alexa-tracking

Asal mula benda-benda di sekitar kita

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551bb280dc06bd644b8b456f/asal-mula-benda-benda-di-sekitar-kita
Asal mula benda-benda di sekitar kita
Karena saya masih newbitol, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam membuat thread iniemoticon-Smilie mumpung masih di atas yuk di rate dulu gan sekalian kasih emoticon-Cendol (S) yaaa. Semoga ga repost

INTERMEZZO


Banyak sekali benda yang biasa kita pakai dalam kehidupan sehari-hari namun kita tidak mengetahui asal usul dari benda tersebut. Di thread ini saya akan membahas asal mula benda-benda ini.

1. Sikat gigi
Asal mula benda-benda di sekitar kita

Alat pembersih gigi berbulu pertama kali diciptakan pada zaman Cina kuno. Mereka menggunakan bulu hewan, yaitu bulu leher babi yang hidup pada musim dingin. Bulu ini dipilih karena bertekstur lebih lembut daripada bulu yang lain. Di Arab, penduduknya lebih suka memakai siwak yang terbuat dari ranting akar atau pohon. Sementara di Indonesia, sabut kelapa menjadi pilihan alat membersihkan gigi yang mudah didapat.
Di benua Eropa, sikat gigi diperkenalkan pertama kali oleh William Addis seorang narapidana asal Inggris. Ketika itu, ia mengisi waktu luangnya di penjara dengan mencoba memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitarnya. Salah satunya ia mencoba dengan berkreasi dengan potongan tulang sisa makanan para tahanan. Dengan menggunakan bulu sikat rambut milik sipir penjara, ia menciptakan sikat gigi modern pertama yang lansung dipakainya sendiri. Sebelumnya, ia membersikan gigi dengan cara menggosok permukaan giginya dengan kain lap yang diberi sedikit abu dan garam. Pada tahun 1780, dengan jenis gagang yang lebih bagus, ia memasarkan sikat gigi tersebut secara massal.

2. Pasta gigi
Asal mula benda-benda di sekitar kita

Setelah penduduk Cina kuno menemukan sikat gigi, mereka mulai mencari cara agar hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan nyaman. Saat inilah muncul pasta gigi. Yaitu sekitar tahun 500 SM. Tak hanya di Cina, keberadaan pasta gigi juga ditemukan di India.
Memasuki abad ke-18, pasta gigi temuan masa sebelumnya mengalami perkembangan. Peabody adalah seorang dokter gigi yang berhasil menciptakan pasta gigi modern pertama yang mengandung sabun. Penemuan ini dilakukannya pada tahun 1824. Berpuluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1850, pasta gigi mendapat tembahan bahan dasar baru, yaitu kapur oleh John Harris.

3. Payung
Asal mula benda-benda di sekitar kita

Payung pertama kali ditemukan dengan satu tujuan, yaitu melindungi pemakainya dari terik matahari. Tentu saja, pemakainya masih terbatas pada kalangan penguasa, pejabat tinggi. bangsawan kerjaan atau orang yang memegang posisi tertentu. Salah satu buktinya, pada sejumlah relief peninggalan zaman Mesir kuno kerap ditemukan gambar seseorang yang tengah dipayungi, sementara yang lain tidak.
Namun payung ditemukan oleh bangsa Cina kuno. Dengan kreatif mereka melapisi semua permukaan payung yang sudah ada, yaitu payung kertas dengan lapisan lilin khusus. Meskipun telah dikenal oleh sejumlah bangsa kuno di dunia, tapi satu kata yang sering dipakai unyuk menyebut payung adalah umbrella. Kata ini berasal dari kata "umbra" yang dalam bahasa Latin berarti bayangan.

4. Gantungan Pakaian


Albert J. Parkhouse adalah seorang pegawai Hits Wire and Novelty Company yang berkantor di wilayah Michigan, Amerika Serikat, melihat kaitan atau cantelan mantel. Saat itu, ia kerap mendengar keluhan sejumlah rekan kerjanya tentang betapa sedikitnya kaitan kosong untuk mantel yang ada di kantor.
Jadi, bayangkan saja jika setiap kantor harus menyediakan kaitan mantel sejumlah pekerjanya. Tentu saja dinding kantor tersebut akan di penuhi mantel-mantel berat dan tebal yang bergantungan.
Kaitan mentel dipatenkan oleh OA North of New Britain, sebuah perusahaan asal Connecticut pada tahun 1869. 34 tahun kemudian, kaitan tersebut menginspirasi Albert J. Parkhouse untuk membengkokkan sepotong kawat yang ada di kantornya. Kawat panjang tersebut kemudian ditekuk ke atas hingga memiliki dua lengkung ovel di setiap sisinya, Selanjutnya, ia menyatukan sisi kanan dan kiri kawat itu dengan memilinnya sedemikian rupa hingga berbentuk kaitan. Inilah hanger pertama yang masih berbentuk sangat sederhana.

5. Plester Luka
Asal mula benda-benda di sekitar kita

Berawal dari kecelakaan kecil yang terjadi berturut-turut di dapur keluarga Earle Dickson. Wakti itu menjelang makan malam. Seperti biasa, istri Earle sedang sibuk menyiapkan makanan untung sang suami. Dan seperti biasa pula, istri Earle yang rajin itu selalu terburu-buru. Ia selalu ingin bergegas menyelesaikan semuanya; megupas umbi-umbian, mengiris bumbu, memotong sayur, memecah daging, dalam sekejap waktu. Hasilnya, jerit kaget kesakitan kerap terdengar dari dapur tersebut. Istri Earle mengiris jari-jarinya sendiri, dan Earle yang mengetahuinya kemudian pun merasa iba.
Pada suatu malam,Earle sedang barada di ruang makan ketika suara kesakitan istrinya terdengar. Dengan cepat, ia berlari ke dapur dan menemukan sang istri sedang mengisap salah satu jarinya. Noda darah tampak dari atas serbet. Earle pun segeran menolong istrinya. Ia mengambil perban kasa dan pita perekat dari lemari penyimpanan. Setelah memotong perban seukuran jari sang istri dan meletakannya di atas luka untuk menyerap darah yang mengalir keluar, ia kemudian melekatkan pita perekat di atasnya. Tak lama sang istri kembali bekerja di dapur dengan senang. Melihat itu, Earle tampak bahagia, namun tidak lama. Ia menemukan kenyataan bahwa perban berpita perekat semacam itu ternyata tidak bisa melindungi luka dalam waktu lama. Gerakan tangan istrinya yang aktif membuat perekatnya lepas dan perbannya pun terbuka. Sejak itu Earle memutuskan untuk menciptakan alat pelindung luka yang baik



Menurut saya, point-point penting dari beberapa benda yang penting saat ini berawal dari sebuah ketidaksengajaan. So, mulai sekarang berpikirlah kreatif!emoticon-Smilie Siapa tau anda akan menjadi seseorang yang berpengaruh di masa depan.
Sekian thread dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Oiyaaa saya minta cendol dan rate 5 okokok. Terima kasih kaskuser. Wassalamemoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)

Sumber "SEJARAH UNIK" E.A PAMUNGKASemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
oh begitu ya gan asal mulanya emoticon-Matabelo
yg pasta gigi gambarnya salah
untung pasta gigi bukan dari kawat ya..
emoticon-Big Grin
Sikat gigi tuh emoticon-Matabelo
baru tau ane
nice info gan
wah nais inpoh gan emoticon-Blue Guy Peace
rate dah emoticon-Rate 5 Star
wakwakkwa
gua taunya udah jadi aja bray
asal mula baru tau ini
Quote:


tu ketemu lg sm ente gan . pdhl g liat profil ente, mmg bener2 kaskuser sejati ni ente emoticon-Big Grin
Update gans emoticon-Cool emoticon-Shakehand2
nais inpo gan emoticon-Big Grin