alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5518f84d98e31b080a8b4568/renungan-surat-terbuka-jaya-suprana-kepada-ahok
[Renungan] Surat Terbuka Jaya Suprana Kepada Ahok
[Renungan] Surat Terbuka Jaya Suprana Kepada Ahok

Dimuat di harian Sinar Harapan edisi Rabu, 25 Maret 2015

Bapak Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang terhormat.

Saya sangat menghormati, menghargai, dan mengagumi semangat perjuangan Anda dalam membasmi korupsi dari persada Nusantara tercinta ini. Bagi saya, Anda memang layak tokoh pembasmi korupsi Indonesia yang paling konsekuen dan konsisten. Anda layak dielu-elukan sebagai jawara, pendekar, cowboy, bahkan superhero pembasmi korupsi seperti yang tampil di berbagai meme yang mengelu-elukan semangat perjuangan Ahok membasmi korupsi.

Sebagai sesama warga Indonesia keturunan Tionghoa dan umat Nasrani, saya juga sangat bangga atas semangat perjuangan Anda membasmi korupsi. Namun, akhir-akhir ini terasa bahwa lamat tetapi pasti timbul rasa kebencian masyarakat terhadap kata-kata dan kalimat-kalimat Anda yang dianggap tidak sopan dan tidak santun sehingga tidak layak saya tulis di surat permohonan terbuka di Sinar Harapan yang tersohor sopan dan santun dalam pemberitaan ini.

Bahkan, teman-teman saya yang cendekiawan, rohaniwan, akademikus bukan politikus yang semula mendukung Anda kini mulai meragukan dukungan mereka terhadap Anda. Apalagi mereka yang sejak semula tidak mendukung kini malah mulai membenci Anda. Saya tahu, Anda seorang pemberani, apalagi sudah disemangati oleh mereka yang muak korupsi, tetapi tidak mau atau tidak mampu turun tangan sendiri, pasti sama sekali tidak takut menghadapi dampak ucapan kata-kata Anda. Namun, saya yang pengecut ini yang takut dan saya yakin saya tidak sendirian dalam ketakutan.

Bukan rahasia lagi, bahkan fakta sejarah, bahwa telah berulang kali terjadi malapetaka huru-hara rasialis di persada Nusantara. Akibat memang beberapa insan keturunan Tionghoa bersikap dan berperilaku layak dibenci maka beberapa titik nila merusak susu sebelanga. Akibat beberapa insan keturunan Tionghoa bersikap dan berperilaku layak dibenci maka seluruh warga keturunan Tionghoa di Indonesia dipukul-rata untuk dianggap layak dibenci.
Cukup banyak warga keturunan Tionghoa jatuh sebagai korban nyawa termasuk ayah kandung dan beberapa sanak-keluarga saya sendiri di masa kemelut tragedi G-30-S. Nyawa saya pribadi memang selamat, namun sekolah saya dibakar dan ditutup hanya akibat digolongkan sebagai sekolah kaum keturunan Tionghoa, padahal saya pribadi tidak pernah setuju komunisme.

Ketika huru-hara rasialis 1980-an di Semarang, kantor saya dilempari batu. Mobil saya dibakar dan rumah saya nyaris dibumi-hanguskan para huruharawan apabila tidak diselamatkan oleh TNI, kepolisian, dan tetangga saya yang justru bukan keturunan Tionghoa.

Saya kira, Anda juga sadar bahwa kini memang tidak ada lagi penindasan terhadap kaum keturunan Tionghoa, namun jangan lupa bahwa suasana indah ini hanya bisa terjadi berkat perjuangan almarhum Gus Dur, yang dilanjutkan Megawati, SBY, dan kini Jokowi yang secara politis dan hukum melarang diskriminasi terhadap kaum keturunan China yang berdasar Keppres SBY 2014 disebut Tionghoa.

Pada kenyataan sebenarnya kebencian terhadap kaum Tionghoa di Indonesia belum lenyap. Kebencian masih hadir sebagai api dalam sekam yang setiap saat rawan membara, bahkan meledak menjadi huru-hara apabila ada alasan. Tidak kurang dari Imam Besar FPI, Habib Rieziq, menyatakan kepada saya pribadi bahwa beliau menghargai semangat Anda membasmi korupsi, namun yang tidak disukai pada diri Anda hanyalah kata-kata tidak sopan saja.

Bukan sesuatu yang mustahil bahwa kata-kata tidak sopan Anda menyulut sumbu kebencian sehingga meledak menjadi tragedi huru-hara yang tentu saja tidak ada yang mengharapkannya. Maka dengan penuh kerendahan hati, saya memberanikan diri untuk memohon Anda berkenan lebih menahan diri dalam mengucapkan kata-kata yang mungkin apalagi pasti menyinggung perasaan bangsa Indonesia. Terima kasih dari seorang warga Indonesia yang tidak sepemberani Anda.
Jaya Suprana

kita adalah orang yang kritis, terbebas dari fanatisme sempit!

jangan sampai ego segelintir mengorbankan kepentingan yang besar
Mulutmu harimaumu
emoticon-I Love Indonesia (S)
Makanya banyak pemimpin munafik yang sukses di negeri indon emoticon-Betty
Pemimpin yg bener2 bagus selalu di cari-cari kesalahan nya emoticon-Ngakak
Hati hati om ahok kalau mau bicara...
org biasa ngomong kasar aja di sosmed biasa di.penjara

tapi ente pemimpin jakarta bisa ngmong ksar dan tidak sopan di media, jngan bikin malu lah
Skrg banyak yg mmbenci anda om
ane pribadi suka ada pemimoin tegas tapi kalo tegasnya berlebihan dan tidak sesuai etika ya tetep aja berarti dia tidak pantas mnjadi pemimpin.
serba salah juga sih
daripada santun tapi rampok

emoticon-Blue Guy Peace
jaga bicara dan tetap tegas pasti bisa dong emoticon-rose
Semua salah dimata orang lain emoticon-Betty
Ciri Ciri Negarawan Ini emoticon-I Love Indonesia (S)
semoga yang bersangkutan membaca,,
dan memahami,,
kalo menurut gw, Ahok pake juru bicara aja emoticon-thumbsup

dan calon jubir yang tepat buat Ahok adalah Farhat Abbas... emoticon-Betty (S)

bingung dah ane mau ngomong apa
cie pake akun palsu... niat bener belokin pandangan orang...
ITU semacam ketakutan berlebihan
[Renungan] Surat Terbuka Jaya Suprana Kepada Ahok
ternyata hanya ketakutan berlebihan aja... lanjut koh

koruptor lah penjahat sebenarnya..
ijin nyimak aja gan
Masukan baik mudah2an bisa di lakukan,tapi masukan ini jangan terus membuat Pak Ahok kehilangan taring untuk memberantas korupsi.. tapi kalau ucapan baik anda membuat anda lemah saya lebih setuju anda tetap seperti ini, syukur2 baik tutur kata,tegas dlm bertindak
Quote:Original Posted By diksichilya
ITU semacam ketakutan berlebihan
[Renungan] Surat Terbuka Jaya Suprana Kepada Ahok


ane setuju quote ini.

tapi mungkin ada sedikit perbedaan, Ahok adalah pemimpin yang harusnya ngasih contoh yang baik.

disatu sisi, kalo cara ngomong Ahok tidak sefrontal sekarang, mungkin kita juga ga tau tentang "UPS berbentuk USB seharga 5,8M" atau tentang "air ludah yang berubah jadi duit" macam sinetron ind*siar..

ane yakin masih banyak orang2 spt ahok, kang emil, bu risma di negeri tercinta emoticon-I Love Indonesia (S)


emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By diksichilya
ITU semacam ketakutan berlebihan
[Renungan] Surat Terbuka Jaya Suprana Kepada Ahok


checkmate emoticon-Ngakak
Bener gan, ane bukan fanatiknya ahok cuman ane seneng dengan cara memimpin dia, terlepas dari sara gan, konsisten membasmi korupsi, tetapi disayangkan kalo dia lagi emosi suka ngeluarin kata-kata yang kotor, itu aja sih emoticon-Big Grin