alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55174dd694786893408b4567/iri-hati--menetralisirnya-dan-mengubahnya-menjadi-kekuatan
iRi HaTi ; Menetralisirnya dan Mengubahnya Menjadi Kekuatan
iRi HaTi ; Menetralisirnya dan Mengubahnya Menjadi Kekuatan

Member OF:
iRi HaTi ; Menetralisirnya dan Mengubahnya Menjadi Kekuatan
The MOST TRUSTED Group


emoticon-I Love Kaskus Salam Hangat Agan dan Sista emoticon-I Love Kaskus
emoticon-I Love KaskusTerimakasih Buat emoticon-ToastMimin&Momod emoticon-I Love Kaskus
emoticon-I Love Kaskus Terimakasih emoticon-Toast Atas emoticon-Toast Kunjungannya emoticon-I Love Kaskus

Spoiler for PENDAHULUAN:


Quote:Quote:Quote:Iri hati itu manusiawi. Apa itu iri hati:
1. Jika kamu melihat sesamamu unggul, hatimu seolah tersakiti
2. Jika kamu menyaksikan saudaramu berlebih, kamu jadi sewot/risih
3. Jika kamu mendengar sainganmu ditinggikan, hatimu perih teriris-iris.


Quote:Bagaimana menetralisirnya?
1. Tuluslah dalam membina hubungan dengan orang lain. Membangun hubungan dengan orang lain bukan karena maksud-maksud tertentu bahkan terkesan memiliki maksud-maksud sempit (negatif). Ketulusan membuat kita lebih fleksibel ketika menyaksikan teman-teman kita berlebih

2. Ikhlas dalam menerima segala sesuatu dengan demikian diri ini lebih bisa menerima keunggulan orang lain.
> Iklaslah memberi pujian kepada sesama yang berhasil (paling tidak dalam hati), sekecil apapun keberhasilan itu.
> Belajarlah untuk menjadi orang yang selalu senang melihat orang lain terangkat/berhasil.
> Belajarlah untuk menerima kelebihan orang lain

3. Berhenti membanding-bandingkan orang karena setiap orang punya perbedaan yang khas satu sama lain. Jika kita selalu membanding-bandingkan lebihnya kita atau lebihnya orang lain lama-kelamaan rasa iri hati itu akan muncul dan semakin kentara dalam hidup ini.

4. Tanamkan dalam diri anda bahwa sikap iri hati tidak ada untungnya.
> Jika seseorang sukses gak usah dibahas dalam hati terlalu dalam untuk dicari tahu atau ditebak-tebak mengapa dia bisa sukses (dalam arti negatif). Ini hanya akan mendorong kita semakin iri dengan semua yang ia telah capai. Kalau mau tau rahasia sukses, tuh ada banyak motivator diluar sana untuk didengarkan.
> Iri hati berpotensi membuat kita gelisah dan galau : banyaklah buruknya kawan....

5. Jangan pernah merendahkan dan atau menganggap rendah siapapun : mungkin suatu saat nanti dia beruntung dan malah lebih hebat darimu, dipastikan bakal makan hati deh kamu....

6. Bersyukurlah dengan apa yang telah dimiliki dan dicapai.
> Belajarlah bersyukur kepada Sang Pencipta dalam warna-warni kehidupan dimana tinggi rendah itu biasa dan pada akhirnya kita semua mengambil peran yang tidak kalah penting untuk memperindah bumi ini.

7. Berbahagialah selalu dalam setiap pencapaian, sekecil apapun itu. Selalu puas dengan pekerjaan kita karena kepuasan membahagiakan kita dan kebahagiaan membatasi kita untuk tidak iri hati saat orang lain mendapat kesempatan/pekerjaan yang lebih baik dari kita.

8. Bekerja keras dan tetap semangat dalam setiap kesempatan dan/atau pekerjaan yang dipercayakan kepada anda karena kerja keras menyibukkan bahkan lama-kelamaan membuat kita lupa untuk iri hati.

9. Jaga komunikasi dengan siapapun. Percaya atau tidak, komunikasi membuat kita lebih dekat dengan seseorang. Kedekatan inilah yang mengikis rasa iri hati di antara kita.

10. Banyak-banyak berbuat baik. Karena perbuatan baik itu positif sedang irihati itu negatif. Jadi, jika kita melakukan hal positif lebih banyak ketimbang hal negatif maka lama-kelamaan yang negatif itu tertekan lalu menyusus akhirnya terkikis dan lama kelamaan hilang (termasuk iri hati) seiring waktu berjalan.



Quote:Bagaimana mengubah iri hati menjadi kekuatan?
  1. Jika rasa iri hati muncul dalam diri anda, tanyakan : "Siapa saya ?" Apakah anda seorang yang gak ada kerjaan ? Tidak adakah hal yang lebih positif yang bisa anda lakukan untuk hari esok atau netnya untuk Sorga?
  2. Khusus untuk bagian ini, dapat efektif jika anda mampu menerima kelebihan orang lain dengan lapang dada.
  3. Jadikan teman yang lebih sukses sebagai pedoman/idola yang perjuangannya patut dicontoh bukan sebagai saingan.
  4. Setelah itu kita mengelolanya dan mengubahnya menjadi penyemangat untuk berkarya lebih lagi di bidang yang ditekuni dan juga untuk menggapai cita-cita.
  5. Jika rasa iri itu muncul, merenung sejenak dan katakan pada diri anda : "Kalau dia bisa, Mengapa saya tidak? Kitakan sama-sama manusia? Ayo berjuang terus!



Quote:Quote:Demikian saja teman....
Jika ada tambahan dan/atau koreksi dari kaskusher sekalian
Nuwonsewu
emoticon-2 Jempol


SUMUR iRI Hati

Spoiler for PENUTUP:
sILAHKan komentarnya ya.....
Ditunggu
Energi negatif yg dirubah jadi energi positif ya gan..

emoticon-Smilie emoticon-Smilie emoticon-Smilie
jngan sampe jadi manusia yg iri hati ya emoticon-Matabelo
merubah pola pikir emoticon-Smilie
energi mode senin ini emoticon-Hammer2
mengubah iri menjadi motivasi
gak ada waktu mod.....
Pas ada waktu luang lagi saya jawab semuanya dah....
Terimakasih buat semuanya
Quote:Original Posted By gfy
merubah pola pikir emoticon-Smilie


Yoi gan....
Untuk indonesia yang lebih baik
Iri hati emang bahaya sih gan, bahaya takutnya jadi pola pikir baku,,dan cara simple dan ampuh tapi emang susah dilakuin ya cuma ikhlas ama selalu bersyukur dgn apa yg kita dapet gan, rezeki tiap orang beda2 emoticon-Smilie
InsyaAllah ky nya ane gak pernah iri deh emoticon-Cool
Nice gan emoticon-Shakehand2
Trit cakep nih, yang terpenting berbahagialah dan bersyukur emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Jangan sampe ane jadi manusia yang iri hati
Thread jadul bangkit dari kubur. ckckckkk
Quote:Original Posted By lagundri
Thread jadul bangkit dari kubur. ckckckkk


Salam hangat.
Iri hati menimbulkan persaingan
ga boleh iri gan lebih main mensyukuri aja atas apa yg uda kita dapat emoticon-Cendol (S)
punya kekurangan & kelebihan masing masing jadi gak usah dibandingin emoticon-DP
perbanyak bersyukur aja dah yang penting mah
Quote:Original Posted By ...near...
perbanyak bersyukur aja dah yang penting mah


Setuju gan. Bersyukur membuat kita lebih baik
×