alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e803db14088d6b4b8b4574/tentang-ilmu-financial-psychology-booming-batu-akik-dan-kegoblokan-kolektif
icon-hot-thread
Tentang Ilmu Financial Psychology, Booming Batu Akik dan Kegoblokan Kolektif
Quote: Gak nyangka jadi HT thread ini Quote:


Quote:Orang kita emang suka ikut-ikutan dengan sesuatu yang baru dan wow.

Contoh Pertama saya ambilkan contoh dari sepakbola.Sejak saya kenal bola, tidak ada sedikitpun orang di lingkungan saya yang kenal dengan Manchester City. Tapi stelah tiba-tiba dibeli oleh konglomerat TimTeng itu dan mereka membeli pemain bintang, tiba-tiba fans berat dan garis kerasnya bermunculan, padahal sebelum itu tidak pernah sama sekali.

Contoh kedua adalah mengunggah video lipsyinc di media sosial, serasa keren karena mengikuti tren tanpa tahu bahwa sebenarnya itu jelek.

Kemudian mungkin masih ada yang inget bagaimana fenomena uang logam tahun 90 atau 91. Dan juga fenomena uang seratus kertas yang warna merah yang sempat menggegerkan jawa timur. CMIIW

yah makna tulisan yang bagus menjadi tertutupi dengan sebutan/istilah “kegoblokan kolektif” itu. Mungkin penggunaan istilah “monkey business” juga akan sama membuat kehebohan karena salah paham dalam pemaknaan.


Quote:
Gambar Akik
Tentang Ilmu Financial Psychology, Booming Batu Akik dan Kegoblokan Kolektif


Quote:
Tentang Ilmu Financial Psychology, Booming Batu Akik dan Kegoblokan Kolektif


Satu setengah tahun terakhir ini, jagat tanah air dikejutkan dengan fenomena batu akik yang melesat cepat. Tahun lalu, salah satu kata kunci yang PALING banyak dicari di Google adalah kata “batu akik”. Hebat bukan?

Delapan tahun lalu kita juga pernah menikmati kehebohan yang mirip, dengan judul bunga gelombang cinta. Sepotong gelombang cinta yang amat menggetarkan, sehingga bisa terjual dengan harga Rp 15 juta per pohon.

Para pakar ilmu financial psychology menyebtu fenomena itu sebagai “financial mania”. Sekeping fenomena yang bisa membuat kita semua tenggelam dalam “kegoblokan kolekfif”.

Mari kita selami perilaku irasional ini dengan secangkir cappucino hangat.

Sejatinya, fenomena financial mania ini sudah berusia ratusan tahun, terjadi di semua negara dunia. Dulu ada kehebohan tulip mania di Belanda (terjadi sekitar 400 tahun silam).

Lalu, yang lebih modern ada yang disebut dengan technology stocks mania di berbagai bursa saham dunia pada tahun 2000an. Pernah juga terjadi property mania di USA sebelum mereka crash pada tahun 2008.

Para ahli ilmu financial psychology atau financial behavior menyebut fenomena financial mania itu dengan istilah “irrational exuberance”.

Irrational exuberance adalah saat ribuan atau bahkan jutaan orang berbondong-bondong membeli sesuatu karena dorongan emosi kolektif. Yang acap tidak rasional.

Eforia masal kadang membentuk kegilaan. Saat eforia yang bercampur kegilaan ini meledak, maka harga produk yang dibeli – entah saham, bunga gelombang cinta atau batu akik – bisa melesat puluhan atau bahkan ratusan kali lipat.

Kenapa irrational exuberance mudah terjadi? Karena manusia itu pada dasarnya amat mudah untuk latah. Mudah meniru perilaku kerumunan. Herd behavior.

Saat demam kebun emas, semua ikut-ikutan. Saat demam batu akik, semua menyerbu. Saat demam saham teknologi, semua latah. Ini semua adalah contoh tipikal perilaku kerumunan, herd behavior.

Pelan-pelan, eforia masal itu biasanya menjadi bubble yang kemudian pecah. Gelombang kegilaan kolektif itu mendadak meletus, dan seketika semua harga berjatuhan. Irrational exuberance berubah menjadi tangisan masal yang sudah terlambat.

Fenomena financial mania itu adalah contoh nyata dari premis dasar ilmu financial psychology : bahwa manusia itu sering bersikap tidak rasional.

Premis ilmu psikologi keuangan itu mau membantah teori ekonomi klasik yang sangat percaya dengan rasionalitas manusia. Ekonom-ekonom klasik selalu mengandalkan asumsi bahwa manusia itu selalu bersikap rasional dalam financial/economi decision making.

Namun para ahli psikologi keuangan (financial behavior) menulis : kepercayaan bahwa manusia itu rasional dalam financial/ecnomic decision making adalah ilusi.

Btw, ilmu financial psychology atau sering disebut juga behavioral economics baru muncul di era tahun 80-an. Pioner ilmu financial psychology adalah Daniel Kahneman, psikolog pertama dan satu-satunya yang pernah memenangkan hadiah nobel ekonomi pada tahun 2002.

Apa pelajaran dari batu akik mania atau financial mania ini? Hati-hati dengan bahaya laten irasionalitas yang mengendap dalam jiwa kita.

Sebegitu konsistennya manusia melakukan hal-hal yang irasional, Daniel Ariely sampai menulis buku berjudul Predictably Irrational (sebuah buku yang amat memukau tentang ilmu psikologi keuangan).

Fenomena batu akik atau gelombang cinta atau kebun emas juga memberi pesan : betapa mudahnya kita tergelincir dalam herding behavior, perilaku kerumunan yang suka latah.

Emosi dan eforia masal membuat kita semua mudah terjebak dalam “irrational exuberance”. Ramai-ramai menjadi goblok. Kegoblokan kolektif.

Saat kita dihadapkan pada fenomena orang yang ramai berbondong-bondong memburu sesuatu, kita mesti sadar mungkin ada benih irasionalitas disana.

Sebab perilaku yang dilakukan orang kebanyakan bukan berarti yang paling benar. Jangan-jangan mereka sedang beramai-ramai menuju kegoblokan massal.

Jadi, omong-omong kapan Anda akan beli batu akik?


Quote:
Sumber
Monkey Business


Spoiler for Komen kaskuser:
Ane pengen batu berlian aja gan emoticon-Big Grin
Kalo gak kebeli batu bata pun jadi emoticon-Hammer
klo cincin batu naga yg dijual 18 m ada yg beli pasti orgnya gengsi dan egonya tinggi. mending 18 m buat bangun mesjid dan sumbang yatim pahalanya bisa dibawa mati

Nih krn ada yg nanya ane kasi penampakannya batu gbr naga yg dilego 18 M & bakal masuk MURI klo ada yg berani beli:
Tentang Ilmu Financial Psychology, Booming Batu Akik dan Kegoblokan Kolektif
sumber: http://www.kaskus.co.id/post/54deb7d...088dfd538b4572
another "monkey business" thread.
menurut ane sah2 aje hobi batu gan, asal jangan berlebihan emoticon-Big Grin
yah udah terlanjur...ane udah beli batu gan, empat biji lagi... emoticon-Sorry


Spoiler for batu kepunyaan ane:
latah dan mudah terbawa arus,
Quote:Original Posted By entut.
yah udah terlanjur...ane udah beli batu gan, empat biji lagi... emoticon-Sorry


Spoiler for batu kepunyaan ane:


Bisa gitu ya ganemoticon-Sorry
emoticon-Ngakak (S)

Emang aneh juga sih sebenernya ini fenomena...

Hampir setiap pojokan jalan ada aja kios kecil dengan lampu terang dan mesin buat gerinda batu sambil orang orang pada ngerubung di sana... Ditambah lagi dengan orang orang yang gosokin batu hampir dimanapun, seolah olah gosok batu jadi kegiatan pengisi waktu... emoticon-Big Grin

Engga ada yang salah sih, tapi jangan sampe ngelakuin sesuatu cuma karena terlalu ikut trend, karena nanti kalo trendnya udah lewat nilainya udah engga ada lagi...

Emang harga batu akik sekarang rada ga masuk akal emoticon-norose
Quote:Original Posted By ahut234
batu akik manfaatnya apa, ane juga bingung gan


Namanya juga hobi gan, tp ane prihatin sama penghobi akik musiman yg notabene ga paham akik sehingga sering ditipu dengan harga ga masuk akal di tambah mitos2 tahayul tentang khasiat batu akik emoticon-Berduka (S)
Menurut penerawangan ane, abis batu akik adalah fenomena kaktus hias, bonsai, atau bunga anggrek.. ayoo yang mau invest sebelum mahal emoticon-Hammer
biarin aja lah gan emoticon-Traveller

bisa aja kita bilang ini fenomena musiman ato apa terserah.

tapi emang hobi orang itu susah dimengerti oleh orang lain yang ngga ngerti.

misalnya hobi perangko ngga akan dimengerti ama anak motor emoticon-Ngakak (S) *contohajenooffense*

nah yang bikin fenomena batu akik ini melambung karena bukan orang beduit aja yg maen ,seperti halnya anturium ato lohan, tapi rakyat bawahan juga banyak yang suka, nah mulai kerasa greget nya kan?

rakyat tu butuh sesuatu juga buat ngalihin pikiran nya yang butek : salah satu nya ke akik, karena akik juga ada yang murah meriah lho tapi tetep kuereeen.

FYI ane ngga hobi batu akik emoticon-Malu (S)
untung ane orangnya ga gampang ikut2an emoticon-Cool
ane udah lama pake itu yg namanya batu akik gan sebelum booming2 nya maklum gan ane saat itu tinggal di aceh, tpi skrng ane malah ga pake itu cin2 ane lg, ane simpen doang emoticon-Ngakak gsk tw keknya ane org nya suka ngelawan2 arus gitu emoticon-Cool
sampe ada komunitasnya segala :capede

ane mah ga minat2 amat ama batu2 begituan
lagi musim anthurium....pada ikutan koleksi
lagi musim tokek...ikutan koleksi juga
musim oplosan....ikutan juga

di indonesia apa aja yg bisa dijual pasti laku
emoticon-Big Grin
Ane jual ampelas laku gan emoticon-Malu (S) tp pengen sih gan punya 1 yg warna biru yg bagus.. tp masih g ngerti beginian.. ntar deh nunggu murah emoticon-Ngakak (S) pengalaman sama cewe ane.. cari kalung buat lamaran salah milih yg ada batunya warna biru.. tanya harganya 40jt.. langsung buru2 kabur berdua emoticon-Ngakak (S)
yah namanya juga indonesia gan, semua pada latah..
Hobi dari dulu emang bikin goblok gan. Tapi emang ga bisa disalahin lah. Menurut gw fenomena ini masih sah2 aja selagi ga ada kriminalitas krna hal ini.

Gue bukan pecinta akik. Tapi gue sering maksain ngorbanin duit makan buat hobi gue. Goblok kan?
batu akik ada yg bisa menghasilkan energi gan. Coba cek di forsup. Be Smart People