alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551a12bc529a45795a8b4571/ahli-pendidikan-amp-fresh-graduate-nganggur-masuk-plis
ahli pendidikan & fresh graduate nganggur masuk plis
kenapa banyak sarjana nganggur?

kalau ada agan yg faham sampai ke akar2nya, jelasin yang gamblang dan siapa/apa yang salah... solusinya gimana...
dan kenapa juga lulusan smk banyak yg "lebih beruntung" daripada sarjana?
reserved
Bingung jg gan
Disitu saya kadang merasa bingung jg
harusnya Para sarjana bisa lebih kreatif emoticon-Thinking


tanya diri sendiri gan..emoticon-Cool

mungkin akibat kurangnya waspada pada proses pemakluman hal-hal yg terjadi secara global ..
bisa jg dikaitkan dalam etika bisnis

emoticon-army
Cuma ngandalkan ijazah sii
Selama kuliah kerjaannya begadang main game
Hahahaha
Sori... Itu mah ane banget
mungkin karena banyak mahasiswa yang ga serius belajarnya gan
atau bisa juga karena terlalu serius belajarnya
intinya ga cuman teory dalam kelas
dunia kerja sangat berbeda
emoticon-Blue Guy Peace



klu di dunia industri c ya memang lebih banyak yang mencari lulusan SMA/SMK atau juga D3 dibandingkan dengan sarjana. karena mereka dibutuhkan di bagian produksi atau teknisi atau laboratorium yang notabene lebih ke lapangan, sementara yang sarjana kadang banyak yang lebih memilih kerja di belakang meja daripada di lapangan. sememntara klu di industri orang lapangan atau teknikal lebih banyak di bandingin dengan orang di belakang meja.

tz juga dari segi gaji, biasanya yang sarjana minta gajinya gede2 gan, mungkin ngerasa sarjana kali ya, padahal pengalaman belum punya tz maunya kerja yang enak gaji gede...emoticon-Cape d... (S)

tapi sebenernya banyak kok perusahaan yang rekruitmennya mintanya sarjana. malah sebagian besar dari mereka wajib menjadi sarjana karyawannya

yah saran ane sih tetep berusaha n berdoa dikasih yang terbaik, terus juga klu cari kerja jangan cuma perusahaan2 gede aja klu emang agan belum punya pengalaman, jangan takut buat ngelamar kerja di perusahaan kecil gan, walaupun gajinya memang jauh dibandingin dengan perusahaan besar, tapi klu agan membuat perusahaan kecil itu jadi besar, agan bakal jadi atasan lho... hehehehhe

atau cara yang lebih ampuh dengan wiraswasta gan... punya usaha sendiri.

intinya c, kita harus mau berusaha dari bawah, jangan cuma pingin langsung enaknya doank..

CMIW
kenapa banyak sarjana nganggur?
mungkin banyak yang ga lolos kualifikasi/ga memenuhi syarat awalnya gan

dan kenapa juga lulusan smk banyak yg "lebih beruntung" daripada sarjana?
mungkin gajinya rendah jadi banyak dicari
1. Terlalu memilih pekerjaan
2. Tidak punya pengalaman organisasi atau kerja part time / volunteer (mahasiswa kupu-kupu)
3. Tidak mengenali potensi diri
4. Grogi dan tidak percaya diri saat interview
5. Tidak tahu apa-apa tentang mata kuliah yang dipelajari
6. Tidak memiliki pengalaman magang atau kursus
7. Tidak bersedia di gaji rendah
8. Tidak bersedia bekerja lembur atau pada saat weekend
9. Tidak mau disuruh-suruh/ tidak tahan banting/ tidak multitasking (terlihat pada saat psikotes dan interview)
10. ..... Ada yang mau nambahin ? emoticon-Ngakak
lulusan sarjana makin banyak gan, yang smk aja bnyak yang nganggur.
Jdi nyari krja jaman skrg persaingannya sangat ketat gan. Harus pintar-pintar nyari koneksi.
Mungkin karena selama kuliah cuma ngejar nilai A? Meskipun nyontek, yang penting dapet A emoticon-Bingung
kurang usaha mungkin, percuma kalo s1 tapi ga ada usaha cari kerja hehe CMIW
Kl menurut ane jnp sarjana byk nganggr karna memilih2 pekerjaan daj ngk gigih dlm menjalani hidup
pengalaman ane..
ane kerja di salah satu konsultan di Jaksel..
ane lulusan SMK..
dan Alhamdulillah ane 3 bln langsung naik jabatan..
dan suatu hari ada bawahan ane org baru bapak2 lulusan S1..
apa yg terjadi?
dia membangkang gan, ane kasih kerjaan dia gak.kerjain..
Ya semacam iri begitulah..
akhirnya ane ngalah lah.. ane juga blm pengalaman ngadepin gitu waktu itu ane masih 19 tahun -_-
padahal gaji ane 3jt n dia 4jt..
karena dia lulusan s1..
ya dari situ tercermin lah, bukan masalah ijazah..
tapi skill dan seberapa cepat nt beradaptasi gan..
menurut ane sih..
sudah terjawab gan...di atas ane dan akan lebih banyak lagi dibawah ane...emoticon-Ngakak (S)
ke edu coba gan
ya buka usaha sendiri gan,udah kepenuhan JD karyawan