kirain ngekuot buat barbuk emoticon-Ngakak

Ga yakin ya bakalan pindah? emoticon-Ngakak


peluang pindah sih masih kecil dan butuh waktu yang ane pikir lama. tapi gak patut juga sih gan ampe nazar gitu. banyak bocah di BP. ntar pada niru lagi emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By novi77
Ibukota negara pindah, gw njilat kaki jokowi emoticon-shakehand:


emoticon-Belo
Quote:Original Posted By wong.edan.utd10


emoticon-Belo


Makasih udah dikuot emoticon-shakehand
hrates ialonKok yg masuk malah Kayong ya untuk Kalbar? emoticon-Bingung (S)
Tapi eman iya sih kalau menggantikan gelar ibu kota tidak semudah mengupil emoticon-Hammer (S)
iya.. pindahin aja ke palangkaraya..
sumpek liat jakarta beserta hok dan lulungnya.. emoticon-Big Grin
bagaimana kalo Balikpapan aja gan? dah metropolitan, budaya multikultural, & pendidikan masyarakat dah maju
Depok bray emoticon-Recommended Seller

selain aman dari begal jalanan ga ada yg lubang,, ngga banjir

dan lagi punya walikota yg sangat bagus

emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By novi77
Ibukota negara pindah, gw njilat kaki jokowi emoticon-shakehand:


wow emoticon-Matabelo

jgn sampe yg mau di tusbol banci bray nanti emoticon-Belo

TS Berbicara

Quote:Original Posted By krupuk.alot
Depok bray emoticon-Recommended Seller

selain aman dari begal jalanan ga ada yg lubang,, ngga banjir

dan lagi punya walikota yg sangat bagus

emoticon-Recommended Seller


Bagaimana jika seandainya ibukota kita dipindah di Jonggol... Home of Sony Wakwaw.

Disana pak Joko akan menggelar konser akbar Trio Ubur-ubur dan Trio Ubur-ubur dan Wakwaw menjadi penghibur pak Joko
wah, kalau jadi palangkaraya, ane cabcus dan beli tanah disanaa.. ngenngggg ..emoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By kyeesoer


Bagaimana jika seandainya ibukota kita dipindah di Jonggol... Home of Sony Wakwaw.

Disana pak Joko akan menggelar konser akbar Trio Ubur-ubur dan Trio Ubur-ubur dan Wakwaw menjadi penghibur pak Joko


jonggol serem gan emoticon-Takut

mending depok lah emoticon-shakehand:

Quote:Original Posted By krupuk.alot
Depok bray emoticon-Recommended Seller

selain aman dari begal jalanan ga ada yg lubang,, ngga banjir

dan lagi punya walikota yg sangat bagus

emoticon-Recommended Seller


ah janganlah bray, itu walikotanya sensitif dan tukang drama, disindir dikit langsung mewek dan sok2 an ga mau terima hibah dari DKI. udah gitu skillnya cuman jago makan pake tangan kanan.