alexa-tracking

Motivasi dari seorang kakak

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54fb0aad108b4654728b4569/motivasi-dari-seorang-kakak
Motivasi dari seorang kakak
Kali ini aku mau cerita tentang salah seorang super hero dihidupku. Ini bukan kisah pacar ya yang alay-alay gitu. Ini asli. Ini cerita antara kakak dan adik. Kakak dan adik kandung yaaa... bukan kakak yang ketemu gede.

emoticon-Betty
Ini semua dimulai dari aku ngeyel minta pengen kuliah. Disini ada pergolakan batin, antara aku kuliah dan semua urusan keuangan masih ‘minta’ ke orang tua atau kerja setahun dulu baru habis itu kuliah dan biaya sendiri tapi masih dibantu sama orangtua. Jujur aja sih, aku belom siap mau kerja. Aku masih pengen nerusin sekolah. karna itu adalah jalan satu-satunya yang mengantarkan aku pada mimpiku.
Gatau deh, kalo bahas tentang kuliah gini aku selalu pengen nangis. Aku takut kalo gabisa ngelanjutin kuliah. Aku juga takut kalo gabisa ngeraih mimpi aku. suatu saat pernah, aku ngobrol sama mas rengga. Aku yang masih ngeyel sama kuliahku, dan dia mencoba untuk mengalah demi aku. dia rela kebahagiannya direnggut demi aku. demi aku bahagia.

aku juga kasian sama mas rengga, harusnya mas rengga sekarang itu kuliah bareng temen-temennya, tapi diumur yang masih muda ini mas rengga harus banting tulang juga buat biaya sekolah aku. pernah aku ngeyel nanti abis lulus SMK pengen kuliah, tapi mama ngebantah abis-abisan. Kalo aku gak boleh kuliah dulu, katanya kau harus kuliah pake uang ku sendiri. Tapi dengan santainya mas rengga bilang “udah nanti kuliahnya gampang. Kalo gue ada pasti gue bantu lu buat kuliah” sumpah kata-kata mas rengga itu bener-bener nyentuh banget di hati. Dia itu baik banget sama aku. kalo gak ada mas rengga, mana mungkin aku sekarang punya Hp bagus, punya laptop dan gak mungkin punya kakak sebaik mas rengga. Di umur yang masih 23 tahun, dia udah bisa biayain aku sama fasilitasin kebutuhanku. Dia juga pelindung aku, dia superhero yang bakal ngelindungin aku terus, dia juga sering banget ngebelain aku kalo aku pas dimarahin mama. Keinginan mas rengga itu gede banget. Dia pernah ngajakin aku berdua katanya nanti kalo aku udah lulus sekolah kita bakal kuliah bareng. Mas rengga juga punya cita-cita. Sama kayak aku. tapi, mimpi dan cita-cita mas rengga harus kandas karna kejamnya dunia ini. Aku yakin, mas rengga gak bakal nyerah. Meski ijazahnya Cuma SMA tapi aku yakin, mas rengga bisa ngejar mimpinya lagi. mas rengga itu orangnya sabar walaupun kadang aku suka diomelin sama mas rengga, karna emang ulah nakal aku. tapi aku tau, marahnya mama dan mas rengga semata-mata bukan benci sama aku, melainkan mereka sayang sama aku. mereka ingin aku lebih baik dari mereka. Mas rengga juga pernah bilang, kalo satu-satunya harapan Cuma aku. yang nantinya bisa nyenengin mama itu aku, mas rengga juga bilang. Kalo masanya dia itu udah ancur, udah gak bisa diarepin lagi. makanya mas rengga rela kerja banting tulang bantu mama Cuma buat aku. tapi waktu mas rengga ngomong gitu, aku bilang “mas rengga gak boleh ngomong gitu. Kita berdua bisa nyenengin mama. Barengan, aku gak bisa sendiri mas “ ya iyalah mana bisa kau sendiri, anak mama itu ada dua. Aku sama mas rengga, jadi harus kita berdua yang bikin mama bangga. Aku janji, gimanapun caranya. Aku bakal wujudin mimpi aku, tanpa menyusahkan siapapun.

Pernah aku bilang, aku pasti kuliah. Dan dia dukung aku, bilang kalo pasti aku bisa kuliah. Dan dia janji bakal dateng ke wisudaku nanti. Ada saatnya dimana aku lagi bener-bener galau, aku takut punya mimpi besar dan aku takut punya mimpi yang tinggi. Aku takut gabisa ngeraihnya. Dan aku takut jatuh, banyak yang bilang kalau mimpi itu jangan ketinggian. Nanti kalau jatuh sakit. tapi mas rengga tetep nguatin aku
percaya aja, kalo jatuh karna mimpi lo gak kesampean itu gak bakal sakit kok. Lu nikmatin aja, lu terima apa yang dikasih tuhan. Tuhan pasti punya rencana lain yang lebih indah buat lu. Walaupun usia gue masih muda. Gue yakin dari segi pengalaman sama temen-temen sebaya gue. Gue yang udah banyak ngerti arti kehidupan. Gue udah banyak makan asem pahitnya hidup. Tapi ini masih belum seberapa. Lagian elo juga, baru bermimpi aja udah takut jatoh. Belajar optimis. Jangan kalah sebelum berperang."

Aku mencela mas rengga

tapi gimana sama mimpi lo yang janji ke gue kalo kita bakalan kuliah bareng? Kita berangkat bareng dan kampus kita sama?”.

Mas rengga menjawab “gue udah tua, gue juga udah terlanjur ancur. Yang bisa diharapkan di keluarga ini Cuma elo. Gue bangga sama elo. Walaupun keluarga kita carut marut kayak gini, elo bisa jadi yang terbaik. Gue, mama, ayah selama ini gak pernah dampingin lo belajar. Kita Cuma bisa ngasih fasilitas aja. Tapi elo bisa jadi juara 2 dikelas. Elo bisa menang film, elo bisa berangkat PKL di TV nasional kayak mimpi lo. Dan satu hal yang penting, seenggaknya elo udah bisa bikin kita semua senyum atas semua prestasi elo.”

Mataku kerasa panas banget denger omongannya mas rengga kayak gitu. Gak kerasa, netes juga air mata yang aku tahan dari tadi.
emoticon-Mewek

gue bakal usahain elo kuliah. Gue salut sama elo. Gue juga sempet terharu elo bisa rengking 2. Padahal rapot lu ga ada yang ngambilin. Nanti gue juga mau denger, pas perpisahan kelulusan lu nanti nama lu dipanggil maju keatas panggung. Gue harap itu beneran terjadi dan bukan hanya harapan

gue janji mas, gue ga akan berhenti sampe sini bikin semuanya tersenyum ngeliat gue. Gue janji bakal bales semuanya. Gue bakal balikin nanti semua biaya kuliah gue."

gak usah, gue ngeliat elu sukses aja rasanya kebayar semua rasa capek gue kerja selama ini buat elo. Sampe gw nahan pengen beli hp nexus yang terbaru, yang penting elo bisa kuliah.”

maafin gue ya mas. Gue udah nyusahin elu. Gue udah bikin elu gak jadi beli hape baru. Nanti kalo gw udah sukses gw pasti beliin elu hape merk terbaru. Gw kasih elu. Jadi elu gak usah nabung lagi buat beli hape.”

hahaha... keburu ntar gue udah beli mobil kali kalo elu mau beliin gue hape setelah sukses.”

Dari sini aku banya belajar. Kadang, kita pernah ngerasa, kalo beban jadi seorang pelajar itu berat. Tapi, lebih berat beban orang yang kerja demi kita. apalagi dia orang tua atau kakak kita.Ternyata selama ini dipundakku mereka semua menaruh harapan. Awalnya harapan yang dipundakku ini aku anggap berat.tapi ternyata aku baru ngerti. Hidup ini kayak tukang pikul. Orang yang kamu sayang menaruh harapan dipundak kamu. harapan itu jangan dijadikan beban. Seberat apapun harapan itu, kamu harus tetep nganterin harapan itu ketempat tujuan.

sekarang, ane lagi berusaha buat kuliah emoticon-Smilie ane udah ngajuin ikut program beasiswa. doain ya agan-agan supaya ane bisa kuliah, dan gak ngejadiin impian ane itu suatu beban buat keluarga ane. ane yakin, selagi ada niat dan kemauan, pasti Allah akan memberikan jalan. diatas tadi udah ane bilang. ane punya mimpi gede, tapi ane takut kalo nanti gak kesampean. masih mimpi aja ane takut... tapi setelah dibilangin kayak gitu sama kakak ane, ane udah sedikit tenang dan gak terlalu takut lagi untuk jatuh gan... kalo menurut ane, jatuh bangun itu biasa gan. anak kecil yang baru belajar jalan aja sering jatoh, tapi akhirnya dia bisa jalan dengan baik. begitupun manusia... jalan gak selamanya lurus dan hidup gak seindah ftv. emoticon-Toast
image-url-apps
Keren gan ceritanya nyentuh banget.. Moga ane bisa jadi panutan buat adek2 ane secara ane anak pertama.. Moga sukses gan harus yakin klo lo bisa banggain kluarga lo..
Sngat mnginspirasi.... emoticon-shakehandemoticon-Big Grin
Smoga smua cita" lo bisa trwujud...

Smogaa.... emoticon-angel
KASKUS Ads
image-url-apps
Sangat meninspirasi 💎
×