alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e7efd7529a456f308b4569/hilangnya-butir-3-pancasila
Hilangnya Butir 3 Pancasila
Sobat tentu tau butir 3 pancasila ” Persatuan Indonesia”, yang selalu digaungkan setiap kali pembaca naskah pancasila didalam upacara, terdengar teriakan lantang, sedang dan kecil yang di ikuti seluruh peserta upacara dalam pembacaan tersebut.

Dari tahun ke tahun semangat persatuan semakin hari semakin pudar, entah sobat sadari atau tidak, tetapi kenyataannya semangat persatuan yang terdapat didalam sila ke 3 pancasila hanyalah sebuah simbol naskah, pemuda-pemudi yang mempunyai semangat seperti dahulu kala “soempah pemuda” sepertinya telah keluar dari konteks yang ada, mungkinkah zaman telah berubah ??

"Bhineka Tunggal Ika" Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu bahasa Indonesia, mungkin makna tersebut sobat sudah sangat mengerti. Tetapi pada kenyataannya, persatuan hanya untuk orang tertentu, dengan bayaran yang cukup, kobaran api persatuan untuk tujuan tertentu banyak dipertontonkan di negara ini, belum lagi tawuran pelajar dan bentrokan antar pemuda yang di dasari pada hal sepele, atau bentrokan pendukung calon tertentu sering kita mendengarnya baik di layar kaca atau media elektronik.

Hilangnya Butir 3 Pancasila

Lantas, kemanakah semangat persatuan yang pernah dikobarkan oleh pejuang-pejuang kita dahulu kala ? apakah semangat persatuan dan rasa nasionalisme telah hilang dimakan oleh kepentingan kelompok tertentu dan tingkat ketidak pedulian warganya kepada bangsa ini sebagai dasar permasalahannya, dikarenakan faktor dagelan yang sering dipertontonkan didalam bangsa ini, wallahualam.

Terkadang ucapan seperti ini sering terdengar “urusan lo yah urusan lo, urusan gw yah urusan gw, yang penting dapur ngebul” apakah dasar ini juga yang menyebabkan hilangnya butir 3 pancasila yaitu semangat persatuan bisa diperjual belikan, sehingga mudah sekali bangsa ini terombang-ambing didalam setiap perjalanannya.

Bangsa ini mempunyai sumber daya alam yang banyak sekali, tekanan berbagai tekanan dari negara asing tentu akan terus bangsa ini dapatkan, bukan tidak mungkin suatu saat bangsa ini akan seperti iraq, suriah dan mesir, apakah kita sudah siap menghadapi itu jikalau semangat persatuan pada sila ke-3 pancasila telah hilang didalam sanubari kita untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa ini.

Marilah kita merenung sejenak, melihat sekeliling kita, hilangkan dan tanggalkan semua kepentingan pribadi atau kelompok, kembalikan lagi butir ke-3 pancasila sebagaimana mestinya. semoga bangsa ini kembali menjadi bangsa yang harkat dan martabatnya tidak mudah di injak-injak oleh bangsa asing.
emoticon-Matabelo susah idup jaman skrg gan Quote:Quote:Hilangnya Butir 3 Pancasila
Quote:www. TVGaviliation .com
Quote:kualitas tag heur harga kaskus !
barang ORIGINAL
garansi 1 TAHUN



Quote:Quote:Hilangnya Butir 3 Pancasila
Quote:www. TVGindonesia .com
Quote:kualitas tag heur harga kaskus !
price start from 140.000
garansi 1 TAHUN



Quote:Quote:Hilangnya Butir 3 Pancasila
Quote:www. pantofel-keren .com
Quote:harga mulai Rp120.000,-


Quote:Quote:Hilangnya Butir 3 Pancasila
Quote:www. mailo-shoes .com
Quote:harga mulai Rp180.000,-
bener gan, apakah mesti perang atau bencana ya untuk mengembalikan rasa nasionalisme kita
sepertinya bukan hanya butir ke 3, tapi setiap butir butir dari pancasila sudah mulai pupus.
wkwkwkw si agan bisa aja, berarti hilang dong ideologi negara ini kalo semua butir sudah pupus
Nice info gan.. emoticon-Blue Guy Smile (S)
hahaha ko bisa hilang, di curi siapa
Persatuan Indonesia Ini memang harus Kita pelajari terus menerus, sejarah Nya saja perlawanan2 thdp penjajah dulu sering gagal Karena penjajah Lebih suka mengadu Domba antar kerajaan Dan penjajah tinggal lihat saja.

Karena kelemahan org Indonesia adalah mudah sekali diadu Domba, makanya founding fathers Kita mencetuskan persatuan Indonesia.
Tetep Kita harus belajar agar tidak mudah diadu Domba
Hafal pancasila saja belum tentu anak zaman sekarang
Ane rasa sila 1 dan 3 paling rawan..

Masa Pancasila gk apal? Payah..
Bahkan angggota dewan aja ada yg gk apal.
Kita mesti berwawasan pancasila dan lestarikan.
Pancasila ? emoticon-Bingung
Ga ada yang namanya pancasila,pancasila itu hanya mitos emoticon-Cool
Semoga Bangasa Indonesia bisa selalu bersatu emoticon-Mewek
Sedih ane liatnya kalo pada lebih mementingkan urusan pribadi/golongan dan mengesampingkan urusan bersama.
Apalagi yang mengatasnamakan rakyat, tapi malah selalu menebar kebencian antar rakyat. Sedih ane gan. Ane cinta Indonesia, tapi kok begini.

Apalagi dibidang politik.Orang yang awam begini kaya ane cenderung menarik diri dari politik karena kurangnya rasa percaya kepada budaya politik Indonesia dan akhirnya jadi tidak peduli sama sekali denagn politik yang terjadi di Bangsa ini. Padahal ane tau politik itu memiliki peran besar pada suatu negara. Tapi mau gimana lagi, apalah arti berpolitik kalau tujuan yang terlihat (gak tau sih tujuan yang sebenernya apa) hanya untuk memenuhi kepentingan pribadi atau golongannya. sedih gan. apalagi sampai saling menebar kebencian.

Ane berharap masyarakat Indonesia menjadi semakin cerdas dalam bertindak dan tetap menjaga persatuan Indonesia, serta pemimpin-pemimpin atau orang yang berkecimpung di dunia politik Indonesia semakin baik dan menyibukan diri serta bervisi untuk kemajuan Bangsa Indonesia.
Mari bersatu...
That's how it goes


Nobody even remember those things


Long live Zimbabwe
emoticon-Traveller
sbagai masyarakat kaskus, kita harus bersatu bray emoticon-Angkat Beer emoticon-shakehand
Semua sila udah mulai luntur gan...
kaskuser tetap satu KK
Udah minim gan, kesadaran masyarakat menjalankan kehidupan dengan landasan pancasila.emoticon-Hammer (S)