alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5518cf79162ec237588b456b/jtw-kenaikan-harga-bbm-picu-kekacauan-sosial
JTW: Kenaikan Harga BBM Picu Kekacauan Sosial
Jakarta, HanTer - Jakarta Transportation Watch (JTW) menilai kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar dapat menimbulkan kekacauan sosial dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan efek domino kenaikan harga BBM tersebut adalah kenaikan harga bahan pokok, kenaikan ongkos moda transportasi publik, dan tarif logstik.
Spoiler for :


''Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tersebut juga akan menimbulkan chaos dari operator sarana transportasi laut, sungai dan penyeberangan, dan juga para nelayan tradisional, dikarenakan tidak jelasnya ketentuan penentuaan tarif dan ongkos,'' Ketua JTW, Andy William Sinaga dalam siaran persnya yang diterima redaksi Harian Terbit, Senin (30/3).

Andy memprediksi bahwa kekacauan sosial sebagai akibat dampak kenaikan harga BBM bagi masyarakat diberbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, adalah membenturkan para pengguna transportasi dan operator transportasi. Kenaikan ongkos moda transportasi publik secara sepihak akan terjadi, dan masyarakat banyak akan terkena dampak dari kenaikan harga BBM tersebut.

Selain itu, katanya, JTW juga mencatat adanya kenaikan signifikan harga onderdil dipasaran, sehingga dapat menimbulkan kekhawatiran akan penggunaan kanibalisasi onderdil bagi operator transportasi publik, seperti mikrolet, dan mikro bus di Jakarta yang diprediksi dapat meningkatkan angka kecelakaan di jalan raya.

Untuk itu, lanjutnya, JTW menghimbau agar Presiden Joko Widodo segera menentukan kebijakan strategis dalam mengantispasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) khususnya dibidang transportasi publik, seperti memberikan subsidi atau harga khusus BBM bagi operator transportasi publik. Misalnya dengan menetapkan harga BBM jenis solar bagi operator transportasi publik sebesar Rp.6000 (enam ribu rupiah). Dengan memberikan harga tetap bagi operator transportasi publik tersebut dapat meringankan beban rakyat dari gempuran kenaikan harga – harga yang cukup signifikan sebagai akibat kenaikan harga BBM tersebut.

''Sepatutnya DPR RI tidak sibuk dengan masalah–masalah internal parpolsehingga melupakan tugas–tugasnya sebagai wakil rakyat yaitu memberikan kritisi terhadap kebijakan pemerintah,terutama dalam penentuan kenaikan harga BBM, JTW mendorong agar DPR RI melakukan hak angket bagi Presiden Joko Widodo untuk menanyakan alasan dan strategi pemerintah dalam menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM),'' paparnya.

(Anu)

sumber : http://www.harianterbit.com/national...kacauan-Sosial
Bijimana kalau sampe kek gitu ye emoticon-Belo
dah biasa lama2 gan.
mo di omong, di demo kek apa jg ga ngefek.

paling siapin diri aja, kedepan klo beneran terjadi kerusuhan, apa yg musti kita lakukan buat melindungi diri emoticon-Ngakak (S)
BBM Susah Naek tapi Gampang Turun
iya tuh
BBM naek rp. 500
barang2 kebutuhan pokok naek berkali2 lipatnya

emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By Temphe.Bachem
ini kan menurut ane kebijakan yang secara ga sadar dibuat sama masyarakat indo gan dan pemerintah ngejalanin kebijakan itu, karena bbm subsidi sekarang harganya mengacu pada pergerakan minyak dunia yang disesuaikan dengan harganya dengan harga bbm bersubsidi itu sendiri



Coba deh gan, bandingin harga bbm non subsidi di indonesia sama tetangga sebelah... Masih mahalan disini.. Wong harga bbm subsidi (ron 88)saja masih lebih mahal di indonesia dari pada di negara tetangga.. Kalo berani cabut tuh subsidi bbm, serahin sama mekanisme pasar.. Ketahuan entar siapa yang ga "siap"..
Quote:Original Posted By esyeye


Coba deh gan, bandingin harga bbm non subsidi di indonesia sama tetangga sebelah... Masih mahalan disini.. Wong harga bbm subsidi (ron 88)saja masih lebih mahal di indonesia dari pada di negara tetangga.. Kalo berani cabut tuh subsidi bbm, serahin sama mekanisme pasar.. Ketahuan entar siapa yang ga "siap"..


Negara sebelah yg mana gan? Tu negara masih pakainya Ron 88 apa?
Kalo di Indonesia belum siap kalau harga dilepas ke mekanisme pasar gan, harusnya presiden mengikuti saran wantimpres soal ini yg menurut ane dah bagus kok,,
Yaitu harga dirubah tiap 6 bulan sekali, jadi tidak kaget gan,,
Kalo ngikut harga pasar seperti sekarang ini, umpama harga bbm naik-> harga naik 2 point,
Harga bbm turun -> harga turun 1 point
Harga bbm naik lagi -> harga naik lagi 2 point,,
Seterusnya begitu sampai harga2 bs melejit tinggi gan, umpama aja,,
Didukung oleh masih rendahnya nilai rupiah,,
ah ga juga kalau mengacaukan sosial gan, selow aja, biar jokowi aja yang stress sndiri ntar emoticon-Toast
Udah sejak dulu gan emang gitu bbm naik semua naek giliran turun laine tetepemoticon-Ngakak (S)
ya memang bener ini mah, kacau dah era searang ini emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By jfgi
ya memang bener ini mah, kacau dah era searang ini emoticon-Hammer2


siapa lagi yak yang peduli sama hal semacam ini emoticon-Mewek