alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/551917285a5163ea038b4571/rindu-masa-dimana-sebuah-ban-motor-bekas-bisa-membuat-hari-menjadi-ceria
icon-hot-thread
Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria

Quote:Quote:Mukaddimah
Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
ilustrasi : jancok.com

Quote:
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Masa Kecil adalah Masa yang penuh dengan kegembiraan karena sebagian besar waktu digunakan untuk bermain, bermain dan bermain, banyak permainan dan mainan yang bisa dilakukan pada masa itu, dan satu hal yang paling ane ingat dari masa kecil ane adalah ketika memanfaatkan barang yang “tidak lazim” untuk bermain, maklum saja, ane adalah seorang anak yang dibesarkan di Kampung yang jauh dari kota sehingga mainan kami pun bisa dikatakan “kampungan”. salah satu benda “tidak lazim” itu adalah Ban Motor Bekas. Untuk Mengenang kembali masa-masa kecil yang indah tersebut ane menyusun thread sederhana ini dengan harapan bisa mengajak Kaskuser yang membaca thread ini bisa bernostalgia mengenang kembali masa kecil yang indah itu khusunya bagi mereka yang pernah mengalami dan merasakannya sendiri.

Untuk Membuat Semua Orang Suka Terhadap Sebuah Karya Itu tidak akan Pernah Bisa
Selalu Saja Ada yang Suka dan Tidak Suka
Ane Mohon Maaf Jika Ada yang Tidak Berkenan

Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.

Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Quote:Bermain dengan Ban Motor Bekas,
Adakah yang Pernah Mengalaminya ???

Quote:Quote:Mainan Sederhana Namun Tidak Mudah
Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
ilustrasi : naulipesisir.wordpress.com

Quote:Ban Motor Bekas dari namanya saja kita pasti sudah faham dengan benda yang satu ini, ban bekas yang dipakai disini adalah ban luar, bukan ban dalam, cara memainkannya juga cukup mudah, tinggal menggelindingkannya saja di jalanan kemudian kita pukul-pukul supaya terus berputar dan kita sebagai pemain akan ikut berlari mengikuti laju ban tersebut. Alat Pemukul biasa terbuat dari bilah bambu atau kayu dengan panjang kira-kira 30 Cm, permainan ini jika dilihat cukup mudah, namun pada kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan, kerasnya pukulan terhadap ban akan berpengaruh pada laju dari ban tersebut, karena itu kita harus menggunakan perasaan supaya laju ban bisa menyesuaikan dengan kecepatan kita saat berlari mengikutinya, jangan sampai ban yang kita pukul lajunya terlalu kencang sehingga kita tidak bisa mengejarnya, apalagi tidak ada rem atau alat yang digunakan untuk menghentikan lajunya kecuali kita sendiri yang menahannya dengan tangan, jika lepas kendali bisa-bisa ban tersebut akan menabrak orang atau benda lain di depan sana, untuk itu bagi mereka yang baru pertama kali memainkannya biasanya akan ada semacam “latihan” di tanah lapang untuk bisa menyesuaikan, setelah cukup mahir baru bisa turun ke jalan emoticon-Big Grin

Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Quote:Quote:Blusukan Mencari Ban Motor Bekas
Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Image courtesy of fahmikasyful.blogspot.com

Quote:Sebagai Anak yang tumbuh dan besar di kampung pada Era 80an sampai 90an, sangat jarang sekali orang yang memiliki sepeda motor pada masa itu, hanya mereka yang berasal dari golongan ekonomi menengah ke atas yang bisa memilikinya, dan itu juga berpengaruh pada ketersediaan ban bekas yang bisa dipakai sebagai alat bermain bagi anak-anak pada masa itu, jika ada tetangga, keluarga atau siapa saja yang memiliki sepeda motor, maka sudah pasti orang tersebut akan menjadi tujuan anak-anak untuk dimintai bekas ban motornya yang sudah tidak terpakai lagi, kalau pun tidak ada maka bengkel yang ada di sekitar kampung juga bisa menjadi sasaran untuk mencari ban bekas, pada jaman dulu ban bekas jika sudah tidak dipakai lagi akan dibiarkan saja menjadi sampah, beda dengan jaman sekarang yang bisa dijual lagi untuk dimanfaatkan untuk hal lain. Faktor masih jarangnya orang memiliki kendaraan juga berpengaruh pada kondisi jalanan yang cukup lengang sehingga cukup aman digunakan untuk bermain oleh anak-anak pada masa itu, apalagi untuk bermain ban motor bekas ini, sangat kondusif. emoticon-Big Grin

Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Quote:Quote:Serunya Putar-putar Kampung Bareng teman-teman
Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Image courtesy of antaranews.com

Quote:Memainkan permainan ini bisa dilakukan sorang diri, namun yang paling mengasikkan tentu saja bermain bersama teman-teman, waktu yang pas untuk memainkannya adalah pada sore hari supaya cuaca tidak terlalu panas, biasanya pada saat pulang sekolah anak-anak akan membuat janji untuk berkumpul di suatu tempat sambil membawa ban yang akan digunakan untuk bermain, setelah semuanya berkumpul maka mulailah permainan ini dilakukan, rute yang dilalui ya disekitar jalanan yang ada di kampung, semua jalan dan gang yang ada di kampung akan habis dilalui dengan berlari-lari kecil sambil memukul ban bekas motor tersebut, selain melalui rute di sekitar kampung, terkadang anak-anak yang bermain bisa juga sampai ke kampung sebelah atau ke suatu tempat yang direncanakan, misalnya ke pantai atau ke sungai, istilah jaman sekarangnya mungkin touring, namun jika touring yang kita kenal adalah dengan mengendarai kendaraan tertentu, makan touring disini adalah mengunjungi suatu tempat sambil membawa ban bekas emoticon-Big Grin

Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Quote:Quote:Paling Asik adalah Balapan
Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Image courtesy of rejaktou.blogspot.com

Quote:Selain cuma berputar-putar sambil berjalan dan berlari menelusuri jalanan yang ada di Kampung, kegiatan yang paling mengasikkan ketika bermain menggunakan ban motor bekas ini adalah adu kecepatan alias balapan. Aturannya sama dengan balapan pada umumnya, dimulai dari garis start kemudian berlari dengan kencang sampai ke garis finish, siapa yang sampai duluan maka dialah yang menjadi pemenang, namun yang membedakan adalah tentu saja pada ban motor bekas yang harus dibawa berlari, perlu strategi dan ketepatan supaya kita bisa sampai garis finis lengkap dengan ban yang dibawa, jangan sampai kita duluan berlari dan ban tertinggal atau malah sebaliknya, ban yang duluan sampai sementara kita belakangan, selain itu yang harus diperhatikan adalah laju ban yang tetap stabil dan tetap pada jalur supaya tidak saling menabrak dengan ban teman berlomba, sepintas cukup mudah namun sulit dilakukan, tidak jarang ban yang dibawa berlari akan saling bersenggolan sehingga keluar dari lintasan dan itu akan menghambat laju lari kita, kegiatan balapan ini adalah kegiatan yang paling seru untuk dilakukan, sorak sorai teman-teman yang menyemangati akan semakin menambah semarak suasana perlombaan.

Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Quote:Quote:Selalu Setia Menemani
Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Image courtesy of rejaktou.blogspot.com

Quote:Bisa dikatakan ban motor bekas ini sudah seperti kendaraan bagi anak-anak pada masa itu, kemana saja mereka pergi bermain maka ban bekas ini selalu menjadi teman dalam perjalanan, saat pergi ke rumah teman untuk belajar, saat pergi ke lapangan untuk bermain bola atau kemana saja dan mau bermain apa saja maka ban motor bekas ini akan selalu setia menemani (mungkin saat sekolah saja tidak dibawa karena bisa-bisa dibuang sama bapak dan ibu guru), bahkan dulu ketika ane pergi mengaji ane sampai bawa ban motor bekas ini ke tempat ngaji, cuma pulangnya aja ane bingung karena jalanan agak gelap sehingga terpaksa bannya tidak digelindingkan tapi dibopong, maklum saja namanya juga anak kampung, jadi mainan kayak gini sudah sangat menyenangkan bagi kami, bahkan jika tidak ada ban motor bekas, ban sepeda bekas pun jadi juga, jika mereka bermain dengan mobil-mobilan maka kami bermain dengan ban motor bekas, meskipun begitu setidaknya ban motor bekas ini punya kenangan yang indah saat menemani masa kecil kami yang penuh dengan keceriaan.

Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Quote:Quote:Bagaimana Kini ?
Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Image courtesy of antarafoto.com

Quote:Seperti halnya permainan pada jaman dulu lainnya yang mengharuskan si anak untuk bergerak dalam bermain (termasuk juga bermain ban bekas ini), maka bisa dikatakan anak-anak bermain sambil berolahraga, sebuah permainan yang mungkin pada saat ini sudah jarang dilakukan oleh anak-anak karena banyak faktor, misalnya saja mainan yang sudah semakin banyak dan makin canggih serta kondisi jalanan yang sudah ramai dengan kendaraan sehingga tidak aman bagi mereka untuk bermain disana, kalopun ada yang masih memainkannya maka mungkin itu ada di pelosok negeri yang masih belum terlalu terkontaminasi oleh perubahan.

Sekian dan Terima Kasih
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Quote:
Terima kasih Buat yang Udah Nimpuk

Spoiler for SEGER..:


Rindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi CeriaRindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi CeriaRindu Masa dimana Sebuah Ban Motor Bekas Bisa Membuat Hari Menjadi Ceria
Quote:
SUMBER THREAD

Hasil Pemikiran Sendiri

Untuk Komentar Pilihan

Quote:Original Posted By liliput11
ahh setiap trit TS bikin nostalgia wkwkw . ane anak thn 2000 pernah main ginian malah , dulu bahan udh bnyk banget gan kita keliling komplek bahkan main roda sambil dikejar dog pas waktu itu ngebut banget dah ampe kaya sepeda motor asli untungnya kita mencar . overall seru banget dan bikin kita makin deket ama teman trus bisa melatih sportifitas

Quote:Original Posted By hello.kimcil
untuk tongkat pengarahnya biasanya pake tabung bekas sabun colek yg dipotong separuh lalu dipaku ke sebatang kayu, jadi deh bannya bisa disetir sesuai keinginan ridernya emoticon-Ngacir2

Quote:Original Posted By deckersteamer
sialan nih TS ngingetin gw dijaman itu emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown gw smpe nyolong ban bekas dibengkel py bokapnya temen. biarpun sederhana tp bhagia mainin ban kek gini...hmmm masa2 yg indah emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By geap
ah....... baca thread ini, ane langsung ingat gimana bunyi ban yang dipukul pake kayu supaya bannya jalan. memang benar, butuh ketrampilan tersendiri untuk mengendalikan jalannya ban, ane pernah rasain gimana pertama kali mainin tu ban. susah!

Quote:Original Posted By nashiru
mainan ane waktu kecil dulu gan.. emoticon-Sorry
selain digelindingkan dg cara dipukul atau dibuat balapan, juga sering dimainin dg cara dilompatin gan..
jadi berdiri secara baris dg jarak kira" 1 - 2 meter kemudian salah satu anak menggelindingkan ban dari depan dan secara bergantian kita yg baris lompatin itu ban., meski sederhana itu adalah mainan masa kecil yg indah.. emoticon-Matabelo
pernah juga berantem sama temen gara" rebutan ban vespa.. emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By kutilang21
Hahaha. Nostalgia abis gan. Dulu pas tahun 2000an itu seru banget buat mutar mutar komplek sampai buat ajang balapan di sekitar komplek. Biasanya dulu itu nyari susah gan, sampai nyuri segala di bengkel kalo gak di kasih. emoticon-Hammer (S)

Dulu itu setiap merk ban ada masing masing kelebihannya gan. Dulu sering make yang merk irc. Slim, gak terlalu lebar, dan ringan buat di pacu. Hahaha. Ada ada aja yah, maklum anak kecil dulu belum ngerti apa apa yang penting senang. emoticon-Ngakak (S) emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By 43215
Wah ini gue banget nih... utk mengarahkan (manuver) laju ban biasanya kita tekan pemukul ke bagian sisi ban bekas (tekan bagian kanan ban akan belok kiri dan sebaliknya. Keterampilan ini diperlukan saat menyusuri jalan atau lorong perkampungan yg berbelok-belok.
Ada lagi pemukul (batang kemudi) yg dilengkapi dgn irisan bekas (pokoknya semua serba memanfaatkan barang bekas) wadah sabun colek yg jaman doeloe terkenal dgn merk B-29. Bagian irisan bekas wadah B-29 dipakai utk mendorong ban supaya berputar dan juga mengendalikan arah gerakan ban bekas menggelinding. Seruuu dah... apalagi sambil main kejar-kejaran dgn lawan main berkelompok....
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By 43215
Ini ada cuplikan video dari youtube, gan...
Silahkan jika berkenan pajang di pejwan:
Gank Ex Bicycle Tire:
youtube-thumbnail






ane waktu kecil gak maen ban gan

maennya takadal emoticon-Traveller
Jadi inget waktu kecil nih,pernah main kaya ginian tapi bukan pake ban motor,pake nya bab sepada emoticon-Ngakak (S)


emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose
Masa kecil yang bahagia walaupun dengan permainan yang sangat sederhana...
Ane seringnya buat balapan gan emoticon-Ngakak
Dulu motor gak ramai dijalanan seperti sekarang emoticon-Ngakak
jaman ane pake ban sepeda tuh gan. jadi nostalgia.
nice thread gan emoticon-Rate 5 Star
ban bekas biasane ane sering buat main gelinding ato balapan..
dipakai buat pelampung menyusuri kali (sungai) deket rumah dulu... emoticon-Big Grin
pas banjir buat pelampung sambil mancing ikan di tepian biar aman emoticon-Smilie
kalo anak jaman dlu pasti ngrasain gan..
Ane inget banget tuh permainan ban bekas. Ampe ada julukkan "Stick" sakti, stick kayu yang gerakin ban. Mirip tongkat harry potter lah emoticon-Ngakak
keren tuhh jadi kangen main begituan
Sebagai anak kampung jaman dulu ane juga udah ngerasain main gelinding2 ban gan emoticon-Cool
Cuman kalah terus kalo balapan emoticon-Ngakak (S)
Lawan ane semua anak cowok mana kasar mainnya emoticon-Cape d... (S)emoticon-rose
Sumpah gan jadi pengen balik ke masa kecil emoticon-Mewek
Haha, jadi inget dulu
Skarang mah dibakar2 buat demo emoticon-Cape d... (S)
keren gan, jd inget masa kecil ane emoticon-Malu (S)
ts bikin ane terkenang jaman sd emoticon-Matabelo
mejeng di trhead calon HT emoticon-Cool
Sempet ada lomba gerak jalan sambil bawa ban bekas dulu di rt ane waktu 17an emoticon-Ngakak
tetangga ane skr masih ada yg punya ayunan dari ban bekas mobil,,,dia pasang di pohon rambutan.....anak2 sekitar msh sering pake buat main ayunan...maklum ane tinggal dikampung emoticon-Malu (S)
ane rindu masa2 membakar ban bekas saat demo gan.