alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e88a355a516345548b456b/ketika-sekolah-hanya-untuk-ijazah
icon-hot-thread
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

Click Banner to B-Log Collections

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah


Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
TOP THREAD PERTAMAX NIH !!

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
HT#48 (22 Februari 2014)

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
TS dah lama gak nyicip CENDOL


Quote:
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

Buka MATA, HATI dan PIKIRAN
Ini tentang KEMALASAN yang terjadi di SEKOLAH
Dan KEBIASAAN yang harus DIRUBAH !


Coba deh kalian kaji ulang, ketika sebuah tugas selalu lo anggap sebuah masalah. Ia hanya bikin hari - hari lo tak lagi indah. Ketika seorang guru disekolah udah lo anggap sebagai masalah. Ia hanya meninggalkan sebuah rasa gundah dan membuat setiap langkah lo dipenuhi keluh kesah. Pada akhirnya... semuanya jadi serba salah.


Mari kita sama - sama kenali, pahami dan hindari pandangan - pandangan tentang sekolah yang hanya berorientasi pada sebuah ijazah. Untuk menuntun kita kearah masa depan yang cerah..



Quote:
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

1. Datang Terlambat Adalah Niat
Kalo ampe detik ini lo masih sering dateng kesekolah dalam keadaan terlambat, gue saranin mending lo buang jauh - jauh kebiasaan itu karena amat teramat sangat gak bermanfaat. Coba deh introspeksi diri, temen sekelas lo ajah yang rumahnya jauh ampe harus mendaki gunung dan melewati lembah (Hastag: Ninja Hatori) bisa dateng dengan waktu yang tepat dan cepat. Kembali lagi... Semuanya tergantung pada NIAT !


Quote:
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

2. Hanya Berfikir Yang Penting Hadir
Sekolah gak semata - mata nyuruh lo dateng nyubuh, kemudian duduk dibangku sambil ngeluarin buku, dengerin guru ampe lo merasa jadi manusia paling dungu. Kenapa lo lupa kalo tujuan yang sebenernya adalah buat nuntut ILMU? Akan terasa percuma kalo lo hanya berfikir yang penting hadir. Coba dehh rubah mindset tersebut menjadi "Lo HADIR kemudian mulailah BERFIKIR". Serap semua ilmu yang disampaikan disekolah, kemudian kembangkan diluar sana.


Quote:
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

3. Selalu Malas Ngerjain Tugas
Malas ngerjain Tugas?? Yahh.. hal yang lumrah bagi semua anak sekolah, apalagi kalo tugasnya terbilang susah. Tapi gak usah nyerah, apalagi takut salah. Bukannkah itu termasuk proses belajar?? Bayangin ajah deh kalo misalnya lo gak ada tugas, gak ada ulangan, ga ada evaluasi dan sebagainya, bagaimana lo bisa tau dimana posisi lo sekarang? dimana tingkat pemahaman lo akan sebuah materi yang baru saja lo pelajari disekolah??


Quote:
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

4. Modal Copas Kerjaan Tuntas
Ini yang bikin miris, dikasih tugas lo cuman modal copy - paste. Disuruh bikin makalah misalnya, lo hanya modal copas dari berbagai blog tanpa pernah lo kaji ulang atau dipahami terlebih dulu. Atau lo dikasih pr, tapi dikerjainnya disekolah dengan modal nyalin dari buku temen lo yang pinter. Kalo ginih terus, proses berfikirnya dimana??


Quote:
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

5. Hanya Terbuai Sebuah Nilai
Yahh.. kalo point no. 3 dan no. 4 adalah lo banget. Maka dipastikan kalo orientasi sekolah lo hanya terbuai dengan sebuah nilai. Gak penting cara ngeraihnya gimana, yang jelas dirapot nilai lo memenuhi standar. Tanpa pernah berusaha, tapi nilai lo diatas rata-rata. Saat itu mungkin lo bahagia, tapi suatu saat lo bakal ngerasa bahwa semua itu sia-sia.


Quote:
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

6. Omelan Guru Bukan Hal Baru
Omelan guru bukan lagi sesuatu hal yang baru. Bahkan saking seringnya, nasihat guru gak lagi masuk telinga kanan keluar telinga kiri, tapi ini bener - bener gak masuk ke telinga manapun. Yahh.. lo bener2 udah menutup mata, hati, dan pikiran, lo hanya berfikir bisa lulus ajah udah bagus.


Quote:
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

7. Hati Senang Saat Bel Pulang
Baru ajah datang, udah kepikiran kapan bel pulang. Lagi - lagi mindset yang harus dirubah. Coba deh temukan gimana caranya buat diri lo nyaman dikelas, gimana caranya buat diri lo senang ngerjain tugas, setiap orang mungkin punya caranya masing - masing buat ngilangin rasa malas di kelas.


Quote:Oke gaess.. mungkin segituh ajah bahasan yang bisa gue share, Intinya, cobalah untuk mengukuhkan diiri kalo lo bener - bener ada di kelas, lo bukan hanya sekedar numpang lewat di sekolah. Tapi ada sesuatu yang bisa lo banggakan, gak melulu harus prestasi, minimalnya jangan buat diri lo disekolah menjadi basi.
Ketika Sekolah Hanya Untuk IjazahKetika Sekolah Hanya Untuk IjazahKetika Sekolah Hanya Untuk IjazahKetika Sekolah Hanya Untuk IjazahKetika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
Quote:Isi Thread ini merupakan buah pikiran saya yang tertuang dalam bentuk opini, saran, kritik, catatan dan lain sebagainya. Ini bukan soal salah atau benar, karena upaya ini hanya remah-remah kecil dari kebenaran yang sesungguhnya.
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

Quote:Original Posted By cipta088

haha iyaa gan, tmen ane cuma lulusan sma tp skill nya di dunia pengelasan keren kerja di BP di inggris sono gan emoticon-Big Grin skill nya emg oke, kalo di indo memang ijazah no.1 gan mungkin birokrasi nya sudah semacam ini emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By koprulu.vizier
ane mau tanya gan, kalo ente sekolah buat nyari ilmu, trus ilmu apa yg sekarang nener bener agan dapet, agan inget, bahkan mungkin agan terapin ke hidup agan ampe sekarang?
trus kalo ente lembur bikin tugas ampe gak tidur itu demi nilai nilai di ijasah apa demi ilmu? Trus kalo ente belajar semalaman suntuk pas mau ujian itu buat nilai apa buat ilmu?

Kalo emang buat ilmu berarti ente gak perlu mewek dong kalo ijasah ente dapet D.. emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By ketu7uh
Karena kebanyakan orang indonsia masih belum mempunyai pemikiran bahwa sekolah itu untuk mencari ilmu, tapi masih banyak orang indonesia berfikir sekolah untuk mencari pekerjaan. Contohnya yg masuk ke sekolah SMK mereka berfikir kalo udah lulus dari smk langsung dapat pekerjaan tapi nyatanya ? Gk semua bisa langsung kerja dan yg langsung kerja pun gk seenak yg di bayangin. Dan dimana anak anak SMP dan SMA sekarang berfikir ke sekolah buat nongkrong dan gaya doang udah menjadi kebiasaa. MIRIS!


Quote:Original Posted By haphaphimhaphu
Hahaha... Basi gan, apa yang agan tulis emang bener banget, tapi agan juga harus sadar yang salah itu bukan muridnya tapi sistemnya yang bikin gitu.. Semua harus mengejar nilai, bukan seberapa pahamkah dirimu.. Karena UN hanya tau nilai akhir, bukan proses.. Hehehe


Quote:Original Posted By terry_wahyono
Dolo jauh sebelom gw kuliah,gw berpikir nanti kulaih itu cuma sekedar dpt Ijazah dan gelar S1....untuk mencari pekerjaan.
Tapi setelah gw lulus kuliah.......baru berasa berguna kenapa gw itu di suruh melanjutkan pendidikan sampai jenjang yg lebih tinggi....
Kuliah tidak sekedar mengejar nilai akademis dan mengejar gelar...akan tetapi...semakin tinggi pendidikan kita....secara tidak langsung pola pikir kita juga berubah.....

Ni maaf2 aja...dan bisa di buktikan...ngobrol ama orang lulusan Sekolah Dasar dengan orang yg pendidikan nya lebih tinggi...itu sangat2 berbeda.....

Tapi bukan berarti orang yg berpendidikan tinggi itu pola pikirnya bagus....
Banyak kok yg pendidikannya tinggi tapi pola pikirnya sama seperti orang yg ga berpendidikan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By ketu7uh


Ya gan karena ane juga lulusan SMK dan dulu ane sebelum masuk SMK di imi-imingi kalo udah lulus bisa langsung kerja tapi nyatanya ? Ane luntang lantung nyari kerjaan selama setengah tahun lebih, sampe akhirnya ane hanya jadi pedagang makanan. Dari situ juga ane dapet pelajaran gan bahwa lapangan pekerjaan itu banyak ASALKAN kita KREATIF dan punya kemauan yg tinggi terlepas dari kita anak SMK atau bukan.


Quote:Original Posted By crembew
Ya memang kenyataan dilapang begini ya mau gimana lagi. Selama dari pusat ga buat gebrakan ya guru sebagai tenaga pengajar cuma bisa nurut apa kata mentri pendidikan.

Cuma bisa berharap sekolah di Indonesia bisa sebagus Finlandia emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By FajarChiewa
emang ga bisa dipungkiri gan, anak" zaman sekarang mah kebanyakan udah begitu, susah mau dirubah mindset mereka, karna perkembangan zaman yg tidak bisa mereka saring mungkin emoticon-Big Grin

udah gitu, orang tuanya juga banyak yg udah masa bodo deh kayanya, ga merhatiin nilai, kehadiran anak disekolahnya, masalah si anak, dsb.

jadi ya anaknya lepas kontrol gitu deh, malah mgkin taunya cuma kalo.pagi dapet duid buat jajan ama beli roko emoticon-Ngakak

ampun dah ane mah emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By dudutdarta
well ane biasanya mls coment tp melihat thread seperti ini mw coment
, honestly gue masih smk kls 3 yg menjelang UN tp gw males buanget dan bodo amat, karna gw tau sekolah gw sekolah yang bayaran langsung lulus (macam sekolah petarung) tp mindset gw walaupun disekolah males udah mikir jauh kedepan bro, walaupun males telat pngn cepet pulang tp asal ada niat menekuni masa depan mah bablas aje , toh dunia luas banyak yg ga sekolah bisa kerja di kedudukan tinggi toh asal tekat , dan ibadah wkekek , yang penting belajar yang berguna cape" ngafalin rumus mtk fisika ujung"nye di real life gak kepake emoticon-Stick Out Tongue *yakali beli batagor pake logaritma*emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By chekydoll
itulah indonesia gan..
ga perduli skill yang kalian punya waktu ngelamar kerja..
yang terpenting background pendidikan dulu..
S1 yang 0 skill dengan SMK yang full skill, tetep diambil yang S1..
beda dengan luar negeri, yang diambil yaa yang full skill..
fakta berbicara kok..
bos ane orang netherland, terima Java Prog sama IT Support SMK..
mereka full skill, tapi yang S1 coba ngelamar? ga diterima tuh..
waktu ane iseng nanya bos alasannya kenapa?
enteng dia jawab, "we need a fluent worker, not a student..."
kenapa dia bilang gitu?
yaa jelas, terima karyawan yang siap kerja.. bukan pas awal kerja diajarin dulu lah, training dulu lah, tandem dulu lah.. mau kerja apa mau kursus?


ijasah sekolah ane udah pada kemana tau

ane gak pernah liat lagi
dan ketika lulus, pasti pada kangen ama tu skolah emoticon-Malu (S)
Emang di indonesia ijazah no.1 gan, skill no.2 emoticon-Ngakak
Aku iri padamu mentari,
yang takala siang dibutuhkan malam dirindukan...

monggo mampir tuk lanjutannya di http://wp.me/pq3uK-8k (ini blog kok bukan jebakan betmen)
SEMvAK NGAPAIN PROMO PAKE ID OFFICIAL SBC emoticon-DP

Quote:Original Posted By auto.menu
ijasah sekolah ane udah pada kemana tau

ane gak pernah liat lagi


wahh kenapa bisa ilang gituhh? emng kalo dah lulus itu ijazah gak penting yah?
Mantep nih... Ane print buat ditempel di mading sekolah ane ya, Kak... emoticon-Blue Guy Cendol (S)
makanya gan masuk smk
biar begitu lulus bukan ijazah doang yang didapet tapi skill juga
Quote:Original Posted By cipta088
Emang di indonesia ijazah no.1 gan, skill no.2 emoticon-Ngakak


Nah itu dia mindset yang salah di Indonesia..

Padahal diluar negeri sana, padangan yang utama itu ASK.. Atittude, Skill.. Knowledge..
Mungkin ijazah ini masuknya ke Knowledge, tp jamin juga sih kalo di Indo emoticon-Malu (S)
di indonesia ijazah jadi yang nomer 1 emoticon-Berduka (S)
Ane dulu termasuk gitu gan , sekarang ane usahain buat berubah
integritas diri harga mati emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By cocacola
Mantep nih... Ane print buat ditempel di mading sekolah ane ya, Kak... emoticon-Blue Guy Cendol (S)


Wohhh apa bener gaess?? wkwk..
Kalo ane sih gak masalah, asal cantumin sumbernya...

Tapi kalo diliat dr Id, sepertinya ente bukan anak sekolahan gaess emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By michizawa
dan ketika lulus, pasti pada kangen ama tu skolah emoticon-Malu (S)


Yahh begitulah fase hidup anak sekolah.. sejelek dan sebencinya kita sama sekolah, tetep ajah ada kenangan yang terukir didalamnya emoticon-Malu (S)
libur yg paling ditunggu gan:emoticon-Shutup
ane smk
jadi g sekedar nguber ijazah emoticon-Matabelo
Sekolah cuma sekedar formalitas semata emoticon-Turut Berduka
70 dari 100% Siswa/i Mahasiswa/i sekarang gtu gan
Quote:Original Posted By abdulrazakr80


Nah itu dia mindset yang salah di Indonesia..

Padahal diluar negeri sana, padangan yang utama itu ASK.. Atittude, Skill.. Knowledge..
Mungkin ijazah ini masuknya ke Knowledge, tp jamin juga sih kalo di Indo emoticon-Malu (S)

haha iyaa gan, tmen ane cuma lulusan sma tp skill nya di dunia pengelasan keren kerja di BP di inggris sono gan emoticon-Big Grin skill nya emg oke, kalo di indo memang ijazah no.1 gan mungkin birokrasi nya sudah semacam ini emoticon-Big Grin