alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pusat Jual Beli Batu Akik di Ambon
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551a2a1cc1cb173e698b4570/pusat-jual-beli-batu-akik-di-ambon

Fenomena dan Pusat Jual Beli Batu Akik di Ambon

Demam Batu Akik melanda hampir seluruh pelosok Tanah Air, tak terkecuali Kota Ambon..
Setelah boomingnya Batu Bacan (Kala itu Presiden SBY memberikan cendera mata kepada Presiden Obama berupa Batu Bacan), maka para penggemar Batu Akik pun mulai memburu Batu Hijau ini..
Dan pasarannya pun berkembang pesat, dari Maluku Utara ke daerah-daerah lain.. Ambon yang bertetangga dengan Maluku Utara pun turut menjadi Pangsa Pasar dari Batu Bacan ini..
Maka dengan sekejap, bak jamur di musim hujan, banyak kios dan lapak penjualan Batu Bacan pun dibuka, lengkap dengan mesin pemotong dan pengasahnya.. Tak jarang, kios-kios pulsa atau warung pojok kini berganti menjadi tempat jualan Batu Akik..
Lokasi yang paling ramai dengan transaksi jual beli Batu Akik ini ada di Jalan Kopra (Jalan yang membentang antara Jalan A.Y. Patty dan Jalan Sam Ratulangi), tepat di perempatan Jalan Kopra dengan Jalan Lola (Belakang Bank CIMB Niaga)..
Di sini, para penjual Batu Akik menggelar lapak di emperan toko di sepanjang jalan, dan menjadi pemandangan unik sepanjang hari, baik siang maupun malam hari.. Dan karena lokasi ini sudah membumi di seantero Kota Ambon sebagai pusat jual beli Batu Akik, maka setiap harinya Jalan ini disesaki oleh para pemburu dan penggemar Batu Akik dari semua strata sosial.. Mulai dari pengayuh becak, tukang ojek, sopir angkot, mahasiswa, PNS hingga Pejabat pun turut nangkring di lokasi ini..
Ada yang betul-betul penggila atau kolektor Batu Akik, ada pula yang kategori Newbie yang hanya Latah akan boomingnya Batu Akik ini..
Saking boomingnya Batu Akik beserta pusat lokasi transaksinya ini, maka sering dijadikan bahan guyonan para ibu-ibu yang sementara mencari keberadaan suaminya, atau anak lelakinya bahwa : "Cari aja di Jalan Kopra, atau Cari aja di Belakang Bank Niaga.. Pasti lagi berburu Batu Akik tuhhh.. atau dengan dialek Ambonnya : Cari sa di balakang Bank Niaga, pasti dong ada bacari Batu Bacan di situ suda tuuuu..." emoticon-Big Grin
Inilah Fenomena yang terjadi hampir si seluruh pelosok Tanah Air..
Bagaimana dengan di daerah Agan..???

Spoiler for Pasar Batu Akik1:



Spoiler for Pasar Batu Akik2:



Spoiler for Pasar Batu Akik3:



Spoiler for Pasar Batu Akik4:



Diubah oleh: brokenlatu
Urutan Terlama
Inilah Fenomena yang terjadi hampir si seluruh pelosok Tanah Air..
Bagaimana dengan di daerah Agan..???
wah.. harga di pasar situ masih murah2 ga ya? di sini dah mahal bingit
Quote:


Harga di sini mulai dari Gocap Gan, yang seukuran dadu.. Hingga yang berupa bongkahan segede bola kaki pun ada Gan.. Tapi untuk harga tertinggi di pasaran sini, didominasi ama Bacan Doko Gan, yang seukuran dadu aja bisa tembus 10 jutaan Gan.. Tapi yang jadi favorit para Bapak-Bapak, Batu Jahanam Gan.. Untuk keperkasaan katanya.. emoticon-thumbsup
Diubah oleh brokenlatu
Bisa kirim k kalimantan gx? Hehehe
Quote:


batu jahanam gan emoticon-Cape d...
Hampir tiap pelosok daerah ada pasar batu akik emoticon-Big Grin
Quote:



Bukannya di Kalimantan itu pusat Batu Mulia yang udah terkenal sejak zaman Kompeni..??? Siapa sih yang gak kenal dengan Martapura.. Heheheee... Jadi, harusnya dari Kalimantan yang mengekspor batu buat kite-kite di sini Gan... emoticon-Big Grin
Quote:


Agan ini kayaknya kolektor Batu Hitam Jahanam juga nihhhh.. Share pengalaman dong, efeknya terhadap keperkasaan.. emoticon-Big Grin
Quote:


Kalo di daerah Agan, batu akik jenis apa yang jadi favorit..???
Post ini telah di hapus oleh celanaman
Quote:

Daerah ane deket Rawabening
Rawabening banyak jenis, dari seluruh Indonesia ada emoticon-Ngakak (S)
buset dah sampai ambon juga
ngapain sampai sana cuma beli batu akik
yang deket sini aja udah pada bubar jualannya


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di