alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5518b05b0d8b46cb438b4569/nasib-tukang-foto-polaroid-yang-tergusur-jaman
icon-hot-thread
Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Bissmillahirrahamnirrahim
Assalamualaikum.. Semoga bermanfaat emoticon-I Love Indonesia (S)

Terimakasih Mimin, Momod, dan Kaskuser thread ane jadi HT
Spoiler for Hot Thread:

Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Spoiler for cek repost:

Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Quote:Quote:Apakabar kamera Polaroid?Quote:
Spoiler for check this:
Quote:Jaman sekarang melihat kamera ini seperti menemukan fosil saja. Ditengah hiruk pikuk serbuan kamera saku digital dan juga hape berkamera, kamera Polaroid seperti habis sudah dimakan jaman.

Namun, sesungguhnya selama 10 tahun terakhir, Polaroid masih dipakai dibeberapa wilayah dikota besar. Dan tempatnya beredar hanya ada diarea wisata yg ramai pengunjung. Katakan saja jika ke Ancol atau ke kebun binatang Ragunan, para fotografer keliling dengan pintar merayu pengunjung agar mau berfoto memakai Polaroid.

Pengunjung yg datang tanpa kamera, bisa mendapatkan jasa fotografer keliling ini untuk berfoto bersama. Saat indah akan terekam bersama Polaroid, sebuah kenangan manis bak suvenir yg indah diingat kelak.

Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Quote:Quote:SejarahQuote:
Spoiler for check this:
Quote:Polaroid ditemukan oleh Edwin Land dengan nomor paten 2435720. Dia adalah pria amerika yg melahirkan satu alat fotografi jenis baru yg disebut sebagai kamera foto instan langsung jadi. Cikal bakal kamera pertama Polaroid beredar dipasaran sekitar November 1948 dan mendapatkan sambutan antusias. Tahun 1960, dengan menggandeng Henry Dreyfuss ia kemudian melahirkan jenis kamera bernama Automatic 100 Land Camera, lalu kemudian muncul Polaroid Swinger camera tahun 1965.
Quote:Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman

Selama masa jayanya Polaroid mengeluarkan beberapa tipe dan jenis kamera dipasaran. Dan tanpa diketahui banyak publik di Indonesia, Polaroid sebetulnya juga mengeluarkan tipe ‘movie camera’ yang juga mempunyai prinsip sbg kamera instan. Nama produknya adalah: Polavision.

Satu unit alat ini termasuk kamera, film nya, dan tentu saja alat untuk melihat (movie viewer). Sayang, polavision tidak berjaya dipasaran karena dia hanya mampu memakai ASA 40 yang artinya saat pengambilan gambar harus membutuhkan cahaya super terang.


Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman

Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Quote:Quote:Tukang Foto Keliling Vs TeknologiQuote:
Spoiler for check this:
Quote:Sekitar tahun ‘80-an profesi tukang foto keliling sempat memiliki masa “jaya”nya. Pekerjaan menawarkan jasa memotret yang sering dijumpai terutama di tempat-tempat wisata/acara khusus ini sempat menjadi tren ketika jaman teknologi “foto langsung jadi”. Itu loh, kalau nggak salah, yang dinamakan teknologi “polaroid”. Yang ketika selesai mengambil gambar, kertas/lembar foto dikibas-kibas, ..pek..epek..epek, lama-lama gambarnya nongol, jadi deh! Memang, hasil fotonya lumayan, tapi lembar fotonya tampak tebal di belakangnya (seperti ada semacam spon). Jelas, mereka cukup laris saat itu, karena sifat “narsis” sudah dari dulu ada dan teknologi belum semudah sekarang ini.

Seiring bergulirnya jaman, profesi ini sepertinya terpaksa tertatih-tatih untuk bisa sekedar eksis. Dengan problem serupa, bahkan produsen sekelas KODAK pun harus gulung tikar karena menyerah, salah satunya karena menghadapi tantangan ini.Teknologi polaroid dan sejenisnya sudah tergusur kehadiran foto/cetak digital yang mampu dioperasikan setiap orang via ponselnya, meskipun penggemar foto polaroid baru-baru ini berusaha bernostalgia mengenang/mempopulerkan kembali.

Para tukang foto keliling ini sampai sekarang masih ada dan berusaha bertahan, tentu saja dengan mencoba beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi yang ada serta mengubah pola kerja/“pemasarannya”. Polaroid jelas tidak ia gunakan lagi, kamera digital sudah mereka pergunakan. Yang berbeda adalah cara mereka menawarkan jasa. Dahulu mereka menawarkan jasa “untuk memotret” saja, sekarang lebih fokus pada menawarkan jasa dan “menjual hasil jepretannya”.

Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Quote:Quote:Tukang Foto Keliling Sudah Pakai Print DigitalQuote:
Spoiler for check this:
Quote:Jaman polaroid sudah habis. Tukang foto keliling sudah tidak pakai Polaroid lagi sejak produksi film instan dihentikan oleh pabriknya. Ketika pengumuman penghentian film polaroid resmi diluncurkan, banyak kalangan terhenyak, bukan cuma kalangan pemerhati fotografi, tapi tentu saja ribuan tukang foto keliling yg tersebar diseluruh penjuru lokasi wisata yg ada dibanyak tempat. Polaroid adalah salah satu pilar penting buat keluarga menengah-bawah yang berwisata kesatu lokasi dan ingin mendapatkan foto keluarga dari tukang foto keliling yg ada disana.

Jaman dulu, kebutuhan foto bersama sambil wisata tentu saja dipenuhi oleh kamera ajaib instan Polaroid itu. Dan sekarang ketika polaroid sudah lenyap dari jalanan, kini diganti oleh kamera digital plus dengan printer digitallnya. Tidak heran, kini kita akan jamak melihat tukang foto keliling dilokasi wisata membawa kamera saku digitall berikut dengan printer portabelnya. Sehabis memotret pelanggan, foto tinggal dicetak diprinter yg ada didalam tasnya, tunggu sekian menit, maka foto jadi siap diberikan kepelanggan.

Mudah dan gampang. emoticon-Malu (S)


Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Spoiler for source:


Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman

Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman

Spoiler for El Komento:
haha jaman emang udah beda
dulu pas ane wisudaan itu baru dateng ke gerbang sama ortu langsung di samperin trus di foto2 gitu
eh pas pulang di tagih biaya foto2 sambil ngasih hasil cetak nya
Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Jadi inget cerita tukang foto yang di pasar festival emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By dadang9111
haha jaman emang udah beda
dulu pas ane wisudaan itu baru dateng ke gerbang sama ortu langsung di samperin trus di foto2 gitu
eh pas pulang di tagih biaya foto2 sambil ngasih hasil cetak nya
Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman
Nasib Tukang Foto Polaroid Yang Tergusur Jaman

hehe. berapa kenak itu gan? zaman dulu ane masih kecik. wkwkwk
Quote:Original Posted By gamerzkid89
Jadi inget cerita tukang foto yang di pasar festival emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

ane kok gak tau ceritanya ya gan? emoticon-Berduka (S)
sekarang udah pada bisa beli kamera polaroid sendiri emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By gfy
sekarang udah pada bisa beli kamera polaroid sendiri emoticon-Big Grin


iya bener gan. kadang sekarang kalok kita ketempat wisata gitu ga tega juga ngeliat tukang foto yang menawarkan jasanya. emoticon-Frown
Yaitu udah umum sekarang gan, setiap individu bisa membelinya.
ane baru tw gan ada kamera polaroid, atu ane nya yang kudet yah emoticon-Hammer (S) ,
tapi yang pasti derasnya arus teknologi informasi saat ini, menggusur banyak hal manul ketika jaman dulu ,

emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By battencourt
Yaitu udah umum sekarang gan, setiap individu bisa membelinya.


iya gan. jadi makin tergusur tukang poto keliling.
iya gan, salah satu dampak kemajuan teknologi
semua ada masanya gan. . .nasibnya sama kaya perangko yg dh mulai dilupakan
Quote:Original Posted By dopoj0npen
ane baru tw gan ada kamera polaroid, atu ane nya yang kudet yah emoticon-Hammer (S) ,
tapi yang pasti derasnya arus teknologi informasi saat ini, menggusur banyak hal manul ketika jaman dulu ,

emoticon-Rate 5 Star

iya bang yan,, zontohnya hal yang diatas ini. emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By not..found
iya gan, salah satu dampak kemajuan teknologi

iya gan bener.
Quote:Original Posted By wakajibalung
semua ada masanya gan. . .nasibnya sama kaya perangko yg dh mulai dilupakan

iya gan, padahal masih keren yakan?
Tapi kayanya klo sekarang ada lagi, mungkin tetep laku sama anak2 muda yang tau gaya... apalagi polaroid nya ditambah fish eye.. pasti laku dah...emoticon-Ngakak (S)
ibu ane masih nyimpen nih hasil potretan.
Quote:Original Posted By apacobatebak
Tapi kayanya klo sekarang ada lagi, mungkin tetep laku sama anak2 muda yang tau gaya... apalagi polaroid nya ditambah fish eye.. pasti laku dah...emoticon-Ngakak (S)

iya gan, pasti kece banget tuh yakan? hahaha emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By manusaedan
ibu ane masih nyimpen nih hasil potretan.

iya gan, kalok diinget2 keren juga kan?
jaman sekarang pada pake camdig ,trus bawa printer mini yang portable gan. Di kawah putih banyak jasa foto. Karna camdig lbh efisien karna udah digital filenya..
temen ane masih ada yang nyimpan kamera polaroid. yang bikin ga jaman lagi soalnya harga kertasmya mahal.... emoticon-Rate 5 Star
di jaman dengan perubahan yang begitu cepat harus mampu untuk beradaptasi tapi kasian mereka karena di negara yang kita banggakan ini susah cari duit. Infrastruktur aja berantakan.
Masa 80% APBD dipake buat belanja pegawai.. emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By roni.riyanto
jaman sekarang pada pake camdig ,trus bawa printer mini yang portable gan. Di kawah putih banyak jasa foto. Karna camdig lbh efisien karna udah digital filenya..

itulah jalan satu2nya biar tetap punya kerjaan tukang poto kelilingnya gan.. tapi tetap oke emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By mhd.rahmadhani
temen ane masih ada yang nyimpan kamera polaroid. yang bikin ga jaman lagi soalnya harga kertasmya mahal.... emoticon-Rate 5 Star

iya memang gan, kertasnya memang mahal.