alexa-tracking

Tradisi Membakar Mayat Yang Mengerikan Di India

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5519fe7a1a9975fa318b4571/tradisi-membakar-mayat-yang-mengerikan-di-india
Tradisi Membakar Mayat Yang Mengerikan Di India
Tradisi Membakar Mayat Yang Mengerikan Di India

Tradisi membakar mayat identik dengan tradisi Ngaben yang ada di Bali. Tetapi selain di Bali, ternyata di India juga ada tradisi membakar mayat yang dilakukan oleh warga setempat.

Tradisi Membakar Mayat Yang Mengerikan Di India

Berbeda dengan Ngaben yang tampak indah , artistik dan gemerlap sehingga tidak menimbulkan kesan seram dan menjadi daya tarik wisata , untuk tradisi membakar mayat di India ini justru sebaliknya tampak sangat mengerikan.

emoticon-Berduka (S)

Tradisi Membakar Mayat Yang Mengerikan Di India

Betapa tidak, mayat orang yang baru saja meninggal dan masih segar itu segera dilakukan serangkaian prosesi untuk membakarnya. Setelah mayat diberi kain dan bunga, mayat itu kemudian dibawa ke tumpukan kayu bakar di tepi sungai Gangga.

Tradisi Membakar Mayat Yang Mengerikan Di India

Tak berapa lama mayat lalu dibakar dengan disaksikan oleh banyak orang. Sungguh tak bisa terbayangkan bagaimana bau dan horornya suasana saat itu di sana saat api mulai merambat dan membakar mayat.

Abu jenazah dan lainnya sisa pembakaran itu lalu dibuang ke sungai Gangga. Dan mirisnya, tak jarang dalam satu hari ada belasan bahkan ratusan mayat yang dibakar secara bersamaan .

Tradisi Membakar Mayat Yang Mengerikan Di India

Tradisi membakar mayat ini biasa dilakukan di daerah Varanasi - Uttar Pradesh , sebuah kota di tepi sungai Gangga. Dalam kepercayaan masyarakat India, kota ini merupakan salah satu dari tujuh kota suci ( Sapta Puri ) dalam agama Hindu dan Jainisme.

Ghats Varashani adalah nama untuk tempat pembakaran mayat tersebut. Tempat ini sangat luas yang terbuat dari batu dan di buat di sepanjang sungai Gangga. Tempat ini sangat terkenal di India. Selain untuk membakar mayat, juga karena adanya mitos yang berkembang di masyarakat bahwa mereka akan mendapat keberuntung jika kaki mereka tersandung tulang belulang sisa pembakaran mayat .

Tradisi Membakar Mayat Yang Mengerikan Di India

Walau tampak miris dan mengerikan, tetapi tradisi membakar mayat ini sudah berlangsung sejak lama dan diyakini sebagai prosesi memberangkatkan arwah ke alam nirwana. Tradisi itu di satu sisi memang harus dihormati, tetapi di sisi lainnya saya tak bisa membayangkan bagaimana faktor sanitasi dan kesehatan pada lingkungan di sekitarnya.

Tradisi Membakar Mayat Yang Mengerikan Di Indiaemoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)

serem amat yak emoticon-Takut (S)
kalo kita liat kurang kurang manusiawi tapi tahu deh bagi orang india sendiri gmnaemoticon-Takut (S)
bukan tradisi sih gan, tapi lebih ke ajaran agama disono..

kalo di Bali kan Ngaben juga serem, cuman lebih indah soalnya pake wadah trus dibakar pake kompor mayat jadi lebih cepet angusnya jadi abu, dan karena apinya gede jadi gak keliatan serem, cuman setahu ane di Bali abunya mayoritas di buang ke laut gan..

ngeri juga sungai gangga jadi tercemar banget disana emoticon-Berduka (S)
Sudah tradisi ya...
ngeri gan. kata guru ane, jenazah kalo dimandiin itu teriak2 gara2 kesakitan. bau dimandii aja kesakitan apalagi dibakar, ga bisa bayangin gimana rasa sakitnya tuh jenazah
emangnya bakar spt itu bisa hangus total ya? Setau ane kalau di jakarta biasanya kremasi gan. Masukin kedalam 1 ruangan khusus, dan apinya dengan suhu yang sangat tinggi, spy bs kebakar dan tersisa abu. emoticon-Big Grin
Dan ada lagi kepercayaan melarungkan mayat langsung ke sungai. Jadi mayat2 itu ngambang di sungai gangga emoticon-Takut
Ngeri juga emoticon-Takut
Yaelah gan ngapain jauh2 ke india..di Indonesia banyak kaleee...tuh di Bali tradisi ngaben masih ada sampe skarang...
menyangkut kepercayaan umat di sono gan...
namanya juga kebudayaan gan , kadang emang unik emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
serem.. emoticon-Takut
bau nya kaya apa yahh disana??
weeeeeeeeeeeeeeeeew emoticon-Matabelo

apa sama ama yang di bali yak emoticon-Cool
Seremmm gan :spooky
Serem juga gan emoticon-Matabelo
bau manusia kebakar kek gmna ya gan??emoticon-Takut
bener2 ngeri gan, apa ga gentanyangan yah emoticon-Bingung (S)