alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5517501a902cfe516d8b4567/saksi-genosida-kamboja-menggali-1200-jenazah
Saksi Genosida Kamboja: Menggali 1.200 Jenazah
Saksi Genosida Kamboja: Menggali 1.200 Jenazah
Pembantaian oleh Khmer Merah terjadi di tengah upaya mewujudkan utopia mereka tentang masyarakat agraris Marxis.


Nuon Chea, mantan pemimpin Khmer Merah, Kamboja, dalam sidang pengadilan atas tuduhan pembunuhan massal selama berkuasa. (Foto dari cambodia.org)
KAMBOJA, SATUHARAPAN.COM – Pengadilan Kamboja yang didukung PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) pada Senin mendengarkan kesaksian mantan tahanan mengatakan bahwa dia membantu menggali lebih dari 12.000 jenazah di kuburan massal di luar Phnom Penh. Mereka merupakan korban percobaan genosida dari dua pemimpin Khmer Merah.

Nuon Chea, 88 tahun, yang dikenal sebagai "Saudara Nomor Dua", dan mantan kepala negara Khieu Samphan, 83 tahun, menghadapi tuduhan pembunuhan etnis Vietnam dan minoritas Muslim, kimpoi paksa, dan pemerkosaan selama berkuasa pada kurun 1975-1979 di Kamboja.

Pada bulan Agustus kedua pemimpin Khmer Merah dijatuhi hukuman seumur hidup atas kejahatan terhadap kemanusiaan. Mereka merupakan tokoh Khmer Merah pertama yang dipenjara, dan terkait kasus upaya selama dua tahun yang fokus dengan evakuasi paksa warga Kamboja dari Phnom Penh ke kamp kerja di pedesaan, mereka juga melakukan pembunuhan di kamp tersebut.

Kedua tokoh Khmer Merah ini dituduh memainkan peran penting selama era mengerikan yang dikenal sebagai "Killing Fields", upaya genosida yang membunuh hingga dua juta orang pada akhir 1970-an.

Kamp Kerja Paksa

Mantan tahanan Khmer Merah, Keo Chandara, 63 tahun, mengatakan bahwa dia membantu menggali lebih dari 12.100 jenazah dari delapan kuburan massal di Kraing Ta Chan, penjara di Provinsi Takeo, sekitar 80 kilometer selatan dari Phnom Penh, setelah rezim Khmer Merah jatuh pada tahun 1979.

"Kami tidak menggali semua lubang. Saya diperintahkan menggali lubang... Saya menggali pada delapan lubang," katanya.

Saksi dari Jaksa penuntutan memberikan keterangan dengan grafis bahwa kader Khmer Merah menyiksa tahanan, termasuk seorang perempuan, dengan penjepit logam dan menyiramkan asam sulfat.

"Dia berteriak-teriak dan ada 10 tahanan lain yang diperintahkan untuk duduk dan menonton penyiksaan itu," kata Keo Chandara.

"Pada waktu itu mereka tidak mengambil orang dan menghadapkan dalam pengadilan seperti pengadilan ini. Mereka dengan begitu saja membunuh orang," tambahnya.

Pada lanjutan sidang pengadilan genosida bulan lalu, saksi pertama yang diajukan jaksa penuntut mengatakan kepada hakim bahwa tentara Khmer Merah menggorok leher ratusan narapidana di penjara dan memakan empedu mereka.

Kasus yang rumit terhadap Nuon Chea dan Khieu Samphan dipecah menjadi sejumlah tuntutan yang lebih khusus pada tahun 201, agar dengan cepat diambil vonis terhadap kedua terdakwa yang sudah berusia lanjut, dan kesehatan lemah. Namun kedua terdakwa menolak semua tuduhan.

Diperkirakan antara 100.000 dan 500.000 warga etnis Cham,dan 20.000 etnisVietnam meninggal sebagai korban selama pemerintahan rezim Khmer Merah.

Rezim itu dipimpin oleh "Saudara Nomor Satu," Pol Pot, yang meninggal pada tahun 1998 tanpa pernah menghadapi pengadilan. Khmer Merah merombak masyarakat modern di Kamboja dalam upaya mereka untuk membangun masyarakat agraria Marxis yang mereka impikan. (AFP)

http://www.satuharapan.com/read-deta...i-1200-jenazah

Kamboja yang berlambangkan Angkor aja mengakui adanya pembantaian muslim di masa lalu oleh rezim yang mengatasnamakan Angkor & saat ini para pelakunya sudah diadili. Beda dengan negara muslim yang masih mrnutupi adanya pembantaian massal non muslim di masa lampau bahkan Turki dengan kasus genoside Armenianya
pertamax clear gan emoticon-Cool
Ane pernah baca ini tragedi genosida emoticon-Big Grin
salah satu peristiwa pembantaian terbesar jg di dunia nih gan..
kasian amat korban2nya ya emoticon-Turut Berduka
Tahun lalu jg ada lg kan pembantaian muslim itu?
Mungkin sebenar nya masih banyak tuh korban nya yang belum terungkap emoticon-Berduka (S)
kamboja myanmar,, nih pada gila gila klo genosida,, berharap klo ane pemimpin ane mau perangin itu negara
ngeri bener
sampe setengah juta korbannya

emoticon-Takut
wah, bener2 mengerikan genosida di kamboja emoticon-Takut

*

mulustrasi nya gak ada gan??
emoticon-Cool
genosida memang mematika emoticon-Takut
Genosida juga pernah terjadi di Indonesia gan. waktu tahun 1965 sekitar 2 juta manusia dibunuh karena dituduh berafiliasi dengan PKI. parahnya banyak korban yg dibantai gatau menau tentang PKI. Ane pernah diceritain langsung sama algojonya yg ngebantai ratusan warga di Solo. beliau umurnya 70 taunan sekarang. dia dipaksa tentara buat ngebunuh rakyat yg dituduh ikut PKI. dia dibekali senjata sama tentara.
setelah ane cari tau kenapa kejadian 'mengerikan' kaya gini gabanyak yg tau anak mudanya, ternyata pembantaian tsb didukung sama amerika dan teman2nya yg ngedukung Suharto. mereka ga pengen Indonesia jadi negara komunis kaya Vietnam atau Cina. mereka pun membantu Soeharto dalam melanggengkan kekuasaannya selama 32 tahun.
gambarnya mana gan? emoticon-Bingung
Pictnya di ane ga kliatan gan. emoticon-Bingung
serem amat gan
pict nya emang gak ada ya?
muana guambarnyah emoticon-Amazed
Quote:Original Posted By gfy
muana guambarnyah emoticon-Amazed


Lagi dicari picnya
Ingin Punya Income USD 300$
Setiap Hari ? Gratis !!!👍

Tanpa modal sepeserpun, dan tidak ada tarif yang ditagih kepada anda. Anda hanya perlu registrasi dengan buka tautan dibawah ini. Setelah registrasi anda sukses maka anda akan mendapatkan link sendiri dan anda langsung mendapat USD 20$ sebagai bonus awal. Silakan copy paste link dan sebarkan di blog, grup chat whatsapp, line, bbm, fb wall, fb page, tweeter dll. Setiap ada yg klik/buka link anda, maka anda akan dibayar USD 5$.
Bila dalam sehari ada 60 orang saja yg klik link anda, maka anda sdh menerima USD 300$.
Penjelasan lengkap silakan buka di:

http://YouthToEarn.com/?ref=496750

Register, trus login n copas

Setelah login nanti anda akan dapatkan alamat http...itu anda copas sebagai alamat anda dan sebarkan !!! Caranya mudah kok emoticon-Smilie

Selamat mencoba!
×