alexa-tracking

Ahok, "Unit Sapi Betawi" dan Ketakutan Jaya Suprana Atas Kerusuhan Rasial

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551cc9d350741083418b4569/ahok-quotunit-sapi-betawiquot-dan-ketakutan-jaya-suprana-atas-kerusuhan-rasial
Ahok, "Unit Sapi Betawi" dan Ketakutan Jaya Suprana Atas Kerusuhan Rasial
Quote:Ahok, "Unit Sapi Betawi" dan Ketakutan Jaya Suprana Atas Kerusuhan Rasial

Islamedia - Melalui koran Sinar Harapan, Jaya Suprana (Phoa Kok Tjiang) yang merupakan pendiri dan ketua Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menuliskan sebuah surat terbuka yang ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Zhong Wanxue) alias Ahok. Surat yang dimuat pada Rabu, 25 Maret 2015 itu awalnya menceritakan kekaguman seorang Jaya Suprana terhadap sepak terjang Ahok yang melawan korupsi. Namun selanjutnya ia mengungkapkan kegetirannya terhadap masalah rasial di Indonesia.

Jaya Suprana mengingatkan Ahok atas kerusuhan-kerusuhan yang berlatar belakang SARA khususnya yang mengintimidasi keturunan Cina atau Tionghoa. Dari peristiwa G-30-S PKI, kerusuhan rasial tahun 80an di Semarang, dan terakhir kerusuhan besar tahun 98 di nusantara. Jaya Suprana adalah seorang keturunan Tionghoa, sama seperti Ahok.

Jaya Suprana mewanti-wanti Ahok atas sikap dan kata-katanya yang membuat orang membencinya. Ahok sebagai seorang pejabat publik dari warga minoritas Tionghoa sering dijadikan representasi atas etnisnya. Salah kaprah memang. Tapi generalisasi itu nyata ada pada sebagian masyarakat dan mengkhawatirkan. Melalui surat itu Jaya Suprana meminta Ahok agar menjaga kata-kata dan tingkah lakunya demi keamanan warga keturunan.

Apa yang diperingatkan oleh Jaya Suprana ini harusnya dicamkan benar oleh Ahok. Sayangnya Ahok seperti bebal dan masa bodoh atas nasehat orang. Ia terus memperlihatkan sikap yang tidak disukai khalayak, bahkan kata-katanya menyerempet SARA yang menyinggung etnis tertentu.

Saat berkunjung ke PT Karya Anugrah Rumpin di Kecamatan Rumpin Bogor 27 Maret 2015 lalu, Ahok memberi nama seekor anak sapi yang lahir dengan "USB" yang ia jelaskan kepanjangannya adalah "Unit Sapi Betawi."

Sontak saja Ahok didemo oleh warga betawi. Pada senin 30 Maret 2015 kantornya di Balai Kota Jakarta didemo oleh masyarakat yang menamakan diri Masyarakat Anti Rasis (MARS). Mereka memprotes sikap Ahok dan menilai Ahok telah bersikap rasis.

Andai kata Ahok hanya mengucapkan kata-kata yang tidak pantas di media umum, tidak ada suku pribumi tertentu yang tersinggung. Tapi membawa-bawa nama Betawi untuk nama seekor anak sapi, jelas membuat orang Betawi marah.

Nama USB sendiri dikait-kaitkan dengan salah ucapnya Haji Lulung pada pertemuan antara gubernur dengan DPRD Jakarta beberapa waktu lalu. Haji Lulung bermaksud menyebut UPS, tapi beberapa kali salah ucap menyebut USB. Dan perlu diketahui, Haji Lulung adalah seorang putra Betawi asli.

Bukankah Ahok tidak nyaman disamakan dengan pedagang Glodok oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi? Ahok menyangka sebutan itu berbau rasisme. Lalu bagaimana dengan penamaan Unit Sapi Betawi? Apakah Ahok tidak merasa itu juga rasisme?

Yang dikhawatirkan dari tingkah tak senonoh Ahok ini adalah kerusuhan antar etnis seperti yang ditakutkan Jaya Suprana. Tapi semoga tidak, warga Betawi di Jakarta semakin terdidik dan tidak akan menggeneralisasi perbuatan Ahok itu sebagai representasi perbuatan etnis Tionghoa. Semoga, semoga, semoga kekhawatiran Jaya Suprana tidak terjadi. Amiin ya Allah.


Ahok ngomong kasar aja udah bikin geram. apalagi ngomong rasis. udah diingatin, eh Jaya Suprana yang balik dikatain sama Ahok

Quote:Original Posted By middleware
Betawi itu suku, bukan tempat.

Madura itu nama pulau. Bali nama pulau. Sapi Madura, Anjing Bali, itu merujuk ke tempat. Nama hewan yang berasal dari lokasi tertentu. Masuk di akal.

Tapi kalo Sapi Betawi??? Sapi yang bersuku Betawi?? Gak ada deh nama hewan disangkut2in dengan suku.

Kalo Soto Betawi karena memang wajar nama makanan dikaitkan dengan nama suku. Karena suku di Indonesia punya ciri khas kuliner sendiri. Makanan Sunda, makanan minang, soto Batak, soto Betawi, dll

CMIIW


yg satu masih ngerasa cinak...


yg satu lagi udah ngerasa sama dan sejajar sama suku2 lain di indo... makanya gak ketakutan ini itu....
badak jawa = menghina/rasis terhadap jawa?

sapi betawi = betawi sapi ?

wakakakaka.
TPA = Taman Pendidikan Al Qur'an / Tempat Pem-buangan Akhir / Tes Potensi Akademik
TPS = Tempat Pembuangan Sampah / Tempat Penampungan Sementara / Tempat Pemungutan Suara
Quote:Original Posted By gembel1
badak jawa = menghina/rasis terhadap jawa?

sapi betawi = betawi sapi ?

wakakakaka.


Belajar bahasa dong gan emoticon-Smilie

Badak jawa, itu jenis. Badak dari pulau jawaemoticon-Smilie

Nah itu kan sapi di kasih nama betawi, bukan jenisemoticon-Smilie

Misal gw ngasih nama anjing cina, terus gw ajak jalan2 di komplek terus ada orang cina lewat gw panggil anjing gw cina..cina.. Guk..guk..cina.. Orang cinanya tersinggung gak emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By anonymislamist


Belajar bahasa dong gan emoticon-Smilie

Badak jawa, itu jenis. Badak dari pulau jawaemoticon-Smilie

Nah itu kan sapi di kasih nama betawi, bukan jenisemoticon-Smilie

Misal gw ngasih nama anjing cina, terus gw ajak jalan2 di komplek terus ada orang cina lewat gw panggil anjing gw cina..cina.. Guk..guk..cina.. Orang cinanya tersinggung gak emoticon-Smilie


kalo soto betawi gimane om? emoticon-Big Grin
Masalah sebenarnya kecil aja.. Contoh RM. Padang, apakah itu rasial? Pempek palembang, apakah itu penghinaan?
Quote:Original Posted By tukang.koprol


kalo soto betawi gimane om? emoticon-Big Grin


Nah itu kan menunjukan asal sama seperti badak jawa, soto lamongan, soto madura emoticon-Smilie sama kaya yg saya jelasin di post sebelumnya. Bedakan pemberian nama, dengan sebuah keterangan asal, jenis dll emoticon-Smilie karena jelas yg dimaksud ahok itu nama sama kaya contoh post saya sebelumnya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By bujursangkar
Masalah sebenarnya kecil aja.. Contoh RM. Padang, apakah itu rasial? Pempek palembang, apakah itu penghinaan?


Post ane dibaca dulu dong emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By anonymislamist


Belajar bahasa dong gan emoticon-Smilie

Badak jawa, itu jenis. Badak dari pulau jawaemoticon-Smilie

Nah itu kan sapi di kasih nama betawi, bukan jenisemoticon-Smilie

Misal gw ngasih nama anjing cina, terus gw ajak jalan2 di komplek terus ada orang cina lewat gw panggil anjing gw cina..cina.. Guk..guk..cina.. Orang cinanya tersinggung gak emoticon-Smilie


berarti sapi madura juga rasis ?
atau emang ada sapi jenis madura ?
wakkaakak
intinya tuh sama loe mau beralibi nama atau beralibi jenis.
Quote:Original Posted By gembel1


berarti sapi madura juga rasis ?
atau emang ada sapi jenis madura ?
wakkaakak
intinya tuh sama loe mau beralibi nama atau beralibi jenis.


Ada om madura dari dulu punya sapi2 sendiri dibuat karapan sapi emoticon-Smilie

Cuma bebera tahun belakangan emang ternak sapi dari madura sendiri udah mulai hilang beserta kebudayaan yg juga mulai hilang
Quote:Original Posted By gembel1


berarti sapi madura juga rasis ?
atau emang ada sapi jenis madura ?
wakkaakak
intinya tuh sama loe mau beralibi nama atau beralibi jenis.

Tambahin gan anjing baliemoticon-Smilie
Jenis anjing kintamani emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By middleware


Ahok ngomong kasar aja udah bikin geram. apalagi ngomong rasis. udah diingatin, eh Jaya Suprana yang balik dikatain sama Ahok


emang koplok sih si koko glodok satu ituh, mending kek gw!!!!


Nitip bentar gan lapak owee

GLODOKAOSS
Pusat Kaos Pesta Demokrasi 2014 – Jokowi Distro Cotton Combed 20S, 24S dan 30S Desain Kaos Jokowi, Tersedia Juga Kaos Polos Dan Custom.

kaos.Web.ID Menjual Kaos Pesta Demokrasi 2014 – Jokowi Cotton Combed 20S , 24S, dan Combed 30S Desain Jokowi, Tersedia Juga Kaos Polos Dan Kaos Custom, dan Kaos Desain lain” ,

Pusat Kaos Pesta Demokrasi 2014 – Jokowi Distro yang berdiri sejak tahun 2009 mengusung konsep ONLINE, dengan ragam Desain sebanyak > 6.000 Desain lebih dan Terus bertambah setiap bulan nya.

Sampai saat ini Kaos.Web.ID telah melayani lebih dari 125.0000 Pelanggan dengan Lebih dari 500.000 Kaos yang terjual. Dan Saat ini menjadi Pusat Kaos Pesta Demokrasi 2014 – Jokowi Distro Cotton Combed 20S, 24S dan 30S Desain Kaos Pesta Demokrasi 2014 – Jokowi, Tersedia Juga Kaos Polos Dan Custom Terbesar di Indonesia.


Walaupun Sekarang ini banyak Para Kompetitor yang mengikuti sistem kami dan menjual produknya jauh lebih murah di bawah kami, namun faktanya pelanggan kami terus bertambah setiap harinya. itu dikarenakan kualitas dan pelayanan kami sudah dikenal yang terbaik.

Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk mengirimkan sms ke 0896 1674 9724

Regards,

Liong Pek Tay – Owner

Dibawah ini merupakan koleksi Kaos Pesta Demokrasi 2014 – Jokowi (Semua Ready Stock)

Spoiler for BUKA GAN:

untuk selengkapnya klik-> http://kaos.web.id/pusat-kaos-murah/...i-2014-jokowi/



thanks kaskus emoticon-Kiss
wakil nya ahok mana yaa... jarang nongol...emoticon-Peace
Quote:Original Posted By anonymislamist


Belajar bahasa dong gan emoticon-Smilie

Badak jawa, itu jenis. Badak dari pulau jawaemoticon-Smilie

Nah itu kan sapi di kasih nama betawi, bukan jenisemoticon-Smilie

Misal gw ngasih nama anjing cina, terus gw ajak jalan2 di komplek terus ada orang cina lewat gw panggil anjing gw cina..cina.. Guk..guk..cina.. Orang cinanya tersinggung gak emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By anonymislamist


Nah itu kan menunjukan asal sama seperti badak jawa, soto lamongan, soto madura emoticon-Smilie sama kaya yg saya jelasin di post sebelumnya. Bedakan pemberian nama, dengan sebuah keterangan asal, jenis dll emoticon-Smilie karena jelas yg dimaksud ahok itu nama sama kaya contoh post saya sebelumnya emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By anonymislamist


Ada om madura dari dulu punya sapi2 sendiri dibuat karapan sapi emoticon-Smilie

Cuma bebera tahun belakangan emang ternak sapi dari madura sendiri udah mulai hilang beserta kebudayaan yg juga mulai hilang


lu goblok nya sampe mana sih tong , malu maluin agama lu aja , pake nama islamist2 , tapi komentar lu sama sekali ga islamist.
otak lu ampas tahu semua
Quote:Original Posted By anonymislamist


Nah itu kan menunjukan asal sama seperti badak jawa, soto lamongan, soto madura emoticon-Smilie sama kaya yg saya jelasin di post sebelumnya. Bedakan pemberian nama, dengan sebuah keterangan asal, jenis dll emoticon-Smilie karena jelas yg dimaksud ahok itu nama sama kaya contoh post saya sebelumnya emoticon-Smilie


emoticon-Ngakak

ente menilai arti sebuah kalimat bukan dari makna kalimat sebenernya tapi dari siapa yang mengucapkan

emoticon-shakehand:
.
Beri nama sapi kok usb, ga ada nama lain?
.
Kegaduhan yg tak perlu, atw niatnya mmg ingin gaduh?
.
unit sapi betawi ini sebenarnya penamaan yg sama dengan sapi madura, mungkin ahok menamakan hal itu untuk membuat 1 icon dijakarta..seperti di daerah lainnya sapi madura, sapi jepang, sapi super, babi tiongkok..

sapi betawi : seharusnya (versi saya) tidak rasis.

tapi kalo

betawi sapi : ini rasis ( versi saya)


mohon maaf bila ada yg tersinggung..
Quote:Original Posted By gembel1
badak jawa = menghina/rasis terhadap jawa?

sapi betawi = betawi sapi ?

wakakakaka.


dodol lu gan, badak jawa disebut badak jawa memang sudah ada di pulau jawa entah dari jaman kapan. punya ciri khas sendiri. lah emang ada sapi dari betawi bray, yang punya ciri khas?? gue belon pernah liat ada sapi pake ikat pinggang ama bawa golok emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

kalau soal kuliner yah wajar, emang ciri khas , kayak soto betawi, semur jengkol betawi, nasi uduk betawi. di tambah emping pasti enak tuh . anjirt jadi laper gue emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By pipipiw






lu goblok nya sampe mana sih tong , malu maluin agama lu aja , pake nama islamist2 , tapi komentar lu sama sekali ga islamist.
otak lu ampas tahu semua


Hahahaha apa hubungannya comment gw ama id gw emoticon-Smilie gw post juga gak maki2an preman model anda gan emoticon-Smilie

Capernya jangan ke saya ya ke yg lain aja emoticon-Stick Out Tongue
×