alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551b4c9232e2e6297e8b456c/kerusuhan-kerusuhan-terkenal-yang-merubah-sejarah
Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah
Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Langsung saja ya gan, menuju TKP...


Quote:Quote:
Militerisasi Polisi dan Kematian Remaja Tak Bersenjata Yang Memicu Kerusuhan di Ferguson, Missouri

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Para wartawan pasti masih sangat ingat bagaimana kejadian yang terjadi pada agustus 2014 di Ferguson, Missouri, akan tercatat dalam sejarah. Walaupun kerusuhan telah mereda, namun protes masih terus bermunculan sampai saat ini.

Sebagaimana yang kita tahu – pada 9 agustus 2014, seorang remaja laki-laki sipil berkulit hitam, Michael Brown, ditembak sebanyak enam kali oleh polisi Darren Wilson. Wilson menyuruh brown dan temannya yang sedang berjalan di jalan untuk minggir ke trotoar. Mereka akhirnya bersitegang dan Wilson menembak brown dari dalam mobil patrol, ketika temannya lari, Wilson malah keluar dari mobil dan terus menembaki brown hingga membuatnya terluka parah. Ada beberapa versi keterangan yang di dapat dari saksi, ada yang menyebutkan bahwa brown sudah patuh kepada polisi namun adapula yang menyebut brown menyerang Wilson. Akhirnya cerita terus berkembang dan menyebar, mulai dari aksi protes damai sampai kerusuhan akhirnya pecah di hari setelah terjadinya penembakan dan berlangsung selama berhari-hari.

Kerusuhan yang terjadi di Ferguson menegaskan bahwa masih banyak rasisme yang terjadi di Amerika walaupun telah ada deklarasi perjanjian damai yang dilakukan oleh masyarakat sipil pada tahun 1960-an pemberontakan yang agresif dan militerisasi kepolisian Amerika membuat presiden Obama memerintahkan untuk meninjau kembali pemasokan alat militer kepada kepolisian.


Quote:Quote:
Kerusuhan Los Angeles, Kerusuhan Terbesar dan Paling Banyak Dicatat Disejarah Amerika

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Kerusuha LA meletus setelah pembebasan empat petugas LAPD dalam kasus pemukulan Rodney King pada tanggal 29 april 1992. 52 orang meninggal dan 3000 lainnya mengalami luka-luka selama aksi kerusuhan, selain itu kota LA mengalami kerugian lebih dari $ 1 miliar karena kerusakan property akibat penjarahan dan perusakan.

Dalam enam hari, kerusuhan memperjelas tindakan kekerasan yang dilakukan oleh polisi, kemiskinan, kurangnya perekonomian, dan perampasan HAM kalangan Afrika-Amerika di dalam masyarakat. Kerusuhan mereda setelah tentara dari California Army National Guard, divisi infanteri ke tujuh, dan mariner dari divisi pertama kemariniran dipanggil untuk meredakan kerusuhan sehingga polisi setempat kalah jumlah. Setelah itu, LAPD dan kota LA membuat beberapa perubahan yang signifikan, banyak kaum minoritas dipanggil untuk bergabung dengan kepolisian dan kepala polisi Daryl Gates mengundurkan diri.

Para polisi diberhentikan oleh departemen kehakiman AS, setengah dari mereka dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 32 bulan penjara. Kerusuhan yang terjadi di LA diberitakan oleh berbagai macam media selama 24 jam berturut-turut yang mana belum pernah terjadi sebelumnya. Selain itu juga sebagai gebrakan aksi damai antar ras dan muti etnis.


Quote:Quote:
Pemberontakan Mahasiswa dan Mogok Kerja Buruh Yang Melumpuhkan Perancis Pada Mei 1968

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Selama tahun 1960an Perancis memasuki masa-masa stabil-perekonomian yang baik, presiden Charles de Gaulle adalah penguasa yang sangat terkenal dan kekaisaran Perancis dihapuskan. Namun, terjadi ketidakpuasan di kalangan mahasiswa yang mengkritisi sistem perkuliahan yang sudah usang di Negara tersebut sehingga mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan setelah mereka lulus.

Kerusuhan yang terjadi di paris pada mei 1968 bermula dengan serangkain protes para mahasiswa melawan kapitalisme, konsumerisme dan lembaga-lembaga yang masih memggunakan sitem, nilai dan aturan yang telah kuno. Protes kemudian berkembang dari para mahasiswa menuju kepada para buruh. Sebanyak 11 juta buruh melakukan aksi mogok selama 2 minggu (sekitar 22% penduduk Perancis pada waktu itu), Protes tersebut membuat konfrontasi yang ditujukan kepada para pengurus universitas dan para polisi serta tidak lama kemudian mengakibatkan penggulingan presiden Charles de Gaulle.

Ketika de Gaulle mengisyaratkan untuk menggunakan kekuatan militer untuk mengamankan keadaan dan mengadakan pemilu yang baru, para mahasiswa menyerukan adanya revolusi, namun tak lama mereka kehilangan kepercayaan dari para pemimpin organisasi dan ketua kelompok buruh karena mereka takut cuma akan menjadi korban dari golongan anarkisme dan trotskytes. Para bawahan setia Gaulle dan masyarakat menegah keatas berkumpul dan mendukung presiden dan akhirnya aksi pemogokan ditinggalkan. Sebagai dampaknya, pada 12 juni 1968, para mahasiswa pendemo yang tersisa diusir dari Sorbonne.

Setelah badai protes yang menerpa, pihak de Gaulle meraih kemenangan terbesar dalam sejarah parlemen Perancis dan membuat berbagai keputusan seperti menaikkan upah, meningkatkan kesejahteraan buruh, dan meloloskan RUU pendidikan guna memodernisasi perguruan tinggi.


Quote:Quote:
Kerusuhan Kecil Tahun 1835 Yang Membentuk Gabungan Politik Amerika

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Pada bulan agustus 1835, kerumunan massa yang marah merusak sebuah restoran yang dioperasikan oleh Beverly Snow, seorang pria berkulit hitam. Kerusuhan dimulai ketika Arthur Bowen, seorang budak milik Anna Maria Thornton mengancam akan membunuhnya. (Thornton adalah janda terkenal dari William Thornton, arsitek pemerintahan Amerika dan sangat dihormati). Bowen pulang ke rumah dalam keadaan mabuk dan masuk ke kamar tidur Anna sambil memegang kapak saat dia sedang tidur. Ibunya yang juga tidur di sana lalu menyuruh Bowen keluar. Namun nyonya Thornton terbangun dan ketakutan lalu lari kerumah tetangganya. Ketika mereka ingin kembali ke rumah, mereka mendengar Arthur mengatakan “Saya akan mendapatkan kebebasan saya, apakah kamu mendengarku? Aku punya hak untuk bebas sepertimu!”.

Brown kemudian melarikan diri, namun segera ditemukan dan ditangkap. Sementara ia mendekam di penjara, banyak massa menuntut untuk membalas apa yang ia lakukan, namun tidak bisa karena Brown telah dipenjara. Mereka kemudian merusak tempat usaha milik orang berkulit hitam yang berada paling dekat dari situ yaitu restoran Beverly Snow. Mereka juga menghancurkan sebuah asrama untuk orang berkulit hitam dan beberapa sekolah lainnya. Snow dan restorannya tidak beruntung karena berada ditempat yang kurang tepat pada waktu yang kurang tepat. Pria itu lalu melarikan diri ke Toronto dan mendirikan restoran yang akhirnya menjadi sangat popular.

Gerakan anti perbudakan banyak mengkritisi kejadian ini dan akhirnya banyak bermuncul di kongres-kongres pada tahun-tahun setelah kerusuhan terjadi. Peta pemilihan yang ada di AS masih terpecah-pecah sesuai dengan golongan masing-masing daerah.


Quote:Quote:
Kerusuhan Pada Konferensi Nasional Partai Demokrat Yang Selamanya Mengubah Persepsi Masyarakat Tentang Pemerintahan

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Pada musim panas tahun 1968 di Chicago, dipersiapkan penyambutan kepada kader-kader partai Demokrat dari seluruh pelosok negeri untuk pemilihan calon presiden mereka berikutnya. Pada saat yang bersamaan, para pengunjuk rasa turun ke kota untuk memaksa pemerintah mengakhiri perang panjang di Vietnam dan menantang para pemimpin partai demokrat beserta delegasinya untuk membuat perubahan. Kerusuhan yang diikuti dengan kebrutalan terhadap para demonstran ini menghancurkan kepercayaan publik kepada para politisi beserta institusinya beberapa bulan sebelum koferensi, walikota Richard Daley berulang kali mengumumkan bahwa “Hukum dan ketertiban akan di tegakkan!”.

Daley mempunyai 12.000 personil polisi dan 5000 tentara serta 6000 polisi patroli yang siap menyisir jalan-jalan di kota Chicago. Para polisi ini bereaksi sangat berlebihan dan membuat demonstrasi yang awalnya damai menjadi rusuh. Akhirnya dinyatakan bahwa gelombang protes yang terjadi dari tanggal 26 sampai 29 agustus 1968 memutuskan nasib pemilu mendatang. Pada november itu, seorang nasionalis Richard Nixon mengalahkan kandidat dari partai Demokrat, Hubert Humphrey dan Georce Wallace.


Quote:Quote:
Protes Oleh Penduduk Yang Terjadi Dibeberapa Negara Arab

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

“Musim semi di Arab” adalah istilah yang diciptakan oleh media barat pada awal tahun 2011 untuk menandai serangkaian protes, pemberontakan dan kerusuhan bersenjata yang terjadi di beberapa negara Arab. Hal ini menyebar dengan sangat pesat melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Berbeda dengan jatuhnya komunis di eropa pada 1989, tidak ada model politik maupun ekonomi yang perlu diganti. Yordania dan Maroko menginginkan suatu reformasi, sedangkan masyarakat Mesir dan Tunisia ingin menggulingkan seorang presiden.


Quote:Quote:
Kerusuhan Watss Ditahun 1965 Yang Menjadi Titik Kelahiran Gerakan Penegakan HAM Orang-Orang Afrika di Amerika

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Pada tahun 1965, terjadi kerusuhan di Watts yang dimulai dengan suatu demonstrasi damai yang menuntut hak-hak penegakan HAM dan berubah menjadi demo penuh kekerasan. Kerusuhan ini merupakan kerusuhan penuh kekerasan yang pertama kali yang dilakukan oleh warga kulit hitam.

Ketegangan menyelimuti kota pada bulan agustus tahun itu ketika penduduk sipil bernama Marquette Frye, 21 tahun, dipaksa minggir oleh petugas patrol, Lee W karena mengemudi dengan keadaan mabuk. Ketika Marquette sedang ditanyai oleh polisi, saudaranya pulang ke rumah dan menceritakan kejadian itu kepada ibunya, Rena Price.

Rena lalu datang ke tempat kejadian dimana Marquette diberhentikan dan memarahi anaknya karena melakukan hal yang ceroboh, namun keadaan menjadi tak terkendali, ada seseorang yang mendorong Rena dan memukul Marquette. Akhirnya keluarga itupun ditangkap dan membuat para penduduk menjadi marah dan melempari para polisi dengan benda-benda yang ada disekitar mereka.

Setelah keluarga tersebut dimasukkan ke tahanan. Para warga mulai membentuk kerumunan dan memicu kerusuhan yang tidak dapat dicegah oleh para petugas. Selama enam hari berikutnya, terjadi kerusuhan yang diikuti oleh 31.000 sampai 35.000 partisipan. Setelah kejadian itu, para polisi diterjunkan untuk berjaga-jaga dan mengamankan kota.

34 orang tewas dalam kerusuhan itu dan ribuan lainnya mengalami luka-luka. Sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh bagian investigasi menyatakan bahwa kerusuhan itu timbul akibat telah menumpuknya keluhan dan ketidakpuasan masyarakat akan tingginya tingkat pengangguran, dan pendidikan yang tidak memadahi.


Quote:Quote:
Kerusuhan Stonewall Yang Membuka Jalan Bagi Hak-Hak LGBT

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Kerusuhan Stonewall merupakan kerusuhan yang dianggap menjadi sebuah pembuka jalan bagi hak-hak sipil LGBT di Amerika Serikat. Pada saat kerusuhan terjadi, masih sangat sedikit tempat yang tersedia bagi para gay. Homoseksualitas di depan umum sangat dilarang oleh hukum setempat, perusahaan-perusahaan yang berbau gay juga secara teratur digrebek dan dinon-aktifkan. Pada tanggal 28 juni 1969, sekelompok pelanggan di bar gay terkenal di daerah Greenwich yang bernama Stonewall menghadang polisi yang akan menggrebek tempat tersebut. Sekitar 200 pengunjung menolak untuk bekerjasama dengan polisi dan bergabung dengan para gay teman mereka di seluruh New York untuk melawan polisi yang langsung kalah jumlah. Para demonstran tersebut melempari polisi dengan botol dan mereka hanya bisa membentuk barikade untuk menyelamatkan nyawa mereka sendiri.

Pukul 4.00 pagi itu, jalan-jalan mulai dibersihkan dari sisa-sisa kerusuhan. Namun, pada malam-malam berikutnya para demonstran tetap berkumpul dan lahirlah gerakan LGBT. Pada tahun 1970, untuk pertama kalinya diadakan festival parade gay yang berlangsung di Los Angeles, Chicago, San Francisco dan di daerah dekat Stonewall New York.


Quote:Quote:
“Pertempuran di Seattle” Awal Gerakan Anti-Globalisasi

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Pada bulan november 1999, Seattle ditunjuk menjadi tuan rumah konferensi para menteri dunia. Pemerintah dunia mengagendakan pembahasan atas beberapa aturan perdagangan.

Tidak perlu waktu lama, pertemuan tersebut dibayangi oleh para demonstran yang turun ke jalanan untuk menyerukan gerakan Anti-Globalisasi. Ribuan orang protestan tersebut mencegah para delegasi untuk menghadiri koferensi dengan membentuk rantai manusia disekitar gedung konferensi dan mematikan aktivitas kota Seattle. Polisi anti huru-hara akhirnya merespon demo yang berlangsung damai itu dengan menembakkan gas air mata kepada para kerumunan.

Akibatnya, 600 orang ditahan dan kepala kepolisisan dipaksa mengundurkan diri. Upaca pembukaan konferensipun dibatalkan karena para delegasi tidak bisa mencapai pusat konferensi tersebut. Sementara gerakan Anti-Globalisasi telah mereda, namun protes tersebut memasuki babak baru dimana protes dilakukan melalui internet dan media sosial.


Quote:Quote:
Kerusuhan Yang Menjadi Titik Balik Budaya Latin di Amerika

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Selama perang dunia kedua, kerusuhan pecah antara prajurit yang ditempatkan di Los Angeles dengan para pemuda latin.

Para pemuda yang menyebut diri mereka Pachucos bentrok dengan para prajurit. Para prajurit menganggap mereka tidak sopan karena berpakaian begitu mewah bahkan ketika gelombang peperangan terjadi begitu gencar. Pada bulan juni 1943, ketegangan mencapai puncaknya ketika sekitar 200 tentara angkatan laut meluncur ke LA bagian timur untuk menghajar dan menelanjangi setiap pemuda latin yang bisa mereka temukan. Polisi setempat bahkan terlihat setuju dan mengijinkan apa yang dilakukan mereka dan tidak melakukan upaya apapun untuk menghentikan aksi tersebut.

Pada malam-malam berikutnya, para tentara dan warga sipil bersama-sama turun ke jalanan kota Barrio untuk menghajar para pria latin. Para tentara tersebut tidak ditangkap, namun para pemuda latin dipenjarakan atas tuduhan membuat kerusuhan. Pada tanggal 7 juni, komandan angkatan laut dan angkatan darat akhirnya turun tangan untuk menghentikan kerusuhan yang terjadi.


Quote:Quote:
Kerusuhan Mei 1998 Yang Terjadi Di Indonesia, Sekaligus Menjadi Sebuah Pembataian Yang Mengenang

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah

Kerusuhan Mei 1998 adalah kerusuhan yang terjadi di Indonesia pada 13 Mei -15 Mei 1998, khususnya di Ibu Kota Jakarta namun juga terjadi di beberapa daerah lain. Kerusuhan ini diawali oleh krisis finansial Asia dan dipicu oleh tragedi Trisakti di mana empat mahasiswa Universitas Trisakti ditembak dan terbunuh dalam demonstrasi 12 Mei 1998.

Pada kerusuhan ini banyak toko dan perusahaan dihancurkan oleh amuk massa—terutama milik warga Indonesia keturunan Tionghoa. Konsentrasi kerusuhan terbesar terjadi di Jakarta, Medan dan Surakarta. Terdapat ratusan wanita keturunan Tionghoa yang diperkosa dan mengalami pelecehan seksual dalam kerusuhan tersebut.


Cukup sekian thread yang ane buat, apabila agan ada tambahan atau masukan itu sangat ane harapkan. Maaf apabila ada salah kata dan salah dalam penyampaian :]

[url= http://beriberi.co/10-kerusuhan-terkenal-yang-merubah-sejarah/]Sumber[/url]

Salam dan tetap semangat untuk Ngaskus...

Kerusuhan-Kerusuhan Terkenal Yang Merubah Sejarah
Reserved
Reserved lagi lah emoticon-Cape d... (S)
Kerusuhan mei 1998 bray emoticon-rose
Yang SR monggo di komeng...
mejeng di pejwan dulu ah
indonesia juga mei 1998 emoticon-Berduka (S)
Uanjir ada maho gede amat emoticon-Betty

takut, kabur ah emoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By zedaefide
Kerusuhan mei 1998 bray emoticon-rose


Kerusuhan yang terjadi untuk melengserkan kekuasaan Soeharto ya gan?
Mei 1998 ga masuk gan? emoticon-Big Grin
Kalo kerusuhan di mesir masuk juga ga gan? emoticon-Peace
Quote:Original Posted By mochtegoeh
mejeng di pejwan dulu ah


Silahkan gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By integrl
indonesia juga mei 1998 emoticon-Berduka (S)


Iya gan, saking terkenalnya di masyarakat kita sampai di bikin filmnya...
Quote:Original Posted By maho** SENSOR **
Uanjir ada maho gede amat emoticon-Betty

takut, kabur ah emoticon-Ngacir2


Dasar maho teriak maho emoticon-Bata (S)
kerusuhan mei 98 masukin juga dong gan
Quote:Original Posted By hafidzalammar
Mei 1998 ga masuk gan? emoticon-Big Grin
Kalo kerusuhan di mesir masuk juga ga gan? emoticon-Peace


Kurang terekspos oleh media di dunia kali gan, makanya kurang terkenal. Kalo mau ntar ane tambahin.

Kerusan di mesir itu masuk gan, cek aja...
Quote:Original Posted By uao
kerusuhan mei 98 masukin juga dong gan


Sip gan, tolong bantu rate ya emoticon-Smilie
kejadiannya di luar negri semua, dan kebanyakan di amrik

ngga relevan ama kita emoticon-Traveller
kerusuhan 1998 jakarta indonesia gadimasukin gan? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By matamera
kejadiannya di luar negri semua, dan kebanyakan di amrik

ngga relevan ama kita emoticon-Traveller


Sesuai konteks yang ane bawa di thread ini gan. Itu beberapa kerusuhan yang memiliki dampak terhadap negara terkait.

Kalo di daerah kita ya paling kerusuhan Mei 98 itu...
Quote:Original Posted By .bx
kerusuhan 1998 jakarta indonesia gadimasukin gan? emoticon-Big Grin


Sudah gan...
×