alexa-tracking

Mahasiswa ISI Gelar Demo Batik di CFD Solo

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5518cd1c9e740443628b4569/mahasiswa-isi-gelar-demo-batik-di-cfd-solo
Mahasiswa ISI Gelar Demo Batik di CFD Solo
Surakarta, HanTer - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Batik Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, mengadakan demo membuat batik di Car Free Day (CFD) Solo, Minggu (29/03/2015). Kegiatan demo batik ini dilakukan sebagai wadah promosi Prodi Batik ISI Surakarta.

“Kita disini, mau promosi prodi kita, memberi tahu masyarakat kalo Prodi Batik enggak cuma bisa batik aja, tapi bisa bikin gaun, dari kain batik sampai jadi gaun, kosase dan fashion, modeling, pokoknya bisa semuanya,” ungkap Swesti Andi Apriana Denti, salah satu penggagas kegiatan ini.
Spoiler for Gambar 1:

Di stand ini, pengunjung dapat mempelajari bagaimana, cara membuat pola batik di atas kain batik yang sudah disediakan oleh panitia, sekaligus dapat belajar dasar-dasar make-up. Pengunjung juga dapat menanyakan, beberapa hal mengenai cara membuat batik tulis dan batik cap, serta teknik membuat gaun tanpa menggunakan jahitan atau teknik drepping. Pengunjung belum diajarkan cara membatik dengan canting, baru dikenalkan dasarnya saja. Hal ini ditujukan, agar masyarakat mengenal dulu dasar-dasar membatik.

Selain sebagai kegiatan promosi prodi, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas, bahwa batik adalah budaya kita, dan juga mengenalkan kepada generasi muda untuk tidak malu mengenakan batik.
Spoiler for Gambar 2:


Promosi yang dilakukan, tidak hanya di CFD Solo saja, tetapi ke beberapa sekolah SMA dan SMK di Solo. Selain itu, bentuk promosi dilakukan dengan mengikuti beragam acara seperti di Jakarta, Jember, Semarang dan beberapa kota lainnya. Panitia demo batik ini terdiri dari 52 mahasiswa prodi batik, semester 2, 4, dan 6 yang sebagian besar tergabung dalam kelompok Seni Batik ISI Surakarta (Sbasita).

Masyarakat awam pun, bila ingin belajar membuat batik, dapat bergabung dengan kelopok Sbasita. Ini adalah kali ke empat Prodi Batik mengadakan demo batik dan promosi Prodi di CFD Solo. Kegiatan ini rutin dilakukan, menjelang penerimaan mahasiswa baru Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Tahun ajaran 2015/2016.

(Alivatuddiniyah/Mahasiswi UNS Solo) emoticon-Blue Guy Peace

_Sumber berita: http://www.harianterbit.com/hanterci...ik-di-CFD-Solo
gelaran acara yg bermanfaat nih emoticon-2 Jempol
sukses buat Sbasita emoticon-I Love Indonesia (S)
semoga sukses gan buat acaranya