alexa-tracking

Coba Hindari Hal Ini dari Hidup Agan!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e71f8ed675d448778b456d/coba-hindari-hal-ini-dari-hidup-agan
Coba Hindari Hal Ini dari Hidup Agan!
Halo Kaskuser! Welcome to my thread!
emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2


Kali ini, zulkaiser akan memberikan sebuah intermezo yang bakal mengubah pola pikir anda. Sebuah pola pikir sederhana, namun kadang kita pun sering terpeleset akan hal ini. Jika kita ingin menciptakan sesuatu yang baru, maka kita harus mencoba menghindari hal ini di kehidupan kita. Mau tau seperti apa? Lihat video berikut ini terlebih dahulu!
Video ini diunggah oleh Derek Muller di channel youtubenya Veritasium. Banyak video keren yang bisa anda tonton di channel miliknya ini. One of my favourite channel.

Oke, kembali ke topik. Sebelum anda pergi lebih jauh, anda harus menonton video yang satu ini. Karena ini syarat utama untuk membaca artikel ini. Sebelumnya saya mohon maaf jika video ini hanya tersedia dalam bahasa inggris tanpa ada subtittle Indonesia. Tapi saya rasa bukan masalah besar kan? Lagipula tidak terlalu lama kok, hanya sekitar 4 menit. Enjoy!

Spoiler for Video:


Simpel tapi bermakna bukan? Ketika Muller mulai melontarkan 3 angka dimana persepsi awal kita ada aturan tertentunya, otak kita pasti akan mencari angka yang identik dengan angka awal tersebut. Itu yang kita sebut dengan Confirmation Bias atau Sikap untuk mencari informasi yang mendukung pikiran atau pendapat tertentu. Kita sering sekali mengalami situasi seperti ini. Asal anda tahu, bahwa seorang penemu atau seorang jenius selalu mencoba untuk menjauhi confirmation bias ini. Kenapa? karena mereka butuh pembantah atau orang yang tidak setuju dengan ide atau pendapat mereka. Mereka butuh penyempurna untuk ide atau pendapat mereka. Sama seperti konsep Blind Spot atau titik buta pada artikel Kenapa Kita Butuh Orang Lain?

Ketika orang-orang yang diwawancarai Muller memberikan 3 angka kemudian Muller mengatakan "Yes, Follow my rules", orang-orang tersebut akan makin kesulitan untuk menebak apa aturannya. Tapi, ketika Muller mengatakan "Not following my rules", maka mereka dengan mudah bisa menebak apa aturannya. Ini sama dengan konsep ketika kita dipuji dan dikritik. Ketika anda dipuji, maka anda tidak akan banyak melakukan perubahan atau cenderung mempertahankan. Namun, ketika anda dikritik, anda akan berusaha untuk melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik.

Menurut anda, saat ini lebih banyak penemu atau pengembang (Inventor or developer)? Banyak pengembang bukan? kenapa saat ini banyak pengembang daripada seorang penemu? Karena confirmation bias tadi. Kita cenderung mencari apa yang bisa mendukung dari pendapat atau ide tersebut. Padahal, jika kita bisa berpikir sebaliknya, kita bisa menemukan hal yang baru dari situ. Dengan kata lain, kita mungkin terlena. Jika kita masih berpikir dengan konsep confirmation bias ini, mungkin tidak akan banyak hal baru yang kita ketahui.

Analogi sederhana tentang confirmation bias ini. Ani baru saja putus dengan pacarnya. Kemudian dia berkata bahwa semua laki-laki itu sama aja. Sama-sama jahat. Dia cerita kepada teman wanitanya Bela bahwa semua laki-laki itu jahat. Kemudian Cindy pun juga cerita kepada Bela bahwa mantan pacarnya juga jahat. Si Dina pun curhat bahwa kekasihnya saat ini juga jahat. Semakin banyak informasi yang diterima Bela yang mengkonfirmasi bahwa laki-laki itu jahat. Munculah kesimpulan di otak Bela bahwa memang semua laki-laki itu jahat. Tapi, semuanya hilang ketika si Erna cerita kepada Bela bahwa pacarnya, Fico adalah laki-laki yang baik dan setia. Jadi, jangan langsung memutuskan sebuah pendapat jika anda belum mengetahui sisi lain yang belum anda ketahui.



Kesimpulannya adalah, kita sering terjebak dengan situasi confirmation bias ini. Kita sering langsung memberikan judge atas informasi yang mendukung dengan suatu pendapat atau ide. Padahal, sangat memungkinkan kalau pendapat atau ide itu salah walaupun sudah terdukung dengan informasi lain. Maka dari itu, sebelum memutuskan sesuatu, ada baiknya kita harus berpikir dengan perspektif lain. Coba untuk berfikir dengan pola pikir yang berbeda. Niscaya akan ada sesuatu yang baru untuk diketahui.

Quote:


Quote:


Semoga bermanfaat! Mohon maaf bila ada kesamaan ide, karena ane kumpulin dan tata ulang materi yang ada. Jika bermanfaat jangan lupa emoticon-Rate 5 Star ya gan. Beri komentar agan juga emoticon-Request dimari.
bagus....

tapi emang kalo di Indonesia itu hampir semuanya anti kritik.

kultur kita emang gitu. Minta di kritik pun, ketika benar2 dikritik akan ngeles cari pembenaran <~ ane emoticon-Malu (S)
Quote:


Nah, itu juga masalah budaya kita gan emoticon-Berduka (S) Padahal jika bisa menyikapi kritik dengan baik, akan menghasilkan perubahan yang baik pula
KASKUS Ads
kebanyakan orang pandai mencari pembenaran ya kak,
ketimbang berbesar hati menerima kritik
Gak kuat bufer gan
Quote:


yup, kebanyakan bersikap seperti itu. Padahal tidak semua kritikan itu buruk, tergantung bagaimana kita menyikapi emoticon-2 Jempol
Quote:


aduuh, emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) dicoba next time gan hehe. Maaf ngga bisa kasih ceritanya.
mesti berjiwa besar gan utk bisa menerima keripik pedas
Quote:


Menurut ane bisa dimulai dengan membuka hati yang luas gan. Analogi sederhananya begini. Anggap saja kritikan itu 1 sendok makan garam. Jika kita membuka hati kita hanya seluas satu gelas, jika dituangi 1 sendok garam, maka akan terasa sangat asin. Tapi jika kita membuka hati kita seluas danau yang jernih, kita tidak akan merasakan asin yang sama dengan asin 1 gelas tersebut. Tapi perlu diingat, bahwa seluas apapun kita membuka hati yang dituangi garam, akan tetap ada garam dalam cairan tersebut. Jadi semua tergantung kita gan emoticon-2 Jempol
Quote:


setuju gan emoticon-Salaman
Quote:


hehe thanks gan emoticon-2 Jempol
Quote:


hehehe thanks gan emoticon-2 Jempol
baik gan... akan ane hindarin..

tapi dikit demi dikit yah... emoticon-Cool

oh iya... ane gak anti kritik, tapi juga gedeg liat orang yg cuma bisa ngritik tapi gak ngasih solusi.

(ini opini ane)
Quote:


ane emoticon-Rate 5 Star gan...
Quote:


Yup gan, ane pun juga masih tahap proses juga kok. Ya orang semacam itu kadang bikin kita heran, kadang justru membuat kita untuk menemukan solusi itu sendiri gan hehe. Nice opinion emoticon-2 Jempol
Sundul gan emoticon-Sundul
Sundul lagi gaannn emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) hehehe
Sundul terus gan. Share the goodness
menarik gan,tp wafer mlempem nih emoticon-Cape d...
Nice info gan emoticon-2 Jempol