alexa-tracking
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54fd573aa2cb1785768b456e/belajar-drum-tips-sticking

Belajar Drum Tips Sticking

Sticking adalah metode melatih tangan, atau yang saya suka katakan sebagai "stick control". Kenapa kita harus melatih hal ini? Seperti dosen saya, Michael Spiro, bilang, stick adalah ekstensi dari tubuh kita. Kita harus bisa mengontrol benda tersebut supaya kita bisa menghasilkan suara yang kita inginkan dari alat kita, which is drumset.

Waktu kita sticking, kita memainkan RUDIMENTS, atau pola sticking. Pada dasarnya, rudiments adalah kombinasi dari Single Stroke, Double Strokes, Flam, (arguably) Drag, dan kombinasi-kombinasinya. Contoh: Paradiddle adalah kombinasi Single dan Double; Flam Tap adalah kombinasi Flam dan Double; dan seterusnya. Saya bilang begini bukan berarti cuman harus melatih single, double, flam dan drag yaa.. hehe..

Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat sticking? Berikut listnya:

1. Grip:

Grip adalah cara memegang stick. Banyak sekali video-video di youtube yang mengajarkan cara memegang stick yang baik, tapi saya recommend video Ed Soph "Stick Technique". He's one of the best teacher/professor I've ever had. Saran dari saya relaxkan tangan, jangan memegang stick seperti mencekik seseorang. Sisakan rongga/space sedikit di antara jari dan telapak tangan supaya jari kita bisa dimainkan juga untuk mengejar speed/stroke berbeda.

2. Motion/stroke:

Stroke adalah cara memukul drums. Hal ini juga sangat sulit untuk saya jelaskan secara tertulis, jadi check youtube aja ya.. hihihi.. Kalau ga salah, video Ed Soph juga menjelaskan.


3. Consistency:

Ada beberapa hal yang harus konsisten saat sticking:

a. TIME: SELALU latihan sticking menggunakan metronome. Sebisa mungkin samakan pukulan kita dengan bunyi metronome. SELALU latih dari pelan ke cepat, dan JANGAN langsung menaikan metronome kalau merasa sudah "lumayan". (Next time saya sharing tentang how to use a metronome ya)

b. SOUND: Diluar bermain aksen, saya rekomen latih semua rudiments tanpa ada aksen. Buatlah suara dan volume tangan kiri dan tangan kanan sesama mungkin. Hal ini bisa dilatih dengan menyesuaikan motion, tinggi stick drum dari head, kecepatan stroke, dan posisi memukul drum. Experiment sendiri dan carilah titik dimana sound tangan kiri dan kanan akan menyerupai/sama.


4. FOCUS (SANGAT PENTING!):

Saya sering sekali lihat di group ini (dan group2 lainnya) "Sticking sambil ngopi/sarapan/nonton TV/apapun". Saya sangat tidak setuju dengan hal ini. Kita latihan karena ingin membangun/develop good habit. Kalau kita asal-asalan latihan dan tidak fokus pada apa yang kita mainkan, kita akan membangun habbit stick control yang buruk. Kalau kita sticking sambil nonton TV, kita mana tau kalau grip kita tidak berubah? Kalau kita sticking sambil ngobrol, kita mana tau sound yang diproduksi rata? Kalau kita sticking sambil makan, kita mana tau tempo tidak naik? Be effective with your practicing. smile emoticon

Untuk bahan awal, saya rekomen buku "Stick Control" by George Lawrence Stone (Halaman 5 Exercise 1-13)... Repeat satu exercise sampai 20 kali, atau total 40 bar, seperti ditulis di bukunya... Pasti awal-awalnya akan sangat membosankan, tapi hal ini akan SANGAT membantu permainan drum kalian. Dan ingat juga, bisa bermain ratamacue, single windmill, inverted paradiddle, dkk tidak cukup untuk bisa bermain drum. Sticking/rudiments practice/stick control hanyalah satu latihan untuk melenturkan tangan. Masih ada exercises untuk melatih Groove, Styles, Feel, Foot technique, dan masih banyak yang lainnya. But it's a good way to start! smile emotikon

Smoga bermanfaat! Happy Practicing!

-Albert Suriadi-


Sumber : Group Facebook Ikatan Drummer Indonesia





Diubah oleh ngimoel
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di