alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551939440d8b46e9228b4576/kerenmanusia-pasir-asli-indonesia
[KEREN]Manusia Pasir Asli Indonesia
emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Alhamdulillah Uda Second Thread
Mudah-mudahan bermanfaat dan Gak Repost
dan moga-moga bisa dapet emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
dan kalok repost kasih emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)
juga gak papa

Sudah pernah menonton fil Spiderman 3??

[KEREN]Manusia Pasir Asli Indonesia

Masih ingat salah satu peran antagonis dalam film itu??. Musuh Spiderman yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi pasir sehingga memiliki kemampuan berubah menjadi pasir. Anda pasti sudah ingat.

Benar sekali musuh Spiderman itu ialah Manusia Pasir. Manusia pasir memang terlintas sebagai tokoh dalam sebuah film fiksi. Namun jangan salah,justru di Indonesia ada manusia pasir yang nyata.

Kalau kebetulan Anda berada di pantai Lombang, cobalah sesekali berjalan ke arah barat sekitar 3 kilo meter. Sampai di sana, masuklah ke arah selatan. Anda akan melihat rumah-rumah penduduk dengan properti nelayan; sampan, jala, pancing, dan lain lain

[KEREN]Manusia Pasir Asli Indonesia
Namun, bukan itu yang unik. Nelayan di banyak tempat sudah ada. Justru yang menarik diperhatikan adalah sekumpulan orang yang duduk-duduk atau tidur-tiduran di atas pasir di depan rumah mereka. Tua-muda berbaur, memperbincangkan berbagai hal, mulai dari urusan rumah tangga hingga soal pemerintahan, semisal pemilihan Kepada Desa.

Ya, merekalah yang orang-orang sebut sebagai “Manusia Pasir”. Bagi mereka, pasir merupakan “teman hidup” yang tak bisa dipisahkan. Segala aktivitas kehidupan mereka berada di atas pasir, mulai dari urusan rumah tangga, sosial, bahkan ekonomi. Mereka biasa melakukan aktivitas jual-beli di atas pasir.

Pasir tak hanya berada di emperan, melainkan juga masuk ke tempat tidur di dalam rumah penduduk. Menurut mereka, pasir akan terasa dingin pada musim kemarau dan hangat pada musim penghujan. Mungkin hal inilah yang membuat mereka nyaman berada di atasnya.

Secara administratif, lingkungan mereka masuk dalam dua desa; Dapenda dan Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep. Namun, meski masuk dua desa, mereka berada dalam satu dusun, yaitu Lebak.

Sampai saat ini, tampaknya belum ada catatan sejarah yang menjelaskan kapan mereka mulai melakukan aktivitas kehidupannya di atas pasir. Yang jelas, tradisi tersebut merupakan warisan nenek moyang mereka yang masih lestari hingga saat ini.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mereka akrab dengan pasir. Salah satunya, pasir diyakini sebagai alat untuk menyembuhkan berbagai penyakit , bahkan untuk ukuran penyakit ganas, semacam stroke. Tak hanya itu, tidur di pasir juga diyakini dapat menangkal serangan ilmu hitam, semisal santet.

Atas keyakinan tersebut, meski belum ada penelitian secara medis, penduduk di sana mengakui bahwa terapi pasir telah banyak menyembuhkan penyakit-penyakit yang mereka derita.

[KEREN]Manusia Pasir Asli Indonesia

Pasir di Dusun Lebak memiliki tekstur yang sangat halus dan berwana putih gading. Karena itu, orang yang tidur di atasnya merasa nyaman karena tak ada kerikil yang akan mengganggu kenyenyakan tidur mereka.

Menurut D. Zawawi Imron, budayawan Sumenep asli Batang-Batang, kedekatan penduduk dengan pasir tersebut memiliki nilai falsafi. Hal itu merupakan bentuk keintiman mereka dengan muasal dan tempat mereka akan kemabali. Manusia diciptakan dari tanah, dan kelak akan kembali ke dalam tanah.

Sumber Indonesian People
woh keren apa gak panas tu gan?
desa sunagakure ini mah.
desanya gaara emoticon-Big Grin
Setau ane itu pasir bukan sembarang gitu aja gan.
Itu pasir pantai diayak dulu trs dicuci baru kemudian dipakai.
kalo da undur-undur masuk ke kuping bijimane
(._. )a
emang gak takut masuk telinga, mata, apalagi kalau kehirup? emoticon-Hammer2
ane udah pernah liat nih di tipi gan, kalo di perhatiin ntu pasir halus gan
wah2 baru ngerti ane gan emoticon-Matabelo
pasir ditempat ane malah jd bahan bangunan doank emoticon-Big Grin
Itu kalo pasirnya nembus kulit gimana ya? emoticon-Belo
Apa ga sakit paru-paru tuh kalo pasirnya terhisap..
Btw, Indonesia memang kaya akan ragam budaya..
oy bray
bisa gitu ye bray
emang ge takut same radang paru paru bray ?
yo bay
nice share gan thanks

Quote:[KEREN]Manusia Pasir Asli Indonesia

emoticon-Matabelo
kekuatannya apa gan?? emoticon-Bingung (S)

Orang ini bisa jawab gan

[KEREN]Manusia Pasir Asli Indonesia

bantu up yah...
emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
bih kasurnya pun dari pasir emoticon-Matabelo
Waoooo keren gan,bisa gitu

*

lahh serem amat tidur di pasir, gak takut gatel2 apa mereka??
emoticon-Bingung (S)
Udah pernah nonton liputannya gan..unik.ya emoticon-Ngakak nice share cm apa gak.takut ya..misalnya kelilipan atau kehirup emoticon-Bingung
Pasti tuh desa gak ada pelihara kucing. Kalo ada kucing pasti pupup di dalam pasir untuk tempat tidur. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak




yahhh... Habisssss.... emoticon-Frown
itu klo tidur gak kehirup pasirnya..? emoticon-Bingung (S)