alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e6f227bdcb17221b8b456d/cobek-riwayatmu-kini
icon-hot-thread
Cobek riwayatmu kini
Bissmillahirohmanirohim..
Assalamualaikum WR WB

Cobek riwayatmu kini

Spoiler for buka gan:




Quote:
Ane pernah melihat seorang penjual cobek gan, anak kecil usia belasan deh. lagi istirahat, dan disamping nya ada cobek di pikulan sekitar 12 cobek deh, dari ukuran sedeng ke kecil. Ane berfikir kasian dia, badan nya kurus bawa cobek yg berat gitu, udah gitu sekarang cobek itu dah jarang yg nyariemoticon-Berduka (S). ane mau kasih info seputar cobek, mudah2an berguna untuk agan ketahui.. emoticon-I Love Kaskus (S)


Quote:
Cobek Sejarah yang memudar

Sejarah cobek itu udah ada dari ribuan tahun yang lalu gan, dari semua peradaban hampir pasti menggunakan alat ini untuk kehidupan nya sehari hari. dari berbagai macam ukuran dan bentuk, mereka dulu menggunakan nya untuk meracik bumbu makanan atau pun meracik obat2an yang berasal dari alam. panjang banget ya gan sejarah nya cobek.. emoticon-Malu (S)

Spoiler for Cobek Jadul:





Quote:
Untuk hasil ulekan yang lebih baik gunakan lah cobek

Itu kata orang tua kita dulu gan, "kalo mau buat bumbu, sambel yang enak, pake cobek di ulek. jangan pake blender". ane masih inget ucapan nyokap ane yang ini. terus ane pernah baca di intenet, seorang koki terkenal di Indonesia juga pernah bilang begitu. Konon katanya jika di ulek di cobek akan ada aroma dan rasa yang ga bakalan keluar jika di proses pake blender. bisa kebayang gan gimana enakny itu sambel ulekan cobek? Ampe jargon itu sangat terkenal. emoticon-Hammer2

Spoiler for Sambel cobek:





Quote:
Perkakas Dapur Terawet

Gan ini bener2 kenyataan, dirumah ane ada satu cobek, dan itu cobek mungkin usianya lebih dari 30 tahun dari ane belum lahir jg ada sampe sekarang masih dipake ma nyokap ane kalo bikin sambel emoticon-Hammer2 gabisa di pungkiri lagi gan, mungkin cobek adalah perkakas dapur paling awet, jatuh ke lantai juga lantai nya yang pecah. Tapi ane bicara cobek yang di buat dari batu ya gan, soalnya kebanyakan ini cobek dibuat dari semen. dah ga kokoh kaya cobek jadul. Padahal secara penggunaan, cobek ini salah satu benda yang rutin di pake sm orang2 dulu setiap kali masak, ya bukan hal mustahil soalnya bahan dasar si cobek ini kan batu. makanya awet kecuali di banting dari tingkat 2 emoticon-Hammer2

Spoiler for cobek palsu:


Spoiler for Cobek Kuat:





Quote:
Salah Satu Sumber Kebanggaan bangsa

Kenapa bangga gan? emoticon-Bingung (S) ya wajib lah gan. emoticon-Blue Guy Bata (L) gara2 mengolah bahan bumbu atau sambel di atas cobek ini rasa masakan kita yang kita banggakan di mata dunia ini bisa sangat enak dan variatif. ketimbang makanan ekspat yang rata2 ngolahnya cuma rebus2an atau goreng2an doang. rasanya sangat Indonesia banget gan, di olah dengan kemauan keras dan niat dari hati si pemasak untuk bisa menghaluskan bahan dasar masakan tersebut. dengan tangan dan tenaga sendiri gan. pernah nyoba ngulek ga gan? tangan pegel langsung emoticon-Hammer2 Tapi dari usaha tersebut, terciptalah cita rasa khas yang unik dari masing2 bahan dasar itu.

Spoiler for Kebanggaan Indonesia:





Quote:
Berbagai macam cobek di dunia

Cobek pun bukan hanya ada di Negara kita gan, mereka ada di mana mana. tapi yg pasti bentuk dan ukuran nya berbeda2, bahkan mungkin namanya juga bukan cobek meskipun fungsi nya mirip2 sama cobek emoticon-Ngakak
beberapa contoh, di negara jepang ada lumbung untuk mukul adonan kue moci, konon meskipun ada alat modern untuk membuat kue moci, tapi orang2 sana menganggap kue moci yang di buat dari lumbung tsb lebih enak rasanya emoticon-Angkat Beer di spanyol, portugal ada masakan namanya Gazpacho, doi adalah sup sayuran orang sana. sambel nya lebih enak di ulek dibanding di blender menurut mereka. Di Meksiko lain lagi gan, ada makanan namanya Guacamole, bahan dasar dari alpukat dan menjadi konsumsi favorit masyarakat disana, dan konon info nya makanan ini awal tercipta dari jaman indian Aztec ada. :beer lama banget ya gan? dan masih banyak lagi gan makanan di seluruh dunia yang proses nya pake benda semodel sm cobek.

Spoiler for Internasional Cobek:





Quote:
Cobek dan Mitos Dulu

Nama nya tradisi dan budaya gan, ibarat nya seperti gaya hidup yang turun temurun ada dari jaman nenek moyang kita dulu. Entah itu hanya sekedar mitos atau kebiasaan, atau bahkan di anggap sebagai petuah bijak yang mengandung makna. Tapi kalo di telaah lagi, nilai moral dan pesan yang dihadirkan oleh tradisi dan budaya ala adat timur emang sangat penting untuk menjadikan dasar pondasi kita dalam mengarungi kehidupan.
Tapi beneran gan di daerah nyokap ane lahir di jawa tengah misalnya, ada tradisi kalo nikah di kasih hadiah sama orang tua nya. tapi jangan ente mikirin hadiah dispenser, lemari, bedcover kaya jaman sekarang. ini mah di hadiahin cobek gan, mungkin ini tradisi udah dari jaman kerajaan kali emoticon-Hammer2 tapi bukan tanpa alesan gan mereka menghadiahkan cobek tersebut. ada makna yang dalem untuk setiap pasangan pengantin baru didaerah sana. yaitu sebuah makna yg tersurat dalam mengarungi pernikahan hendaklah saling berkerja sama layaknya harmonisme cobek dan ulekan nya. Tetap bersama selamanya menjalin kebersamaan dalam situasi apapun. Menjadikan rumah tangganya sebagai tempat menyelesaikan setiap persoalan hidup, dan saling membangun karya yang akan mereka sempurnakan dalam balutan cinta kasihnya. sori gan lebay dikit emoticon-Ngakak sebuah kontadiksi dengan pernikahan jaman sekarang yang maunya serba mewah ya gan?

Spoiler for Tradisi:




Quote:Ya mungkin segitu yang ane mau sampaikan untuk agan, informasi tentang cobek. kaloa gan ada tambahan silahkan.. ane merasa kalo keberadaan cobek udah mulai punah gan, fungsinya mulai di gantiin sama blender, dan mungkin karena orang2 sekarang juga ga se telaten orang dulu dalam membuat masakan. makanya jarang orang sekarang mau bersusah payah goyang tangan ngulek bahan masakan. emoticon-No Hope

Sekian dan terimakasih


Spoiler for Komen agan:
wah mitosnya beneran tuh
di rumah aku masih eksis kakemoticon-rose
gagang cobek dirumah ane dah terbelah dua gan, dan gak usah ditanya siapa yg belah emoticon-Cool
buat sambal pake cobek emang enak rasa dan aromanya gan !
kenapa bisa enak, coba agan goreskan ulekan ke cobeknya dalam kondisi kering, lalu agan cium itu bekas goresan di ulekannya, ada aroma khas kan !
itulah yang katanya membuat sambal yg kita buat jadi enak.
emak gwa masih ngulek pake bgituan bray
Quote:Original Posted By fellgrey
wah mitosnya beneran tuh


iya gan beneran, coba ente tanya ma orang dulu dh..

Quote:Original Posted By violavanda
di rumah aku masih eksis kakemoticon-rose


dirumah ane apalagi, jarang nyokap buat masakan pake blender. cobek terus

Quote:Original Posted By anton276
gagang cobek dirumah ane dah terbelah dua gan, dan gak usah ditanya siapa yg belah emoticon-Cool


pasti ente kan yang belah tu ulekan.

Quote:Original Posted By KAPIT
buat sambal pake cobek emang enak rasa dan aromanya gan !
kenapa bisa enak, coba agan goreskan ulekan ke cobeknya dalam kondisi kering, lalu agan cium itu bekas goresan di ulekannya, ada aroma khas kan !
itulah yang katanya membuat sambal yg kita buat jadi enak.


itu dia gan, bau nya ciri khas bumi yah. Ciri khas alam. hehe
keluarga ane masih pake itu gan , kalau mau nyambel atau lainnya
ra gawe cowek, ra marem , kata buyut ane
sekarang orang lebih milih pake blinder emoticon-Mewek
cobek batu dirumah udah ane belah gan

mau di poles biar jadi batu akik emoticon-Traveller
sekarang tinggal di blender
ane gak pernah lupa cobek kalo abis boker emoticon-Cool
cobek emang top gan emoticon-thumbsup

tapi klo buat sambel yang porsi jumbo,lebih milih blender dah

Spoiler for intip dikit gan:
Kalo pakai blender lebih cepet gan, tapi kalo pakai cobek lebih mantab! emoticon-Big Grin
cobek udah dijadiin bahan buat batu akik sekarang gan emoticon-Hammer (S)
cobek d rumah ane lbh tua dari ane gan emoticon-Matabelo
Cobek selalu berpasangan dengan ulekan... seperti "lingga dan yoni" ya :think

Dan uniknya, konon yg nguleknya beda tangan, bisa beda rasanya emoticon-Betty (S)
Biarpun ada blender, tp so cobek ini tetep nomer satu..
Rasa sambel yg dibikin pake cobek itu lebih enak daripada yg diblender atau pake food processor..
sambel yang dbuat ama cobek jauh lebih nikmat rasanya, cuma orang nyari praktis aja make blender